Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Shopee Bantu UMKM Indonesia Tembus Pasar Ekspor

Marketing.co.id  –  Berita UMKM |  Di tahun 2020 Shopee sukses menambahkan Filipina sebagai destinasi ekspor terbarunya, menyusul Malaysia dan Singapura. Keberhasilan Shopee menambah negara tujuan ekspor tentunya memperlebar peluang UMKM Indonesia untuk menembus pasar mancanegara.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, UMKM di Indonesia secara tidak langsung merupakan salah satu bagian penting yang turut mendorong perputaran roda perekonomian Indonesia.

“Kami sangat berterima kasih telah menjadi pihak yang dipercaya untuk berkolaborasi secara berkelanjutan dengan berbagai pihak Kementerian dan Instansi Pemerintahan selama satu tahun ke belakang, bergotong royong menciptakan ekosistem yang berpihak pada para pelaku bisnis kecil dan menengah,” tutur Handhika.

Selain program edukasi dan pelatihan guna mendukung dan menjaga keberlangsungan bisnis UMKM melalui program Shopee Bersama UMKM, salah satu program inovatif Shopee yang menjadi sorotan yakni Program Ekspor Shopee “Dari Lokal untuk Global” yang telah diimplementasikan dari tahun 2019 dan terus berkembang hingga sekarang.

Baca juga: UMKM Go Ekspor, Tembus Pasar Asia Tenggara Secara Online

Beberapa pencapaian yang dicatatkan Shopee di program ekspor tersebut antara lain, berhasil mendukung para UMKM binaan untuk dapat melakukan ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina, dan akan merambah ke semua negara tempat Shopee beroperasi kemudian, dimulai dari Thailand dan Vietnam di tahun 2021 mendatang.

Tidak hanya mendukung UMKM untuk berhasil ekspor, Shopee juga berhasil mencapai lebih dari 50.000 produk UMKM yang terjual di setiap harinya melalui aplikasi Shopee Malaysia, Shopee Singapura dan Shopee Filipina. Kategori produk yang berhasil dipasarkan ke Malaysia, Singapura, dan Filipina, diantaranya Fashion Muslim dan Pakaian Wanita. Selain itu, terdapat 10 juta produk dari Indonesia telah masuk ke dalam program ekspor. Angka ini berkembang pesat dibandingkan tahun 2019 yang hanya dimulai dari 5.000 produk.

UMKM ekspor

Sesi Talkshow di kegiatan Pertumbuhan Ekspor Shopee di Sepanjang Tahun 2020

Radityo Triatmojo, Head of Public Policy and Government Relations, mengatakan gerakan Shopee Bersama UMKM sepanjang tahun 2020 dan program ekspor “Dari Lokal untuk Global” merupakan awal dari inovasi Shopee untuk para UMKM binaannya.

Baca juga: Kesadaran UMKM Terhadap Hak Kekayaan Intelektual Masih Rendah

“Kami berharap perkembangan program ekspor yang merupakan salah satu fokus penguatan UMKM di masa sulit ini dapat terus didukung oleh berbagai instansi pemerintahan terkait, dan senantiasa berlangsung dengan optimal hingga seterusnya,” katanya.

Pada tanggal 25-27 Desember mendatang, Shopee akan menggelar kampanye Shopee Gajian Sale dimana banyak dipasarkan produk – produk UMKM lokal. Penawaran yang diberikan antara lain Gratis Ongkir RP0, Flash Sale Serba 60RB dan Cashback Kilat s/d 250rb.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top