Contoh Branding dari Brand-Brand Paling Terkenal di Dunia

Branding yang kuat dapat membangun kesan positif  dan membuat bisnis menjadi top of mind ketika konsumen membutuhkan produk dan layanan yang Anda tawarkan

Marketing.co.id – Berita UMKM | Kebanyakan pelaku bisnis UMKM masih beranggapan bahwa dengan memiliki logo dan label berarti mereka memiliki sebuah brand. Namun, mereka merasa bisnisnya seperti jalan di tempat. Masalah utama yang dialami pelaku bisnis UMKM sering kali adalah kurangnya pemahaman mengenai branding.

Branding adalah cara membuat persepsi positif tentang produk, perusahaan maupun layanan yang diberikan. Atau, bagaimana konsumen membedakan bisnis Anda dengan pesaing. Membuat branding bisnis bukan sekadar perkara logo dan label saja. Inti dari branding adalah identitas atau wajah yang ingin ditunjukkan brand kepada masyarakat luas.

Baca Juga: Lengkap! Langkah-Langkah Membangun Brand Yang Kuat

Branding yang efektif dan tepat dapat memengaruhi pengembangan bisnis, menaikkan nilai jual produk, serta mampu menarik perhatian calon konsumen. Branding yang kuat dapat membangun kesan positif pada konsumen dan membuat bisnis Anda menjadi top of mind, atau pertama kali terlintas dalam pikiran konsumen ketika mereka membutuhkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, strategi branding yang efektif sangatlah penting.

Di luar sana banyak sekali perusahaan yang menjalankan strategi branding dengan berhasil. FedEx, Apple, Coca-Cola, Nike, dan Disney adalah beberapa contoh perusahaan yang berhasil menjalankan strategi branding. Perusahaan-perusahaan ini mudah dikenali di seluruh dunia karena mereka telah membangun kesadaran brand (brand awareness) yang kuat.

FedEx

Siapa yang tak kenal dengan perusahaan ternama asal Amerika Serikat ini. Nama FedEx merupakan singkatan dari Federal Express yang telah digunakan sejak 1973. Kantornya tersebar di berbagai bandara internasional di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Nama dan logo perusahaanya tentu saja dikenal banyak orang di seluruh dunia, termasuk Anda?

FedEx telah membangun brand yang khas dalam industri jasa pengiriman melalui fokusnya pada kecepatan dan ketepatan. Palet warna ungu dan orange menjadi keunikan tersendiri dalam kategori ini.

Janji brand (brand promise) FedEx menggarisbawai komitmennya untuk pengiriman tepat waktu. FedEx mensponsori acara olahraga terbesar di dunia seperti NFL untuk memperkuat asosiasi brand FedEx dengan kecepatan dan ketepatan. Secara keseluruhan, branding FedEx menyampaikan profesionalisme, keahlian, dan kemampuan untuk menghubungkan orang dan bisnis dengan cepat.

Apple

Branding Apple secara luas dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Logo Apple adalah salah satu simbol brand yang paling dikenal secara global. Pesan brand Apple adalah tentang inovasi, desain yang elegan, dan pemberdayaan telah menciptakan basis pelanggan yang setia.

Semua yang dilakukan Apple memperkuat identitas brand-nya, mulai dari desain produk, toko ritel, hingga iklan. Brand image mereka premium, aspiratif, dan menyampaikan manfaat teknologi yang berpusat pada manusia. Hubungan emosional yang kuat yang dijalin Apple dengan pelanggan membuat mereka mengidentifikasi diri mereka secara pribadi dengan brand tersebut.

Coca-Cola

Branding coca-cola telah menjadikannya salah satu brand paling berharga secara global. Logo merah dan putihnya yang mencolok serta tulisan kursifnya langsung dapat mudah dikenali. Janji brand ini adalah kegembiraan dan kesegaran yang secara konsisten disampaikan di semua materi komunikasi dan pemasarannya.

Branding coca-cola juga menekankan nilai-nilai universal seperti tanggung jawab sosial, persaudaraan dan keragaman. Tagline-nya yang telah lama ada “Open Happiness”, menghubungkan secara kuat dengan emosi terdalam masyarakat. Coca-cola mencapai daya tarik massa sambil mempertahankan citra brand yang menyenangkan dan berjiwa muda selama beberapa dekade.

Nike

Slogan “Just Do It” dan logo Swoosh Nike sangat dikenal di seluruh dunia. Pesan dan iklannya berpusat pada keberanian kreativitas dan keunikan. Brand Nike memiliki daya tarik yang luas melintasi seluruh demografi dengan tetap mempertahankan image yang cool dan edgy. Kemitrannya dengan para atlit dan acara olahraga kelas dunia seperti Olimpiade memperkuat asosiasi brand ini dengan pencapaian yang positif dalam olahraga. Branding Nike pada akhirnya menunjukkan bahwa produk-produknya membantu Anda mencapai potensi terbaik.

Disney

Brand Disney dibangun berdasarkan magis, kebahagiaan dan kenangan masa kecil yang menyenangkan. Disney menciptakan kenangan menyenangkan dari berbagai generasi melalui film, dan wahana hiburan yang dimilikinya. Perusahaan ini memberikan brand experience yang menyeluruh.

Pembelian Disney terhadap Pixar, Marvel dan Star Wars memungkinkan perusahaan memperluas brand-nya melalui cerita dan karakter ikonik mereka. Branding utama Disney tetap konsisten meskipun terjadi perubahan tren dan generasi. Nilai-nilai inti dari imajinasi, optimisme, dan hiburan yang sehat beresonansi kuat dengan keluarga di seluruh dunia.

Itulah beberapa contoh perusahaan yang menjalankan branding dengan berhasil. Bagaimana cara Anda menjalankan strategi branding? Beritahu kami dalam kolom komentar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.