Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Peluang Besar dalam Konten Video Singkat

Marketing – Populasi Indonesia yang luas, ditambah dengan penggunaan ponsel secara aktif, menghadirkan peluang emas bagi brand dan marketer. Video, khususnya telah mengalami pertumbuhan yang spektakuler di Indonesia. Bahkan, konten video singkat adalah salah satu tren yang meningkat di tahun 2019, berkat perkembangan teknologi dan peningkatan aksesibilitas di semua platform. Belum lagi, kehadiran smartphone pun kian membuka kesempatan untuk melakukan revolusi video.

Vivi Wang, Business Development Director Mobvista Asia Tenggara mengatakan, tantangan yang terjadi saat ini adalah bagaimana menarik minat audience hanya dalam 5 hingga 10 detik saja. Adapun revolusi yang ada, yakni bentuk video mengandung unsur marketing – bisa berupa konten sekaligus saluran advertise suatu produk. Kedua, revolusi berupa durasi dari video itu sendiri – dalam durasi yang lebih singkat lagi.

“Untuk itu, dalam membuat konten video yang menarik diperlukan acuan khusus. Harus mencakup tiga unsur utama, yakni space, emotion, dan time. Dalam space, memberikan konten yang mudah dipahami audience. Emotion diharapkan dapat menarik emosi audience untuk menyaksikan konten yang ada. Sedangkan time, yakni durasi yang dibutuhkan untuk mencapai klimaks dari pesan video tersebut,” kata Vivi.

Dia menambahkan, secara mendasar pembagian waktu terbagi ke beberapa bagian. Detik pertama, berupa fitur isi konten dan ini menjadi alasan audience untuk melihat konten. Detik ketiga, berisi tema dengan tujuan membuat audience menebak isi pesan. Detik kelima, umumnya berisi tentang klimaks dari isi pesan. Sedangan detik kesembilan, berisi penutupan – bisa berupa highlite atau twist ending. Pada tahap terakhir, pemilik konten memiliki peranan dalam memutuskan bagaimana closing state akan dibangun. Teknik ini membagi isi pesan per periode detik dan menjadi pembeda isi video per detiknya.

“Sebagai perusahaan mobile ad tech terbesar di Asia, solusi komprehensif Mobvista telah membantu lebih dari 3.000 brand berbeda untuk mendekatkan diri dengan konsumen di seluruh dunia. Salah satu yang sudah menggunakan jasa Mobvista adalah Shopee, Traveloka, Tiket.com, hingga Tokopedia. Kami sendiri sudah mengerjakan beberapa project dari Indonesia sejak 2015,” kata Vivi.

Adapun tiga solusi yang ditawarkan Mobvista bagi klien di Indonesia, yakni media campaign management from end to end. Ini membantu mengatur beberapa media dalam penetrasi pasarnya. Misalnya, Facebook, Google, TikTok, dan lainnya. Dimana, platfrom tersebut mempunyai audience yang luar biasa, tentunya dengan teknologi yang dimiliki Mobvista bisa menggapai audience lebih maksimal dan mendapatkan hasil akhir yang lebih baik untuk produk yang ditampilkan

Selain itu, Vivi menambahkan, hal kedua yakni programmatic product. Ini bisa terhubung dengan 7 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia. Ini akan membantu klien untuk memperkenalkan produk mereka. Ketiga adalah affiliate program bagi klien Indonesia. Mobvista akan menjembatani antara kebutuhan pasar di luar Indonesia dengan produk di Indonesia. Ini mampu menghubungkan antara “East to West”.

Campaign Mobvista menghasilkan lebih dari 10 miliar impression setiap harinya bagi para customer-nya berkat perpaduan teknologi inovatif dan layanan pelanggan yang sangat baik. Seperti diketahui, Mobvista menjadi yang terbesar di China dan kedua di Asia. Dengan kelebihan tersebut, Mobvista menargetkan untuk menghubungkan kebutuhan bisnis dan mengembangkannya, antara timur dan barat.

“Pada dasarnya, video adalah salah satu bentuk paling menarik dan cara paling baik untuk menyampaikan pesan. Untuk itu, sebagai pembawa pesan, klien harus mengetahui konten yang ingin disajikan. Jadi, dalam video yang berdurasi sangat singkat ini, klien bisa meningkatkan brand awareness,” tegas dia.

1 Comment

1 Comment

  1. dnd survey

    21 October, 2019 at 13:26

    wah bener banget memberikan konten video yang mudah dipahami audience sangat penting untuk jadi daya tarik konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top