Portal Lengkap Dunia Marketing

XXX Ad Madness

Catchy, Entertaining, Tapi Tetap Smart

SmartfrenMarketing.co.id – Minimnya bujet tidak jadi halangan untuk terus berkreasi. Ini dibuktikan Smartfren dalam merumuskan jingle yang mampu melekat erat di benak audiencenya.

Kondisi persaingan yang semakin ketat di industri telekomunikasi mau tidak mau memaksa para pemain untuk melakukan yang terbaik dalam segala aspek, termasuk komunikasi. Berbeda dengan beberapa waktu lalu, para pemain kini tidak lagi bicara panjang lebar soal keunggulan produk secara muluk. Cara penyampaiannya pun lebih cerdas melalui TVC lengkap dengan jingle yang seirama.

Demikianlah yang dipahami oleh Smartfren. Meski terbilang pemain baru di bisnis telekomunikasi, Smartfren ternyata mampu merumuskan jingle yang sangat catchy dan easy listening berjudul “To Celebrate with Me” dalam TVC terbarunya.

Selintas jingle berdurasi satu menit ini terdengar simpel. TVC dan jingle ini secara gamblang menceritakan bagaimana kegandrungan remaja/pemuda di Indonesia akan layanan data digital yang smart dari Smartfren.

Penggalan lirik, “Live live, ooo lalala lalala. To keep in touch. To say i miss you, to be whatever you want to be. To fall in love, to fill the words. To be famous and spontanious. To be whatever you want to be. So celebrate with me,” pun terkesan sederhana. Namun, siapa sangka kolaborasi lirik dan ritme jingle mampu dengan sukses memikat audience.

Umumnya, pelaku di industri telekomunikasi memilih cara penyampaian pesan melalui iklan dengan humor atau slapstick. Akan tetapi, sering kali sebatas jenaka tanpa pesan berarti. Ada pula yang menggunakan selebriti terkenal dengan bayaran selangit sebagai ikon. Namun, lagi-lagi selebriti hanya sebagai model dan tidak menyatu dengan insight brandnya.

Roberto Saputra, Head of Brand & Corporate Marketing Communication PT Smartfren Telecom Tbk, mengaku lebih memilih role yang berbeda lewat TVC serta jingleTo Celebrate with Me”. Menurutnya, kolaborasi TVC dan jingle tersebut merupakan cara yang paling sesuai dalam menyampaikan filosofi sekaligus positioning Smartfren, yakni “live smart”.

Smartfren_OK

“Iklan yang kami buat memang harus selalu catchy, entertaining, tapi tetap smart. Sedangkan jingle bagi kami sifatnya sangat penting untuk memperkuat recall. Di sini, identifikasi brand tidak hanya sebatas melodi atau ritme jingle, melainkan pada filosofi live smart yang kami sampaikan,” ujar Roberto saat disambangi di kantornya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jenis musik untuk setiap jingle ditentukan berdasar selera target konsumen Smartfren, yakni pria/wanita di usia 15–35 tahun. Pemilihan jenis musik ini juga diperkuat dengan riset audience. Oleh sebab itu faktor easy listening menjadi keharusan.

“Bagi target audience kami, musik adalah lifestyle yang tidak bisa dipisahkan. Jadi, kami coba pilihkan musik yang upbeat, positif, dan enerjik,” terangnya.

Proses penggodokan ide TVC dengan jingle To Celebrate with Me telah dilakukan di awal tahun 2013. Roberto bersama timnya merumuskan poin-poin penting yang akan ditampilkan sebelum akhirnya dilempar kepada agency untuk proses produksi.

Pada Maret 2013 TVC ini resmi tayang di televisi dan jejaring sosial Smartfren. Sementara pembuatan jingle To Celebrate with Me dicetuskan oleh agency dari Singapura dengan anggaran berkisar Rp 300 juta–Rp 400 juta.

Di sisi lain, kreativitas dan relevansi konsep dengan audience memang menjadi hal utama dalam setiap bentuk komunikasi Smartfren. Hal ini bukan tanpa sebab. Dibanding kompetitor, Roberto mengakui bujet iklan yang dimilikinya memang terbilang cukup minim, yakni hanya 5%–10% dari pelaku industri telko lainnya.

“Dari awal pola pikir kami adalah spending kami tidak besar. Jadi, kami mengupayakan bagaimana membuat iklan yang cacthy dan bisa menjadi talkability untuk jangka waktu yang lama,” kata dia.

Namun, terbatasnya anggaran tentunya tidak menjadi kendala berarti. Hal itu bisa dibuktikan dengan kepopuleran jingle To Celebrate with Me di ranah digital. Fungsi media sosial pun kian dioptimalkan melalui kuis trivia yang berkaitan dengan TVC dan jingle tersebut.

Lewat jejaring sosial YouTube pula diketahui bahwa para audience menaruh minat besar pada jingle ini. Tidak sedikit komentar yang menanyakan nama penyanyi dan alamat situs web untuk mengunduhnya.

“Dari riset FGD internal, iklan TVC To Celebrate with Me ini menjadi iklan favorit konsumen. Saya juga terima laporan dari call center Smartfren bahwa ada banyak konsumen yang meminta jingle tersebut untuk dijadikan ringtone atau ring back tone pribadi,” ungkap Roberto.

Foto: Istimewa

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top