Loyalitas pelanggan merupakan kunci sukses kesuksesan bisnis. Berikut 11 strategi meningkatkan loyalitas pelanggan.
Marketing.co.id – Berita UMKM | Melakukan penelitian untuk menemukan lebih banyak pelanggan dan menargetkan audience baru tidak hanya membuat bisnis tumbuh pesat, namun juga dapat mendorong ke tingkat yang baru – tentu saja bila dilakukan dengan benar.
Keberhasilan Anda melakukan konversi terhadap klien baru tak seharusnya dibatasi waktu. Artinya hubungan baru antar pelanggan dan perusahaan tidak harus berakhir setelah transaksi selesai dilakukan. Hal ini karena komponen yang sangat penting dari setiap rencana pemasaran adalah retensi pelanggan, dan mengubah pembeli baru menjadi pelanggan berulang.
Dengan pendekatan yang tepat, orang-orang yang dulunya skeptis mencoba produk Anda bisa berubah menjadi brand ambassador terbesar dan membawa pelanggan baru bagi Anda. Pertanyaannya adalah apa tips terbaik meningkatkan loyalitas pelanggan?
Loyalitas pelanggan adalah keinginan pelanggan untuk terus membeli atau bekerja sama dengan suatu brand, produk, atau toko. Singkatnya, loyalitas pelanggan adalah strategi bisnis dalam mempertahankan pelanggan lama agar terus membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan dalam suatu bisnis.
Di tengah persaingan yang sangat ketat seperti sekarang ini, memiliki pelanggan loyal menjadi sangat penting karena menandakan preferensi pelanggan yang konsisten terhadap suatu brand disbanding pesaing. Loyalitas pelanggan dapat menjadi kunci kesuksesan bisnis, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk menjaga kesetiaan pelanggan, para pelaku usaha dapat menerapkan strategi meningkatkan loyalitas pelanggan berikut ini seperti kami kutip dari smallbiztrends.com:
Berikut 11 strategi meningkatkan loyalitas pelanggan
Berikan lebih dari yang mereka harapkan
Pertama dan yang paling penting adalah memenuhi kebutuhan pelanggan. Kemudian, susun strategi dan berikan layanan yang lebih baik. Entah itu memberikan pengiriman yang lebih cepat dari waktu yang ditentukan, memberikan bonus kejutan atau menyenangkan mereka dengan fitur-fitur baru yang keren.
Perlakukan mereka seperti Anda ingin diperlakukan
Berdayakan karyawan Anda untuk membantu pelanggan. Dukung dialog dan pemecahan masalah yang intuitif. Pelanggan ingin diperlakukan seperti manusia, bukan angka penjualan.
Transparan
Jika berbuat salah, cobalah mengakui secara terbuka dan mempertanggungjawabkannya. Tampilkan keinginan yang tulus untuk memperbaiki masalah. Bahkan, jika Anda sudah melakukan sesuatu yang benar dalam melayani mereka. Pelanggan sangat menghargainya.
Mengasihi dan menerima mereka
Seperti yang dikatan Gary Vaynerchuk dalam bukunya, The Thank You Economy, Anda perlu “Shock and awe” pelanggan terbaik. Itu artinya Anda memberikan sesuatu yang tak terpikirkan oleh mereka atau memberikan mereka hadiah tanpa alasan tertentu. Misalnya, memberikan ucapan selamat ulang tahun?
Pelanggan loyal jika Anda juga loyal
Jika ingin pelanggan setia, jangan lupa untuk setia kepada mereka. Fokuslah pada pelanggan Anda. Karena, mereka akan selalu bersama Anda dalam situasi apapun. Buatlah mereka senang. Loyalitas dibalas dengan loyalitas juga.
Membangun hubungan yang lebih luas dengan klien
Jika berbicara dengan pelanggan hanya ketika mereka melakukan pembelian, Anda tidak akan menjadi pilihan favorit mereka. Maka dari itu, buatlah hubungan yang lebih luas. Buatlah diri Anda seperti orang yang mereka cari. Sesuatu yang kecil seperti mengirimkan sebuah artikel yang relevan dengan mereka cukup untuk menciptakan hubungan yang positif. Tapi, tetap jaga visi Anda jauh ke depan guna melihat peluang yang lebih besar.
Tulus dan serius
Loyalitas pelanggan dibangun dan diperkuat dengan kejujuran. Namun, lebih dari sebuah kejujuran itu adalah tentang ketulusan. Klien atau pelanggan tahu bahwa semua yang Anda katakan dan lakukan mencerminkan siapa Anda. Oleh karena itu, mereka tahu bahwa mereka dapat mempercayai Anda, dan itu yang membuat mereka setia.
Kirim pesan yang jelas
Jika pemimpin atau pemilik salah satu vendor menelopn Anda untuk menanyakan sesuatu tentang bisnis, jangan katakan Anda peduli. Namun, tunjukkan kepada mereka Anda bisa melakukannya. Angkat telepon mereka dan buatlah suasananya lebih akrab dan personal.
Beri penghargaan
Buat pelanggan merasa istimewa dengan memberi penghargan atas loyalitas mereka. Misalnya, ucapan terima kasih, memberikan tiket nonton, atau penawaran khusus. Dengan begitu merekapasti akan senang.
Usahakan mereka tetap tertarik
Cara terbaik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan menawarkan apa yang mereka ingin dan butuhkan. Salah satu cara terbaik untuk menunjukkan minat dan perhatian kepada pelanggan adalah dengan mendengarkan secara aktif apa yang mereka katakana dan bagaimana mereka mengatakannya. Mendengarkan mereka secara aktif artinya memperhatikan dengan seksama kata-kata, nada bicara, Bahasa tubuh, dan emosi serta menanggapinya dengan tepat.
Anda bisa menarik minat mereka dengan menentukan identitas brand yang jelas, menawarkan keunikan produk, melakukan pemasaran berbasis konten, memanfaatkan media sosial dan website, menawarkan program diskon dan loyalitas, memberikan experience terbaik, serta menciptakan urgensi produk.
Mendidik pelanggan
Anda dapat memberikan value dan mengembangkan loyalitas pelanggan yang kuat dengan cara meluangkan waktu untuk mendidik mereka tentang apa yang mereka butuhkan. Tentukan apa yang ingin Anda komunikasikan kemudian mengatur jadwal untuk berinteraksi rutin guna mengatasi masalah yang penting bagi mereka.