Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Retail

Strategi Super Indo Bangun Engagement dengan Konsumen

Marketing – Setelah sukses menggelar program Super Indo Berkebun (SIB) di Super Indo RE Martadinata, Ciputat, Tangerang Selatan; Super Indo Wibawa Mukti, Bekasi; Super Indo Ujung Berung, Bandung, dan Super Indo Pabuaran Cibinong, Bogor, perluasan program yang menggandeng berbagai komunitas ini pun hadir di Super Indo Pondok Kelapa, Jakarta. Seperti diketahui, fasilitas berkebun bagi masyarakat ini mengusung konsep urban farming, kegiatan menanam tanaman produktif seperti buah dan sayur di perkotaan dengan lahan terbatas.

Yuvlinda Susanta, Head of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo mengatakan, “Saat ini sudah lebih dari 200 anggota aktif yang tergabung dari SIB. Kegiatan yang diinisiasi oleh Super Indo karena membawa banyak manfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Apalagi di perkotaan seperti kota metropolitan Jakarta yang lahannya makin terbatas. Sedangkan bagi Super Indo, program ini selain mengajak untuk menerapkan gaya hidup sehat, juga membangun engagement sekaligus retention, sehingga diharapkan tercipta loyalitas konsumen.”

super indo berkebun

Menariknya, konsep rooftop food garden ini juga menjadi yang pertama yang diinisiatif dan dijalankan oleh peritel di Indonesia. Melalui kegiatan ini juga untuk membantu pelanggan untuk mengadopsi kebiasaan makan sehat dengan cara-cara yang menyenangkan. Lahan rooftop food garden ini bisa memfasilitasi 30 anggota di setiap batch-nya. Selama 2 bulan periode training, anggota SIB akan mendapatkan kelas berkebun dengan materi yang telah dipersiapkan.

“Selain mengajak konsumen untuk menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dengan memasak dari sayuran yang dipetik dari kebun sendiri. Beberapa hasil kebun yang dikelola oleh Super Indo juga dijual di gerai Super Indo. Memasuki bulan Ramadan ini, kami menyiapkan produk-produk dengan penguatan produk seasonal seperti sirup, biskuit kaleng, dan produk consumer lainnya,” ujar Yuvlinda. Selain itu Super Indo juga menyiapkan berbagai promosi khusus bagi pelanggan, mulai dari Promo Akbar Ramadan hingga Midnight Sale.

Dalam acara buka bersama yang digelar di Javara, Kemang, Jakarta Selatan ini turut dihadiri Johan Boeijenga, Presiden Direktur PT Lion Super Indo dan Donny Ardianta Passa, VP of Buying & Indirect Procurement. Berdasarkan data per April 2019, Super Indo telah memiliki 164 gerai yang tersebar di 40 kota dan kabupaten di Pulau Jawa dan bagian selatan Sumatera, serta 5 supermarket waralaba dengan merek Super Indo Express.

“Salah satu strategi yang diterapkan Super Indo adalah selalu berupaya untuk lebih dekat dengan konsumen, salah satunya melalui program Super Indo Berkebun. Terlebih, kami juga terus-menerus mengomunikasikan upaya berkelanjutan yang dilakukan perusahaan, antara lain pengurangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Bisa dikatakan, berdasarkan data Nielsen Q1, pertumbuhan Super Indo naik dibanding tahun lalu dan bahkan lebih baìk dibanding ritel lain,” kata Donny. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top