Bagaimana Menciptakan Produk Perbankan bagi Anak-Anak dan Remaja

Bagaimana Menciptakan Produk Perbankan bagi Anak-Anak dan RemajaMasterCard dan Child & Youth Finance International (CYFI) baru-baru ini mengumumkan penerbitan sebuah publikasi berjudul Banking a New Generation: Developing Responsible Retail Banking Products for Children and Youth.

Publikasi ini diharapkan dapat membantu insan perbankan, lembaga keuangan, NGO, dan pemerintah menciptakan produk-produk pembayaran dan perbankan yang inovatif bagi anak-anak dan remaja.

Dari 2,2 miliar anak-anak di seluruh dunia, rata-rata hanya 37,9 % dari remaja yang berusia 15 hingga 25 tahun memiliki rekening perbankan tradisional seperti buku tabungan, check, atau kartu kredit/debit.

MasterCard dan CFYI memiliki  keyakinan yang sama bahwa memberikan pembekalan finansial dan edukasi kepada anak-anak dan remaja merupakan hal yang sangat penting bagi integrasi ekonomi di seluruh dunia. Tanpa akses tersebut, para remaja tidak akan dapat menabung atau melakukan investasi untuk masa depan mereka. 

Secara singkat buku ini berisi tentang panduan dasar mengenai tanggung jawab produk keuangan bagi anak-anak dan remaja, penjelasan tentang mengapa institusi keuangan perlu melakukan investasi pada segmen anak-anak dan remaja, serta beberapa fitur penting mengenai segmen ini.

Yang lebih penting lagi adanya panduan membangun proposisi produk keuangan yang ramah bagi anak-anak dan remaja sampai pertimbangan terhadap proses pengembangan produk serta perkembangan digital banking.

“Setiap anak-anak dan remaja memiliki hak untuk menabung, mendapatkan layanan finansial yang dapat diakses, dan kita perlu memberdayakan mereka untuk tumbuh menjadi warga negara ekonomi produktif,” kata Anna Zanghi, Global Lead of Youth Segment Product, MasterCard. 

“Tujuan kerja sama ini adalah untuk mengembangkan akses produk dan layanan keuangan yang aman, terjamin, dan bertanggung jawab yang memungkinkan mereka untuk mulai menabung bagi masa depan dan mengejar tujuan mereka seperti pendidikan yang lebih tinggi atau wirausaha,” lanjutnya.

Jeroo Billimoria, Managing Director CFYI  menambahkan, setengah dari populasi dunia di bawah umur 25 tahun – dan yang sedang membangun portofolio keuangan yang akan digunakan untuk menggapai impian mereka membutuhkan usaha bersama dari sektor pemerintah, swasta dan lembaga sosial.

“Bekerja sama dengan MasterCard memungkinkan kami untuk dapat menerjemahkan hak-hak anak saat proses pengembangan produk-produk perbankan yang mana diharapkan menghasilkan masukan yang berguna bagi bank,” pungkasnya.

Editor: Mas Wahid, Sekar Ayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.