CASH Perkuat Manajemen Baru dan Targetkan Pertumbuhan Revenue Dobel Digit

Marketing.co.id  –  Berita Digital Techno | PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (CASH) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilaksanakan hari ini, Senin, 26 Juni 2023, menyetujui Perubahan Susunan Anggota Dewan Komisaris dan Direksi untuk mendukung perbaikan kinerja Perseroan di masa yang akan datang.

Presiden Direktur PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk, Irianto Kusumadja menjelaskan, bahwa perubahan susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi memberikan keyakinan manajemen CASH untuk menghadapi tantangan ke depan, karena didukung oleh tenaga tenaga profesional di bidangnya yang akan melakukan transformasi CASH dalam meningkatkan kinerja usaha perusahaan dalam menghadapi era recovery ekonomi pasca Covid-19 .

Dalam RUPST tersebut, Edy Suryanto Sulistyo didapuk sebagai Komisaris Perseroan yang dikenal sebagai founder dari Loket.com, E-Event, OW, Kamus dan mendirikan serta merancang sejumlah perusahaan dan produk web termasuk Katolik.com, FilesUpload, DNOrganizer, iConvert, Parking-Hub, CircleMail, dan OpenStub. Beliau juga sebagai salah satu petinggi Gojek yang mengembangkan GoPlay, platform video-on-demand dalam Grup Gojek dan penasihat untuk beberapa ICO terkemuka di Indonesia.

Baca juga: Visa Ungkap Tingkat Pembayaran Melalui Dompet Digital Capai 93%

Sedangkan Komisaris Independen baru, yaitu David Fernando Audy mempunyai pengalaman di Venture Capital yang berbasis di Asia Tenggara dengan lebih dari 250 perusahaan teknologi portofolio. Pengalaman penting sebelumnya adalah CEO PT MNC Tbk, Direktur PT Global Mediacom Tbk, Pendiri Okezone.com, CEO Global TV Indonesia, CEO INEWSTV, CEO WeChat Indonesia.

Saat ini David juga menjabat sebagai Komisaris Independen PT Matahari Department Store Tbk, Komisaris Independen PT Multipolar Tbk, anggota Dewan Pengembangan Ekosistem Digital KADIN (Kamar Dagang Indonesia), dan anggota Satgas Digitalisasi B20.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan & Public Expose PT CWI Tbk
Ki-Ka: Robert Kurniawan (Direktur), Irianto Kusumadjaja (Presiden Direktur), Aseanto Oudang (Presiden Komisaris), Hendrik Adrianto (Direktur) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan & Public Expose PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan ini juga mengangkat Robert Kurniawan sebagai Direktur Bisnis baru yang mempunyai pengalaman panjang di bidang Sales, Marketing dan Ritel untuk mendukung kinerja Perusahaan.

Pendapatan Turun

Dalam jumpa pers yang dilakukan secara daring BOD perusahaan fintech dengan brand Cashlez ini menyebutkan beberapa pencapaian di tahun 2022. Antara lain total transaksi dilaporkan kurang dari 3,6 juta dan total nilai transaksi lebih dari Rp2,9 triliun. Cashlez sudah hadir di 16 provinsi, memiliki 16.000 merchant, dan pengguna aplikasi lebih dari 7.000.

Perseroan yang mulai beroperasi tahun 2015 tersebut menorehkan pendapatan (revenue) sebesar Rp129.979.000.000 di tahun 2022, lebih kecil dibandingkan pendapatan tahun sebelumnya yang mencapai 194.050.000.000.

Baca juga: Trik Aman Bertransaksi Online Saat Cyber Crime Merajalela

Menyinggung turunnya pendapatan Perseroan, Presiden Direktur PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk, Irianto Kusumadja menjelaskan, penurunan tersebut disebabkan tiga faktor, yakni efek pandemi yang berkepanjangan, banyak merchant yang tidak bisa beroperasi karena pandemi, dan belum pulihnya daya beli masyarakat.

“Tahun 2023 perseroan menargetkan penambahan sebanyak 10.000 merchant baru dan menargetkan peningkatan pendapatan menjadi Rp200 miliar secara konsolidasi,” tutur Irianto.

Tahun 2023 CASH menargetkan pertumbuhan pendapatan berkisar 10-20 persen dari tahun 2022. Untuk mengejar target tersebut, Perseroan akan melakukan sejumlah langkah antara lain gencar menggalang kerja sama dengan bank-bank umum, melakukan joint promo dengan merchant, dan melakukan edukasi ke merchant mengenai berbagai solusi pembayaran yang dimiliki Perseroan.

Untuk diketahui CASH memiliki tiga produk yang mencakup Cashlez One: device berbasis Android yang dapat memproses berbagai jenis pembayaran (swipe card dan flip card) serta pembayaran secara online (QR Payment, E-Wallet, dan Virtual Account). Cashlez mPOS: fitur aplikasi POS yang dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk mengatur penjualan dan transaksi pelaku usaha menjadi lebih efisien. Cashlez Pay: fitur sistem pembayaran yang dapat memproses berbagai jenis pembayaran nontunai baik secara offline maupun online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here