Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

UMKM Go Ekspor, Tembus Pasar Asia Tenggara Secara Online

Marketing.co.id – Berita UKM | Shopee terus mendorong keberlangsungan bisnis UMKM binaannya melalui berbagai program lanjutan yang disinergikan dengan instansi pemerintahan.

Baca Juga: Solusi Ekspor bagi UKM Indonesia

Melalui kolaborasi tersebut, ratusan UMKM yang dibina Bank Indonesia, berbagai Kementerian dan pihak instansi pemerintahan terkait lainnya berhasil melakukan ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Inisiasi gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, tidak hanya diinisiasi untuk fokus ke promosi produk lokal dalam negeri, tetapi juga bagaimana produk lokal dapat secara luas mencakup jangkauan Asia Tenggara.

Baca Juga: Pluang Tawarkan Akses Investasi ke Bursa Pasar Global

Menteri Perdagangan Republik Indonesia Agus Suparmanto mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, UMKM diharapkan mampu memainkan perannya sebagai penopang perekonomian bangsa, ikut serta menggerakkan ekonomi, dan menjaga daya beli masyarakat. UMKM harus bisa menangkap peluang ketika terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat dengan adanya kebijakan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Nilai konsumsi dalam negeri yang besar dapat memberikan kontribusi dan membantu UMKM untuk tetap bertahan, beradaptasi, bahkan berkembang dalam situasi kebiasaan baru,” ujar Mendag Agus.

Baca Juga: Faktor Yang Perlu Diperhatikan UKM Sebelum Go Internasional

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dalam kegiatan Pameran Karya Kreatif Indonesia 2020 mengatakan, “Bank Indonesia (BI) akan terus bersinergi mendukung Pemerintah mendorong UMKM menembus pasar global melalui 4 (empat) fokus utama. Pertama, sinergi diplomasi ekonomi, Kedua, memastikan ketersediaan dan kesesuaian produk UMKM dengan menjaga kontinuitas dan kualitas produk. Ketiga, mendorong kemudahan dalam regulasi. Keempat, melakukan digitalisasi pemasaran (marketing dan showcasing).”

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top