Sentuhan Ritel MoEngage Tingkatkan Transaksi Bulanan Pelanggan Alfagift

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Techno | Alfagift, divisi digital Alfamart yang menyediakan belanja ritel dan keanggotaan secara online dan offline, telah bermitra dengan MoEngage untuk menghadirkan pengalaman ritel terhubung yang mulus dan lebih intuitif untuk para pelanggan. Melalui kemitraan ini, Alfagift telah mengalami peningkatan sebesar 45% dalam basis transaksi bulanan pelanggan dan tingkat retensi 75% dari H0 ke H90.
“Kami membangun Alfagift karena kami menyadari adanya peluang besar untuk menghadirkan pengalaman berbelanja baru melalui solusi omnichannel dan footprint yang luas bagi anggota setia kami,” kata.
“MoEngage memungkinkan kami untuk meningkatkan visi Alfagift dan memberikan pengalaman belanja yang relevan dan personal bagi pelanggan, terutama karena e-commerce terus berkembang pesat. Kami telah mampu mempertahankan lebih dari 50% pelanggan melalui aplikasi, yang memberikan hasil signifikan bagi brand kami. Hal ini menunjukkan bahwa apa yang kami lakukan berhasil, dan kami bertujuan untuk membangun pendekatan ini,” ungkap Erick Alviyendra, Head of IT, Global Loyalty Alfagift.
Alfagift ingin meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memungkinkan pelanggan berbelanja dari mana saja dan kapan saja. Alfagift diluncurkan dengan visi untuk menjadi aplikasi e-commerce untuk para pelanggan setia, serta memungkinkan pelanggan untuk merasakan pengalaman belanja pribadi. Sederet manfaat akan diperoleh pelanggan yang berbelanja melalui Alfagift seperti diskon, loyalty point, serta produk yang lebih beragam seperti di toko fisik Alfamart. Saat ini, Alfagift menjadi salah satu dari 10 aplikasi teratas di Indonesia, dengan lebih dari 10 juta unduhan di Android dan iOS.
Baca juga: ShopeePay Gandeng Indomaret Perluas Jangkauan Pembayaran Digital
Namun, dengan basis pelanggan aktif yang berkembang, pengaturan manual dari proses keterlibatan pelanggan terdahulu terbukti cukup rumit dan belum sempurna. Hal ini menyebabkan kesenjangan dalam menganalisis jumlah Pengguna Aktif Harian (DAU) dan Pengguna Aktif Bulanan (MAU), yang pada akhirnya menyebabkan penurunan dan penghapusan aplikasi seluler.

Dengan visi untuk membuat Alfagift lebih intuitif dan relevan bagi pelanggan, Alfagift bermitra dengan MoEngage dan merancang strategi keterlibatan pelanggan berbasis wawasan. Kemitraan ini akan meningkatkan keterlibatan dan retensi pelanggan pada aplikasi dengan menciptakan perjalanan pelanggan: Menggunakan Alur MoEngage, memungkinkan pelanggan Alfagift untuk terlibat di setiap langkah perjalanan pembelian mereka. Alfagift melihat adanya 29% peningkatan dalam perjalanan pemasangan aplikasi hingga pendaftaran.
Manfaat lain kemitraan tersebut meningkatkan Pengguna Aktif Harian (DAU) dan Pengguna Aktif Bulanan (MAU) dengan mendorong adopsi dan menawarkan komunikasi berbasis perjalanan yang relevan di berbagai saluran: Dengan menggunakan strategi keterlibatan yang intuitif dan gesit dengan campuran saluran berdasarkan tahap tindakan dan perjalanan, Alfagift meningkatkan DAU menjadi 214 ribu dan MAU menjadi 1,4 juta. Secara keseluruhan, tim Alfagift mengamati adanya lompatan 2 kali lipat dalam pemasangan aplikasi baru dengan peningkatan 45% di DAU.
Baca juga: Tren Belanja Online Naik, Pelanggan Harus Makin Cerdas dalam Berbelanja
Strategi keterlibatan pelanggan berbasis wawasan yang dirancang kedua pihak juga memperkuat kerekatan aplikasi dengan menawarkan diskon yang relevan menggunakan wawasan dan preferensi belanja: Alfagift bekerja sama dengan MoEngage untuk menyoroti manfaat terkait loyalitas seperti poin, stempel, dan voucher untuk membeli produk apa pun. Hasilnya, Alfagift dapat mempertahankan 75% pelanggan dari H0 hingga H90.
“Ketika industri e-commerce semakin terus berkembang, sangat penting bagi brand seperti Alfagift untuk menonjol dari kerumunan melalui pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi dan seamless serta bermakna dan relevan. Kami merasa terhormat dapat bermitra dengan brand inovatif seperti Alfagift, yang mengutamakan customer-centricity dalam strategi bisnis mereka. Keterlibatan berbasis wawasan akan menjadi jalan ke depan dalam ekonomi digital, dan kami berharap dapat memperkuat kemitraan kami dan memungkinkan Alfagift mencapai tingkatan yang lebih tinggi,” kata Saurabh Madan, General Manager SEA dan ANZ, MoEngage.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here