Baseus Percaya Diri akan Jadi Market Leader di Indonesia

Marketing.co.id – Berita Digital & Techno | Indonesia dengan penduduk lebih dari 270 juta jiwa dan menyandang status negara berpenghasilan menengah atas menurut Bank Dunia tahun 2023, merupakan pasar empuk bagi berbagai produk, termasuk produk teknologi. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), 67,88% penduduk Indonesia yang berusia 5 tahun ke atas sudah memiliki ponsel pada tahun 2022.

Besarnya kepemilikan ponsel di Indonesia tentunya akan berimbas pada penjualan produk-produk pendukung dan aksesoris ponsel seperti pengisi daya (charger), power bank, handsfree, bluetooth wireless, atau earphone. Tak mengherankan jika Baseus, produsen aksesoris perangkat teknologi sangat mengincar pasar Indonesia.

Baseus Director of Asia Region, Jack Zhang menegaskan, sebagai produsen Baseus sangat memperhatikan aspek desain, kualitas, fungsi, dan harga yang kompetitif. “Baseus percaya diri untuk menjadi market leader di Indonesia,” tutur Jack saat berbicara pada peluncuran logo baru Baseus dan tagline “Simple for More”, di Jakarta, Sabtu (23/9/23)

Peluncuran logo baru merupakan upaya bagi Baseus untuk memperluas jangkauan ke pasar yang lebih premium. Strategi lain yang dilakukan Baseus untuk mendorong penetrasi pasarnya di Indonesia yakni dengan menggandeng publik figur Raffi Ahmad sebagai Brand Friend Baseus. “Raffi Ahmad dipilih karena sebelumnya dia sudah menggunakan produk dari Baseus,” kata Jack.

Baca juga: Naik Hingga 120%, Olike Fokus Ke Aksesoris Ponsel

Dalam sesi bincang-bincang peluncuran logo baru tersebut, Raffi Ahmad mengatakan, bahwa dia adalah pengguna Power Bank dari Baseus. “Ini saya bawa sendiri, bukan di-endorse,” kata Raffi sambil menunjukkan power bank berukuran besar kepada hadirin.

Dipilihnya Raffi juga tidak lepas dari popularitas figur yang bersangkutan di media sosial. Raffi adalah salah satu selebritas Indonesia yang memiliki banyak pengikut di Instagram. Di sisi lain, kanal digital juga penting bagi Baseus dalam meningkatkan brand awareness dan penjualan.

“Saat ini untuk penjualan di channel online pasar Indonesia, kami nomor satu di TikTok dan Shopee, dan masuk dalam tiga besar di Lazada. Kami memiliki rencana besar untuk mengoperasikan channel offline, karena ini menjadi langkah berikutnya dari brand,” lanjut Jack.

Jack mengatakan, lini produk Baseus sangat lengkap dengan SKU mencapai 200. Untuk diketahui, Baseus adalah brand global yang sudah hadir di lebih dari 100 negara.

Bicara persaingan, di banyak negara, termasuk Indonesia, sangatlah ketat. “Namun kami percaya diri dengan pengembangan produk dan inovasi yang kami lakukan. Desain produk kami juga sesuai dengan tuntutan pengguna, karena itu kami tidak khawatir dengan kompetitor,” lanjut dia.

Baseus
Baseus Director of Asia Region, Jack Zhang, menjelaskan tentang lini perjalanan Baseus sejak awal berdiri di tahun 2011 lalu

Dalam kesempatan tersebut Marketing.co.id juga sempat menanyakan wacana pemerintah yang akan melarang TikTok untuk menggunakan kanalnya sebagai platform penjualan produk (social commerce). Jack mengakui peran TikTok sangat besar bagi Baseus, namun dia juga menegaskan semua pelaku bisnis harus patuh pada ketentuan pemerintah. “Kami mengikuti semua peraturan dari pemerintah setempat,” tandasnya.

Baca juga: Kembangkan Bisnis, MAKUKU Konsisten Mengedukasi Pelanggan Melalui TikTok Shop

Pada peluncuran logo baru itu juga diperkenalkan kembali aksesoris unggulan khusus yang dibuat untuk seri perangkat iPhone 15. Salah satunya adalah pengisi daya (charger) unggulan Baseus GaN5S Fast Charger Type-C 20/30W. Meskipun berukuran mini, charger ini dilengkapi dengan GaN teknologi generasi kelima yang menawarkan pengisian daya cepat 30W dengan radiasi panas yang lebih rendah sehingga tidak akan merusak baterai ponsel.

Sementara dari perangkat audio, ada Baseus Eli Sport 1 Open-Ear TWS Earbuds dengan desain yang nyaman untuk digunakan, Baseus Bowie M3 True Wireless Earphones yang dilengkapi dengan -30dB noise cancellation dan wireless charging function, serta Baseus Bowie H1 Pro Noise-Cancelling Wireless Headphones yang didukung four-speakers audio technology dengan daya tahan baterai hingga 60 jam.

“Perangkat teknologi telah menjadi alat penunjang produktivitas yang esensial bagi setiap orang. Hal inilah yang menjadi komitmen kami sejak awal untuk menghadirkan aksesori pendukung perangkat teknologi berkualitas yang mampu menunjang peran setiap orang dan menjadikan hidup menjadi lebih mudah,” kata Country Manager Baseus Indonesia, Robin Lu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here