Menutup tahun 2016, OLX menggelar kampanye #BekasJadiLiburan. Pada kampanye ini OLX menggandeng AirAsia Indonesia. #BekasJadiLiburan merupakan bagian dari rangkaian kampanye #BekasJadiApapun yang diluncurkan OLX sejak Agustus 2016 lalu. Rangkaian kampanye ini untuk mendorong masyarakat agar memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka.
Edward Kilian, Chief Marketing Officer OLX Indonesia, mengatakan untuk pertama kali OLX bekerja sama dengan maskapai penerbangan. “Kami ingin memberikan inspirasi liburan tanpa beban (keuangan) kepada masyarakat. Kami sangat senang bahwa AirAsia pun memiliki pemikiran yang sama dengan OLX,” jelas Edward.
Liburan atau traveling merupakan salah satu bentuk aktivitas rekreasi, yang menurut jurnal American Psychosomatic Medicine (2009), terbukti dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan dan menurunkan tingkat depresi. Selain manfaat tersebut, liburan juga dapat menambah pengalaman baru dengan menjelajahi berbagai destinasi wisata, serta memperluas wawasan tentang budaya suatu daerah.
Namun, banyak hal yang menjadi pertimbangan seseorang dalam merencanakan liburan, salah satunya keuangan. Mereka harus merogoh kocek yang tidak sedikit untuk membeli tiket pesawat, transportasi, penginapan, atau uang saku selama berlibur.
Pertimbangan ini sering kali menyebabkan seseorang menunda atau bahkan mengurungkan rencana liburannya. Melalui #BekasJadiLiburan, OLX dan AirAsia Indonesia mengajak masyarakat untuk mewujudkan liburannya dengan menjual barang-barang yang sudah tidak digunakan di OLX.co.id sebagai modal untuk liburan.
Menariknya, setiap barang yang dijual melalui platform OLX mendapatkan poin. Peserta dengan poin terbanyak akan terpilih sebagai pemenang. Pemenang akan mendapatkan uang saku jutaan rupiah dari OLX.
AirAsia Indonesia pun menambah semaraknya kampanye dengan menawarkan tiket penerbangan gratis untuk perjalanan Jakarta-Singapura-Jakarta bagi 8 pemenang (masing-masing 2 tiket). Selain tiket tersebut, peserta #BekasJadiLiburan juga berkesempatan untuk meraih 26.000 BIG Points untuk 5 pemenang, yang dapat ditukar dengan tiket penerbangan ke seluruh destinasi AirAsia seperti Maldives, Tokyo, Sydney, dan berbagai tujuan lainnya di seluruh Asia dan Australia.
“Kedekatan karakteristik pelanggan menjadikan OLX sebagai rekanan yang tepat bagi AirAsia untuk membidik konsumen melalui transaksi elektronik,” ujar Yohannes Heraldo, Head of Marketing AirAsia Indonesia.
Tony Burhanudin