Friday, February 23, 2024
HomeMARKETINGTim Gorilla Dari Bogor, Pemenang STEAM Innovation Festival Yang Digelar Oleh AWS...

Tim Gorilla Dari Bogor, Pemenang STEAM Innovation Festival Yang Digelar Oleh AWS dan PJI

Marketing.co.id – Berita Marketing | Pesatnya pengadopsian teknologi digital di kalangan generasi muda, berdampak signifikan terhadap keterampilan yang didapat. Namun keterampilan tanpa adanya praktek di lapangan tidak akan membuahkan hasil yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Agar generasi muda mampu mengasah berbagai keterampilan tersebut, Amazon Web Services (AWS) dan Prestasi Junior Indonesia (PJI), mengimplementasikan dua program edukasi STEAM (science, technology, engineering, arts, dan mathematics) melalui STEAM Innovation Festival dan AWS Girls’ Tech Day, bagi lebih dari 700 pelajar di 75 SMA/SMK/MA di Jawa Barat sejak bulan Agustus hingga November 2023 lalu.

Dalam kompetisi STEAM Innovation Festival, para pelajar ditantang untuk membuat konsep proyek inovatif berbasis STEAM untuk mengatasi tantangan dunia nyata dan berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan (sustainability).

Para pelajar yang mengikuti kompetisi, telah memperoleh pelatihan design thinking dan pendampingan teknis bersama sukarelawan AWS dan mentor PJI. Pada akhir kompetisi, 15 tim terbaik mempresentasikan dan memamerkan prototipe proyek inovatif mereka di hadapan panel juri.

Sementara itu, dalam kompetisi lainnya yakni AWS Girls’ Tech Day menyediakan pengalaman belajar yang melibatkan dan menghubungkan anak perempuan dan perempuan muda dengan bidang STEAM.

Inisiatif yang dimulai pada tahun 2018 secara global dan masuk ke Indonesia pada tahun 2022 ini, bertujuan memberikan akses dan kesempatan yang setara sekaligus menciptakan pemimpin teknologi perempuan masa depan di Indonesia.

Tim Gorilla dari SMA Cahaya Rancamaya IBS, Bogor, tengah menjelaskan proyek ide berjudul “Surgeon” di STEAM Innovation Festival yang berlangsung di Bandung (25/11). Surgeon merupakan sebuah alat berbentuk sarung tangan yang dilengkapi dengan sensor gyro. Foto: Ist.
Beberapa perempuan muda tengah melakukan pembelajaran menggunakan perangkat robot Quarky dan perangkat lunak pemrograman Pictoblox dalam AWS Girls’ Tech Day. Foto: Ist.

“Kali ini bersama AWS, kami menghadirkan kedua program untuk memfasilitasi generasi muda dalam mentransformasi aspirasi mereka menjadi sebuah karya nyata yang bermanfaat. Kami dedikasikan kemitraan bersama AWS ini sebagai investasi yang bertanggung jawab untuk menciptakan pemimpin muda yang bertanggung jawab dan memiliki komunitas yang kuat,” ungkap Robert Gardiner, Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia.

Puncak acara STEAM Innovation Festival telah digelar di Bandung, pada November 2023 lalu. Iendra Sofyan S.T., M.Si., Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat yang hadir menambahkan, “Tentunya, kami sangat mendukung program-program yang dilakukan oleh AWS InCommunities bersama PJI. Program ini selaras dengan program-program pembangunan di Jawa Barat, dimana fokus kami adalah untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul menyongsong Visi Indonesia Emas di tahun 2045.”

Tim Gorilla dari SMA Cahaya Rancamaya IBS Bogor dinobatkan sebagai pemenang pertama dengan proyek ide berjudul Surgeon (Sign Language Translation Glove Based on Arduino Nano).

Ide yang mereka ciptakan ini adalah sebuah alat berbentuk sarung tangan yang dilengkapi dengan sensor gyro, potensiometer, dan algoritma yang dirancang khusus serta berfungsi untuk menerjemahkan bahasa isyarat bagi tunarungu dan tunawicara menjadi bahasa verbal secara real-time.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Popular