Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Tukar Sampah Plastik Jadi Perlindungan Asuransi

Marketing – Berangkat dari kondisi masih rendahnya penetrasi asuransi dan inklusi financial di Indonesia. Allianz Indonesia menggelar program Program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu” dan Program “Allianz Uang Duka”.

Kedua program tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat kelompok emerging consumers untuk memperoleh akses perlindungan asuransi dengan cara yang sangat mudah dan harga yang terjangkau.

Guna mensosialisasikan program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu”, sekaligus memaksimalkan awareness masyarakat, Allianz Indonesia berpartisipasi dalam Financial Expo yang diadakan oleh OJK pada 17 – 20 Oktober 2019 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Head of IT PT Allianz Utama Indonesia, Harry Sible, mengatakan, program ini bertujuan supaya produk dan layanan asuransi lebih mudah di akses oleh masyarakat Indonesia. “Ini merupakan inovasi yang dilakukan Allianz. Yang ditawarkan produk asuransi pada umumnya, tapi dikemas lebih unik dan menarik agar lebih diterima masyarakat,” kata dia.

Ajang pameran ini sebagai sarana untuk memperluas segmen pemasaran tiga produk asuransi Allianz, yaitu asuransi jiwa mikro, produk asuransi kecelakaan diri, serta produk asuransi jiwa berjangka kumpulan kepada masyarakat kelompok emerging consumers.

“Sampah plastik yang berhasil dikumpulkan di booth Allianz. Nantinya di akan dikoordinasikan dengan bank sampah setempat untuk dikelola dan dipilah untuk didaur ulang, dan setiap penukaran sampah masyarakat mendapatkan perlindungan asuransi dari Allianz Indonesia,” jelas Harry.

Dalam Program Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu ini Allianz Indonesia bekerjasama dengan mitra strategis yang menyediakan aplikasi digital MySmash untuk mendukung kegiatan operasional Bank Sampah di seluruh Indonesia.

Kerjasama ini berfungsi sebagai kanal distribusi baru untuk memberikan akses perlindungan asuransi jiwa mikro “Sekoci” bagi  masyarakat yang menjadi nasabah Bank Sampah. Sedangkan untuk asuransi kecelakaan diri,proses pendaftarannya bisa dilakukansecara manual melalui bank sampah tempat nasabah menabung sampah.

Program Allianz Uang Duka adalah kesempatan untuk memperkenalkan akses dan produk asuransi kepada warga melalui proses pengumpulan dana  yang akan memberikan santunan kematian dari produk asuransi jiwa kumpulan Allianz, yang dapat diakses oleh masyarakat warga Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan tingkat kelurahan.

Perluasan akses perlindungan dan produk asuransi melalui kedua program ini merupakan wujud komitmen Allianz Indonesia untuk mendukung program pemerintah dan OJK dalam meningkatkan penetrasi asuransi, literasi keuangan serta inklusi keuangan ke berbagai segmen masyarakat Indonesia.

Program ini memiliki premi Rp4.500 per tiga bulan, dengan nilai tukar Rp6.000 untuk 2 kg botol plastik yang sisanya dapat disisihkan untuk menabung. Dengan premi tersebut, nasabah dapat memperoleh manfaat senilai Rp1 juta apabila meninggal dunia sebab alami, atau Rp5 juta apabila meninggal sebab kecelakaan dan penggantian biaya medis jika kecelakaan sebesar Rp500 ribu.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top