Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Jumpstart, penyedia smart coffee machine untuk klien B2B, hari ini merayakan hari jadinya yang ke-6 dengan meluncurkan inovasi terbaru, NOD (Never Ordinary Device), yaitu mesin kapsul pintar pertama di Indonesia yang menyajikan berbagai minuman otomatis sesuai preferensi konsumen.
Peluncuran NOD merupakan langkah strategis untuk memperluas pangsa pasar ke segmen B2C dengan memberikan pengalaman secara personal dan praktis. Berbagai pilihan minuman mulai dari kopi, teh, herbal dan susu, tersedia melalui mesin ini untuk konsumen Indonesia.
Brian Imawan, CEO JumpStart, menjelaskan, “Sejak hadir pada tahun 2018, JumpStart telah mencatat pertumbuhan signifikan. Dari 454 mesin pada tahun pertama hingga lebih dari 4.000 unit tersebar di berbagai kota di Indonesia pada tahun 2024. NOD kami perkenalkan sebagai ‘personal barista at home’ agar masyarat bisa bereksplorasi dengan pilihan minuman favorit mereka.”
Mesin pintar ini adalah satu-satunya di Indonesia yang tak hanya menyajikan kopi, tapi juga minuman non-kopi seperti teh, minuman herbal, dan susu. Teknologi canggih yang disematkan memungkinkan pengguna mengoperasikan melalui satu sentuhan saja.
Tak hanya itu saja, fitur self-cleaning sangat membantu karena pengguna tidak perlu lagi repot-repot membersihkan mesin ini setelah pembuatan minuman. Sebagai pilihan, NOD menghadirkan 13 varian minuman kopi dan non-kopi.
Dalam acara ini pula JumpStart menggandeng Espresso Embassy Coffee Roaster, untuk memperkenalkan Strawberry Alien, yaitu kopi unik dari Kolombia yang diproses dengan fermentasi honey wine yeast dan strawberry infusion, sebagai salah satu varian NOD.
Sebagai bagian dari komitmen terhadap keberlanjutan, JumpStart menggandeng Mortier untuk mengolah limbah plastik dari kapsul bekas NOD menjadi berbagai produk rumah tangga, seperti tatakan gelas (coaster), kacamata, meja dan furnitur kecil.
Hian Tjen, Fashion Designer Indonesia (kedua dari kanan, baju orange). JumpStart Indonesia meluncurkan inovasi terbaru, Never Ordinary Device (NOD), mesin kapsul pintar pertama di Indonesia, yang diluncurkan bertepatan dengan hari jadi JumpStart yang ke-6 di Jakarta (29/10). Foto: marketing.co.id/lialily.
Hian Tjen, seorang desainer ternama, turut serta berkolaborasi untuk menciptakan gaun couture berbahan plastik daur ulang kapsul NOD, sebagai simbol komitmen JumpStart terhadap sustainable fashion.
“Melalui mesin pintar ini, kami ingin menyediakan platform yang mendukung UMKM karena negara ini kaya akan rempah-rempah dan bahan lokal yang beragam. Ini adalah bagian dari komitmen terhadap keberlanjutan, yang juga bertujuan untuk mendukung budaya lokal, sekaligus menghadirkan #makeyourjoy bagi setiap konsumen.” tutup Brian
Marketing.co.id – Berita Marketing | Bagi banyak anak muda, terutama dari generasi Millennial dan Gen Z, memiliki rumah sendiri sering kali terasa seperti mimpi yang sulit digapai. Menurut survei Populix tahun 2023, sebanyak 61% anak muda di Indonesia berusia 24-39 tahun masih berjuang untuk mewujudkan impian memiliki rumah rumah sendiri.
Alasannya beragam, mulai dari belum mampu secara finansial, harga rumah yang terus meningkat, hingga gaji mereka yang belum cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar maupun gaya hidup. Berbagai faktor tersebut membuat impian untuk memiliki rumah sendiri ini tampak semakin jauh.
Namun, tiga sosok muda yang berprofesi sebagai mitra driver Gojek telah membuktikan bahwa impian memiliki rumah tidaklah mustahil. Melalui program Swadaya Gojek, Sugianto, Soni, dan Bima berhasil memiliki rumah idaman mereka masing-masing tahun ini. Ketiganya berasal dari daerah yang berbeda, namun memiliki tujuan yang sama, yakni ingin memberikan tempat tinggal yang layak dan nyaman bagi keluarga mereka.
“Sejak 2022, program KPR Subsidi hadir untuk menjembatani para mitra kami yang sebagian besar belum tersentuh produk perbankan (unbanked) mewujudkan mimpi memiliki hunian sendiri dan memiliki masa depan yang lebih baik. Setelah membantu mitra driver di Solo, tahun ini kami membantu sembilan mitra driver di wilayah Bogor, Semarang, dan Yogyakarta untuk memiliki hunian sendiri,” ujar Gede Manggala, Head of Region and External Affairs Gojek.
Gede menambahkan, mitra yang eligible dan memiliki performa baik akan mendapatkan undangan untuk kemudian diverifikasi oleh pihak Bank BTN. Hingga saat ini, sudah ada puluhan mitra driver yang terfasilitasi oleh program KPR Subsidi dari Gojek. “Gojek percaya dari langkah kecil yang kami rintis ini, akan semakin membuka jalan bagi jutaan mitra kami di seluruh Indonesia untuk dapat memiliki hunian yang diimpikan,” tambah Gede.
Program KPR Subsidi yang didesain khusus untuk mitra Gojek ini merupakan bagian dari Gojek Swadaya, yang bertujuan mengurangi hambatan operasional dan meningkatkan kesejahteraan mitra serta keluarganya. Gojek menggandeng PT Bank Tabungan Negara (BTN) untuk menyediakan KPR Bersubsidi dengan suku bunga rendah dan cicilan terjangkau.
Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulumenyampaikan latar belakang kerja sama dan mengapresiasi kolaborasi strategis dengan Gojek yang membantu terwujudnya pembangunan rumah layak huni dengan harga terjangkau kepada masyarakat dari sektor informal.
“Kolaborasi strategis ini merupakan salah satu strategi percepatan penyaluran KPR bersubsidi khususnya KPR Sejahtera BTN, yang memang dikhususkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR, yang selama ini sulit dijangkau, seperti pekerja sektor informal, pedagang pasar, hingga anak muda milenial yang baru masuk dunia kerja. Untuk itu, kolaborasi bersama Gojek tentu memudahkan kami menjangkau para mitra driver Gojek yang sehari-harinya melakukan pekerjaan yang sangat luar biasa mulia, penghasilannya pun jelas, dan dapat mendorong target jutaan masyarakat memiliki rumah layak huni,” kata Nixon.
Nixon menambahkan, sektor informal menjadi perhatian BTN, ini dibuktikan dengan penyaluran KPR Sejahtera ke pekerja informal mulai menanjak. “Kami menargetkan tahun ini angkanya lebih besar lagi. BTN berharap kerja sama ini berjalan di seluruh wilayah potensial di mana Gojek beroperasi. Secara angka, kami harap terus mengalami peningkatan jumlah mitra driver yang dapat kami bantu mewujudkan mimpinya,” katanya.
Nixon menilai, Program KPR Sejahtera dapat menjadi salah satu ujung tombak untuk menyukseskan Program 3 Juta Rumah yang diinisiasi oleh Pemerintahan baru di bawah Presiden Prabowo Subianto.
Kolaborasi ini juga merupakan bagian dari komitmen Zero Barriers (Nol Hambatan) Gojek untuk mengurangi hambatan sosial dan ekonomi mitra driver, sehingga menciptakan peluang yang berkelanjutan dan beragam agar segera naik kelas.
Berikut adalah tiga kisah inspiratif dari mitra driver Gojek yang telah mewujudkan impian memiliki rumah.
Sugianto: dari Pekerjaan Sampingan hingga Siap Pindah ke Rumah Baru
Salah satu mitra driver Gojek yang berhasil mewujudkan mimpi untuk memiliki rumah, Sugianto, bersyukur mendapatkan kesempatan program KPR Subsidi dari Gojek. Pria asal Bogor yang juga pengemudi GoRide tersebut tak menyangka akan mendapatkan notifikasi undangan mengikuti program KPR Subsidi dari Gojek.
“Saya senang sekali, kapan lagi dapat tawaran ini dari Gojek, kesempatan itu nggak datang 2 kali. Sudah lama saya ingin punya rumah, karena sebelumnya saya dan keluarga tinggal ngontrak atau menumpang di rumah orang tua. Alhamdulillah, sekarang impian saya tercapai dan nantinya saya bersama istri dan kedua anak saya akan menempati rumahnya,” kata Sugianto
Bergabung dengan Gojek sejak 2017, Sugianto awalnya menjadikan pekerjaan ini sebagai sampingan, sembari bekerja di restoran cepat saji. Namun, pada 2019, ia memilih fokus penuh sebagai mitra GoRide hingga saat ini. Rencananya Sugianto akan menempati rumah di kawasan perumahan Graha Arraya, Bogor pada akhir tahun 2024.
2. Soni: Sholawat dan Kerja Keras Antar Soni ke Rumah Impiannya
Kisah lain datang dari mitra driver Gojek asal Semarang, Soni Yuliawan, yang sejak menikah telah bermimpi memiliki rumah sendiri bersama istrinya. Sebelum menjadi mitra driver Gojek secara penuh, Soni bekerja di salah satu hotel di Semarang sebagai concierge front office.
Pada 2018, Soni memutuskan untuk bekerja sebagai mitra driver GoCar secara penuh karena fleksibilitas waktu yang ditawarkan. Soni memiliki target pendapatan tersendiri dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan keluarga, operasional kendaraan, BPJS, hingga cicilan rumah KPR. Menurut pria berusia 35 tahun tersebut, skema cicilan harian KPR dengan memotong langsung saldo sangat membantu dirinya konsisten membayar rumah impiannya.
“Sebelum dapat undangan KPR, saya dan anak saya sudah sering melewati rumah di Purworejo tersebut dan merasa kagum, jadi kita sholawatin supaya punya rumah. Tidak menyangka saya sekarang bisa membeli rumah itu, semua berkat bantuan Gojek. Prosesnya juga mudah dan cepat sekali, kurang dari 1 bulan sudah serah terima kunci, kalau bukan karena program ini mungkin prosesnya bisa berbulan-bulan,” kata Soni.
3. Bima: Anak Muda yang Sukses Miliki Rumah di Usia 23 Tahun
Screenshot
Bima Arya Pamungkas, seorang mitra GoRide asal Bantul, Yogyakarta, tak pernah gentar menghadapi tantangan memiliki rumah di usia muda. Meski baru berusia 23 tahun, semangat dan ambisinya telah membawanya ke rumah impian.
Bima merupakan mitra driver Gojek kelahiran 2001 yang sehari-hari berangkat ke kota Yogyakarta dari jam 7 pagi untuk menerima pesanan GoRide, GoFood, maupun GoSend. Sejak duduk di bangku SMP, Bima merupakan seorang pekerja keras dengan bekerja sebagai pramusaji hingga menjadi pengrajin patung, usaha milik tetangganya agar memiliki uang jajan. Selain itu, Bima juga berprestasi dalam bidang non-akademik, dirinya merupakan atlet angkat besi sejak SMP hingga SMK dan telah memenangkan lima medali emas di Kompetisi Olahraga Pelajar Daerah (Kopda) maupun Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA).
Sejak muda, Bima sudah berambisi untuk memiliki rumah sendiri, “Suatu saat saya akan berkeluarga, maka punya rumah itu penting buat saya. Tidak ada warisan juga dari orang tua jadi harus mencari dan usaha sendiri. Saat sedang mencari rumah, saya diberi tahu ada program KPR Subsidi dari Gojek. Saya sangat bersyukur impian saya dapat tercapai dan dimudahkan oleh fasilitas dari Gojek ini” jelas Bima.
Marketing.co.id – Berita Lifestyle | TOMORO COFFEE merayakan pencapaian signifikan dengan berhasil menjual 40 juta cup kopi selama tahun 2023. Keberhasilan ini dicapai melalui ekspansi pesat sehingga memiliki lebih dari 600 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.
Sebagai langkah strategis untuk memperkuat posisinya di pasar, TOMORO COFFEE memperkenalkan Maudy Ayunda sebagai TOMORO Empowering Officer. Selain itu, TOMORO COFFEE meluncurkan jingle brand terbarunya yang berjudul “See You TOMORO,” yang dinyanyikan oleh Maudy, serta varian baru dari produk unggulan mereka, TOMORO Cloud Series, dengan edisi Celtic Cloud Series.
CEO TOMORO COFFEE Indonesia, Super Wang, mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian tersebut. “Di tahun 2023, kami berhasil menjual 40 juta cup kopi. Pencapaian ini tidak hanya mencerminkan dedikasi kami dalam menghadirkan kopi berkualitas tinggi, tetapi juga dukungan luar biasa dari TOMMUNITY. Setiap cup yang terjual adalah bukti komitmen kami untuk terus menyajikan pengalaman kopi yang unik dan tak terlupakan,” katanya.
Melalui peluncuran Maudy Ayunda sebagai TOMORO Empowering Officer, TOMORO COFFEE berharap dapat menginspirasi generasi muda untuk mengejar impian dan melampaui batasan. Maudy, yang dikenal sebagai penyanyi, aktris, dan aktivis pendidikan, memiliki nilai yang sejalan dengan visi TOMORO COFFEE dalam memberdayakan masyarakat.
“Nilai-nilai yang diusung oleh TOMORO COFFEE ini sejalan dengan value yang saya pegang. Kami berharap bisa menginspirasi lebih banyak orang, khususnya generasi muda, untuk berani bermimpi dan mengejar tujuan mereka. Brand jingle “See You TOMORO” didedikasikan untuk mendorong individu agar selalu menjadi versi terbaik dari diri mereka. Kampanye ini tidak hanya tentang penjualan, tetapi juga menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” ujar Maudy.
TOMORO COFFEE juga meluncurkan varian terbaru dari produk unggulan TOMORO Cloud Series, yaitu Celtic Cloud Series. Varian ini menawarkan pengalaman rasa yang unik, menggunakan bahan-bahan premium seperti milk foam spesial yang memberikan tekstur lembut dan seimbang.
R&D Manager TOMORO COFFEE, Allan Christo, menjelaskan, “Cloud series terinspirasi dari awan yang lembut dan manis. Untuk Celtic Cloud Series, kami menambahkan sirup Celtic yang diracik khusus, terinspirasi dari cita rasa Irlandia yang creamy dengan sentuhan kacang dan coklat karamel. Celtic Cloud Series terdiri dari tiga varian, yaitu Celtic Cloud Latte (varian kopi), Celtic Espresso Shaken (varian kopi), dan Celtic Cloud Chocolate (varian non-kopi).
TOMORO COFFEE berencana untuk membuka 1000 gerai baru dan mengembangkan pasar internasional, khususnya di Asia Tenggara. Saat ini, TOMORO COFFEE telah membuka gerai di beberapa lokasi di luar Indonesia, termasuk Singapura, Filipina, dan Shanghai. Di tahun 2025, mereka berencana untuk membuka gerai di Malaysia, Kamboja, Vietnam, dan Thailand.
Marketing.co.id – Berita UMKM | J&T Express baru saja merampungkan rangkaian inkubasi bisnis J&T Connect Preneur dengan lebih dari 300 seller pendaftar di seluruh Indonesia. Digarap secara daring selama 2 bulan, program ini menetapkan 10 seller terbaik yang memenangkan modal usaha sebesar 300 juta rupiah dan berkesempatan hadir pada J&T Connect Preneur Summit di Desember mendatang.
Dari 330 pendaftar, J&T Express bersama UCoach, mitra penyedia layanan jasa Business Coaching dan Training mengkurasi Top 100 seller berdasarkan kriteria inovasi, potensi pasar, kesiapan produk, dan product market fit.
Kuliner, pakaian, dan kecantikan merupakan tiga kategori bisnis yang mendominasi Top 100 seller. Setelah mengikuti 10 kelas daring, mereka diseleksi untuk menjadi Top 10 berdasarkan keaktifan selama inkubasi, pengerjaan tugas, keaktifan di luar program, penilaian product market fit, dan penilaian prospek bisnis.
Salah satu pemenang Top 10, Dasilva Batik, memiliki spesialisasi di produk jaket batik sebagai alternatif penggunaan batik selain kemeja yang dapat digunakan di segala acara.
Daftar Pemenang Top 10 J&T Connect Prenenur Business Competition
“terima kasih kepada J&T Express telah menyediakan wadah belajar untuk kami. Program ini membuat Dasilva Batik bertumbuh dan berkembang untuk menjadi lebih siap lagi menghadapi tantangan bisnis kedepan.” ujar Claudino Da Silva, Pemilik Dasilva Batik.
Keberhasilan dari inkubasi bisnis J&T Connect Preneur ini dinilai dari 4 aspek performa usaha bisnis seperti omset, pembeli, peningkatan engagement media sosial, dan pemahaman business model.
Berdasarkan pitch deck bisnis yang dikirimkan oleh peserta, keempat aspek tersebut mengalami peningkatan. Salah satu seller bahkan mengungkapkan mengalami peningkatan omset lebih dari 70% dibandingkan sebelum adanya pendampingan.
“Selamat kepada para 10 pemenang kompetisi bisnis J&T Connect Preneur. Ini adalah kesekian kalinya J&T Express mengadakan kegiatan bagi para UMKM. Sesuai dengan semangat tahun ini yakni #JadiBisa, J&T Express ingin mendorong perkembangan pelaku UMKM lewat program-program pemberdayaan yang manfaatnya dapat dirasakan secara langsung,” ujar Herline Septia, Brand Manager J&T Express.
Selain mendapatkan bantuan modal usaha sebesar 300 juta rupiah, J&T Express akan mengundang para Top 10 seller untuk bergabung pada konferensi bisnis terbesar pertama persembahan J&T Express yakni J&T Connect Preneur Summit di 3 Desember mendatang.
Marketing.co.id – Berita Digital | Moxa, sebuah platform wealth tech app besutan PT Astra Kreasi Digital dari Astra Financial, melaporkan kenaikan pada Q3 2024 lebih dari dua kali lipat dibandingkan Q3 2023 untuk pertumbuhan gross merchandise value (GMV) sebesar 137%.
Moxa yang,merupakan platform wealth tech app dari Astra Financial yang menyediakan solusi keuangan pelanggan di setiap fase kehidupan, mencatatkan pertumbuhan gross merchandise value (GMV) sebesar Rp 1,04 triliun, mengalami peningkatan 137% dibandingkan kuartal III-2023 yang mencapai Rp438 miliar (24/10). Foto: Ist.
Capaian tersebut berasal dari jumlah transaksi dalam aplikasi Moxa yang tumbuh sebesar 216% atau 107.539 transaksi pada kuartal III-2024. Partisipasi Moxa dalam Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2024 berhasil mencatatkan peningkatan pengguna baru sebesar 99% (yoy) atau lebih dari 4.300 pengguna.
Lim Lizal Santoso, CEO Moxa menyatakan, “Salah satu strategi yang kami terapkan adalah Kampanye #SemuaMulaiDariMoxa. Hal ini merupakan komitmen kami untuk memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memulai perjalanan finansial yang lebih baik, praktis, aman dan relevan bagi setiap pelanggan dalam satu aplikasi.”
Pada tahun 2024, platform ini banyak meluncurkan berbagai layanan baru, termasuk penambahan 37 produk Moxa Reksa Dana yang berkolaborasi bersama PT Mandiri Sekuritas untuk memberikan lebih banyak pilihan investasi.
Marketing.co.id – Berita Lifestyle | ELFBAR mengumumkan pembentukan dewan penasihat di Inggris. Dewan ini bertujuan untuk memberikan nasihat strategis kepada merek-merek terkait dengan tantangan dan operasi di pasar vaping.
Anggota dewan penasihat terdiri dari para ahli dengan pengalaman senior di berbagai bidang, termasuk pemerintahan, profesi medis, dan penegakan hukum. Tugas mereka adalah memberikan panduan mengenai berbagai aspek operasional, termasuk isu-isu penting yang berkaitan dengan vaping dan kesehatan masyarakat.
Victor Xiao, Wakil Presiden Global ELFBAR dan LOST MARY, menyatakan, “Pembentukan dewan penasihat ini adalah pencapaian penting dalam operasional global kami. Ini mencerminkan komitmen kami sebagai pemimpin pasar yang bertanggung jawab di sektor vaping dan upaya kami untuk mengeksplorasi peran produk vaping dalam menghentikan kebiasaan merokok.”
Xiao menambahkan, bahwa dewan ini juga akan mengatasi tantangan terkait vaping di kalangan anak muda, dampak lingkungan, dan perdagangan ilegal. “Kami ingin membawa mekanisme ini ke pasar global lainnya, termasuk Indonesia. Dewan penasihat Inggris terdiri dari individu-individu berpengalaman yang berasal dari latar belakang yang beragam,” ungkapnya.
Di Inggris, ELFBAR dan LOST MARY telah aktif menyerukan penjualan vape yang lebih bertanggung jawab. Mereka mendukung peraturan yang lebih ketat, termasuk skema perizinan ritel untuk produk vape, pajak vape yang proporsional, dan larangan penggunaan gambar serta bahasa yang tidak pantas pada kemasan.
Kedua merek juga mendesak adanya perlindungan dalam pemajangan produk vape di toko, meningkatkan kewenangan Badan Pengatur Obat-obatan dan Produk Kesehatan (MHRA), serta menambah sumber daya untuk Standar Perdagangan guna menyelidiki ketidakpatuhan.
“Sebagai pelaku usaha global yang bertanggung jawab, kami berkomitmen untuk mematuhi semua peraturan lokal di pasar tempat kami beroperasi,” kata Xiao.
Marketing.co.id – Berita Otomotif | Untuk mendorong penjualan motor listrik, Pemerintah beberapa waktu lalu mengeluarkan kebijakan insentif sebesar Rp7 juta. Bagi masyarakat yang ingin membeli motor listrik bisa menikmati potongan harga sebesar Rp7 juta. Katakanlah masyarakat ingin membeli sepeda motor listrik seharga Rp13 juta, maka mereka cukup merogok kocek Rp6 juta, karena sisanya yang Rp7 juta disubsidi oleh Pemerintah.
Kebijakan tersebut berdampak positif pada penjualan motor listrik di tanah air. Penjualan motor merek United E-Motor dilaporkan melonjak berkali-kali lipat. Namun kini masyarakat dan produsen tidak bisa lagi menikmati insentif itu, karena kuota penjualannya sudahhabis. Total ada sekitar 60.700 unit motor listrik yang terjual dengan skema subsidi.
Direktur Utama PT SBI TBK, Andrew Mulyadi mengakui penjualan motor listrik agak tersendat pasca berakhirnya insentif. “Sebenarnya tahun ini kalau subsidinya tidak dicabut peningkatannya luar biasa sekali. Waktu masih ada subsidi dari Pemerintah peningkatan penjualan United E-Motormencapai 1000 persen,” tutur Andrew yang ditemui pada Public Expose 2024, Selasa (29/10) di Alam Sutera.
Andrew mengakui bahwa penjualan motor listrik masih bergantung dengan kebijakan subsidi Pemerintah. Padahal dari sisi harga, harga motor listrik sangat kompetitif dibandingkan dengan harga motor konvensional. “Kita lihat harganya ada yang Rp13.200.000, dibandingkan dengan motor konvensional, ini masih lebih murah dan canggih,” tandasnya.
Namun dia menampik jika dikatakan masyarakat masih ragu untuk membeli motor listrik. Masyarakat, lanjut dia, hanya perlu diedukasi lebih gencar lagi agar mengetahui apa saja yang menjadi keunggulan motor listrik. “Masyarakat banyak yang belum pernah mencoba motor listrik, bagi yang sudah mencoba mereka merasa nyaman menggunakan sepeda motor listrik,” tuturnya.
Dia juga berharap, Pemerintahan baru akan melanjutkan kebijakan insentif motor listrik, sehingga penjualannya bisa kembali bergairah di tahun depan. “Saya lihat Pemerintahan baru lebih mengutamakan produksi dalam negeri, ada concern ke produk dalam negeri seperti penggunaan mobil dinas Maung. Kami berharap Pemerintah baru lebih concern pada produk yang mendukung go green dan industri dalam negeri,” paparnya.
Public Expose PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (PT SBI TBK) dengan kode saham BIKE, Selasa (29/10) di Alam Sutera
Untuk diketahui PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (PT SBI TBK) dengan kode saham BIKE menggelar merupakan perusahaan yang bergerak dalam bisnis perdagangan besar sepeda. PT SBI TBK hingga kini telah memiliki 620 dealer yang tersebar di lebih dari 28 propinsi di Indonesia. PT SBI TBK merupakan pemegang merek sepeda Genio Bike, serta distributor resmi sepeda United Bike dan Avand.
Di tahun 2024, PT SBI TBK resmi menjadi distributor tunggal dari United E-Motor, produk motor listrik lokal besutan PT Terang Dunia Internusa Tbk. “Penunjukan tersebut menjadi bukti eksistensi PT SBI TBK sebagai salah satu market leader di industri sepeda dan motor listrik dalam negeri. Dengan kerja sama ini, kami memiliki kesempatan lebih besar untuk memperluas jangkauan produk sepeda motor listrik United di seluruh Indonesia, sejalan dengan visi kami untuk transportasi berkelanjutan,” ungkap Andrew.
Pada Public Expose kali ini, turut diperkenalkan motor listrik terbaru rilisan United Group, yaitu Avand SC Series yang terdiri dari Avand SC 121 dan SC 122. Kedua tipe motor listrik tersebut telah melewati serangkaian uji coba ketangkasan dan kecepatan di sirkuit balap lewat endurance test yang dilakukan pada akhir September dan awal Oktober 2024, serta telah terbukti kekuatan dan ketahanannya lewat sebuah balap motor listrik pertama yang diselenggarakan oleh United E-Motor, yaitu One Make Race yang digelar pada 13 Oktober 2024 di Sirkuit Karting Sentul.
Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Toshiba Lifestyle Indonesia, produsen elektronik terkemuka, semakin memperkuat komitmennya dalam mendukung gaya hidup sehat di kalangan masyarakat urban melalui peluncuran Toshiba Wellness Day. Acara ini berlangsung selama bulan Oktober 2024 dengan tema #HealthyLifestyleMatters, yang bertujuan untuk mengajak masyarakat berolahraga dan mengenal produk rumah tangga yang mendukung kesehatan.
Setiap akhir pekan, Toshiba mengadakan kegiatan di pusat kebugaran di Jakarta, seperti Bodyfit Kemang, Yoga Fit Kelapa Gading, Breathe Studio Senopati, dan Toma Studio Pondok Indah. Selama acara, peserta tidak hanya berolahraga, tetapi juga mendapatkan informasi tentang produk-produk Toshiba serta mengikuti demo memasak makanan sehat.
Hafizh Maulana, Head of Marketing Communication Toshiba Lifestyle Indonesia, menekankan pentingnya mendukung kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat. “Kami menyasar komunitas yang peduli terhadap kesehatan dan memperkenalkan produk-produk Toshiba yang dapat menunjang gaya hidup mereka,” ungkap Hafizh.
Dalam acara ini, Toshiba menampilkan tiga produk unggulan: kulkas penghilang bakteri, air fryer, dan induction rice cooker. Puput Chandra, Product Manager of Refrigerator Toshiba Lifestyle Indonesia, menjelaskan bahwa kulkas Toshiba memproduksi ion untuk menghilangkan bakteri dan bau, menjaga kesegaran makanan hingga 99%. “Kami membuktikannya dengan menyajikan air kelapa yang tetap segar setelah disimpan di kulkas kami,” jelas Puput.
Edgar Ong, Product Manager of Small Domestic Appliances Toshiba Lifestyle Indonesia, menambahkan bahwa air fryer Toshiba memungkinkan makanan digoreng tanpa minyak tetap renyah. “Suhu yang dapat diatur antara 40℃ hingga 200℃ memastikan hasil yang optimal,” katanya. Air fryer ini juga dilengkapi teknologi fat removal untuk mengurangi lemak dari makanan.
Induction rice cooker Toshiba menjadi sorotan karena kemampuannya menurunkan kadar gula nasi hingga 41%, menjadikannya pilihan ideal untuk pencegahan diabetes. Peserta dapat menikmati Seaweed Rice Ball yang dimasak dengan alat ini, merasakan hasil masakan yang tetap lezat.
Dengan Toshiba Wellness Day, Toshiba Lifestyle Indonesia berkomitmen untuk tidak hanya memperkenalkan produk berkualitas, tetapi juga membangun kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat di kalangan masyarakat urban.
Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Revo Mall mengumumkan pembukaan Mushola Mahabbah di Lantai Lower Ground (LG). Fasilitas ini dibangun oleh Diamond Supermarket sebagai dukungan terhadap perkembangan wisata halal di Bekasi dan ditujukan untuk customer, warga Bekasi, serta pengguna Light Rail Transit (LRT).
Mushola Mahabbah diresmikan oleh PJ Walikota Bekasi, Bpk. R Gani Muhammad S. H., M.AP, dengan tujuan memperkuat aksesibilitas fasilitas ibadah di mall. Didesain dengan sentuhan aesthetic, mushola ini menyediakan ruang ibadah yang nyaman dan luas, lengkap dengan fasilitas wudhu bersih serta area terpisah untuk pria dan wanita. Hal ini diharapkan dapat memudahkan pengunjung dalam menjalankan ibadah saat beraktivitas.
Pembukaan Mushola Mahabbah menunjukkan komitmen Revo Mall dan Diamond Supermarket untuk menyediakan fasilitas ramah bagi komunitas Muslim dan mendukung wisata halal yang semakin populer di Bekasi. Fasilitas ini melengkapi mushola dan masjid yang telah ada di mall, yang sudah digunakan untuk shalat Jumat.
Rendy Renaldy Yusuf, Marketing Manager Group Retail, menyatakan bahwa dengan penambahan fasilitas ini, Revo Mall bertujuan menjadi destinasi utama bagi wisatawan halal di Bekasi. Selain Mushola Mahabbah, mall ini juga semakin banyak memiliki tenant yang menawarkan produk halal, menjadikannya pilihan favorit bagi pengunjung yang mencari pengalaman belanja yang nyaman dan modern.
Marketing.co.id – Berita Retail | Meningkatnya kembali penjualan secara offline di semua sektor perekonomian, membuat Carolina Watch, yang awalnya berbasis di Surabaya, melakukan ekspansi dengan membuka flagship store pertamanya di Jakarta.
Toko yang dibuka di wilayah Tanjung Duren, Jakarta Barat, berada dekat lokasinya dengan sejumlah perguruan tinggi ternama. “Pembukaan ini menandai langkah strategis perusahaan untuk memperluas jangkauan target pasar kami selain di kota Surabaya, Jawa Timur,” ujar Rudy Lautan, Pemilik Carolina Watch, usai pembukaan.
Gerai ini menyediakan jam tangan 100% original dan bergaransi resmi, sambil membangun nama mereka di platform online. Dengan kehadiran di berbagai marketplace, mereka berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk mereka.
Mengadopsi model bisnis O2O (online to offline), Carolina memperhatikan di mana pelanggan melihat produk secara online sebelum mengunjungi toko fisik. Berbagai merek seperti G-Shock, Casio, Seiko, Alexander G dan masih banyak lagi bisa didapatkan disini. Dari banyaknya produk jam tangan, merek G-Shock menjadi yang paling dominan.
Sejak berdiri 24 tahun lalu, Carolina Watch berkomitmen untuk hanya menjual jam tangan resmi, menjauhi barang black market atau palsu. Ini membantu mereka mempertahankan kepercayaan pelanggan. Target pasar mereka bervariasi, mulai dari usia 17 tahun hingga ke atas, dengan rentang harga antara Rp160.000 hingga Rp25.000.000.
Jakarta dipilih sebagai lokasi baru karena tingginya antusiasme pelanggan, terutama di area yang belum memiliki banyak pilihan jam tangan berkualitas.
“Perbandingan penjualan online lebih dominan, yakni sekitar 60-40 persen, Carolina Watch tetap berfokus pada toko fisik untuk memberikan layanan purna jual yang memuaskan,” ungkap Carolina, Co-Founder Caroline Watch.
Catat Kenaikan Pembiayaan Baru 19% QoQ, BFI Finance Optimistis Pertahankan Kinerja Baik Hingga Akhir Tahun 2024
Marketing.co.id – Berita Marketing | Aktivitas perekonomian di kuartal III tahun 2024 dilaporkan mengalami perlambatan karena beberapa faktor, baik domestik maupun global. Berbagai penyebab seperti pelemahan kinerja ekspor yang dipengaruhi melemahnya permintaan global, inflasi, konflik antarnegara yang terus memanas di kawasan Timur Tengah dan Eropa Timur, hingga kenaikan suku bunga mempengaruhi kondisi ekonomi secara nasional.
Kondisi ini semakin diperburuk oleh tekanan domestik seperti kenaikan harga pangan karena dampak fenomena El Nino yang berimbas pada inflasi bahan makanan yang mengurangi daya beli masyarakat, sektor investasi yang tertekan karena faktor geopolitik dan perlambatan ekonomi baik global maupun domestik, serta adanya transisi pemerintahan baru, yang membuat investor cenderung menunggu kepastian.
Di tengah kondisi tersebut, PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) terbukti mampu menjaga kinerjanya yang baik dengan mencatatkan pertumbuhan bisnis sembari membuktikan kelolaan risikonya yang mumpuni, diiringi optimistis menempuh sisa perjalanan menuju akhir tahun.
Di bulan ke sembilan tahun 2024, BFI Finance telah membukukan total aset sebesar Rp24,1 triliun. Nilai aset ini terkontribusi dari total piutang pembiayaan dikelola (managed receivables) sebesar Rp23,0 triliun, atau mengalami kenaikan sebesar 5,0% dibandingkan periode yang sama tahun 2023. Adapun realisasi pembiayaan baru hingga September 2024 dilaporkan mencapai Rp14,2 triliun, atau bertumbuh sebesar 19,1% qoq (quarter-on-quarter).
Perusahaan juga turut melaporkan bahwa nilai piutang dikelola untuk sektor produktif dengan pembiayaan modal kerja dan investasi tercatat sebesar Rp17,9 triliun. Capaian angka ini mencatat kenaikan sebesar 4,1% secara tahunan (year-on-year/yoy) dan mengambil porsi paling besar, yakni 77,8%, dibandingkan sektor konsumtif atau multiguna.
Peningkatan penyaluran pembiayaan ini diimbangi secara apik dengan kecakapan Perusahaan menjaga tingkat pembiayaan macet. Per 30 September 2024, rasio NPF (non-performing financing/NPF) berada di level bruto 1,42% dan level neto 0,27%, dengan rerata industri pembiayaan berada di posisi 2,66% per 31 Agustus 2024. Hal ini menandakan Perusahaan melanjutkan tren dengan rasio NPF yang jauh lebih baik dibandingkan NPF rerata industri.
“Kami berhasil menjaga tingkat NPF konsisten di bawah level 1,5% dan menyediakan cadangan yang mencapai 2,6 kali dari NPF Perusahaan, guna mengantisipasi potensi penurunan nilai di masa depan. Selain itu, Perusahaan juga menjaga gearing ratio yang sangat sehat, yakni sebesar 1,1 kali, jauh di bawah rata-rata industri 2,3 kali. Hal ini menjaga stabilitas BFI Finance dalam berbagai kondisi pasar dan likuiditas yang sangat dinamis” ungkap Sudjono, Direktur Keuangan BFI Finance.
Dari sisi profitabilitas, BFI Finance meraup laba setelah pajak sebesar Rp1,1 triliun hingga triwulan ketiga 2024. Secara kuartalan nilai ini juga mengalami kenaikan sebesar 32,3% dibandingkan kuartal II-2024 (April–Juni). Sementara itu, pendapatan Perusahaan hingga September lalu tercatat Rp4,7 triliun.
Performa positif juga dapat dilihat pada Imbal Hasil Rata-Rata atas Aset (RoAA) dan Imbal Hasil Rata-Rata atas Ekuitas (RoAE) Perusahaan yang masing-masing menempati posisi 7,7% dan 15,1% per September 2024. Raihan posisi ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata peers lainnya, yang masing-masing berada di posisi 5,3% dan 14,5% menurut data OJK per Agustus 2024.
Berdasarkan piutang dikelola, bisnis BFI Finance masih didominasi pembiayaan berjaminan kendaraan roda empat dan roda dua (60,3%), diikuti pembiayaan untuk pembelian unit kendaraan roda empat bekas dan baru (15,8%), pembiayaan alat berat dan mesin (15,1%), pembiayaan jaminan sertifikat properti (4,7%), serta pembiayaan berbasis syariah dan lainnya (4,1%).
“Langkah positif yang dilakukan pemerintah pada kuartal tiga kemarin seperti penurunan suku bunga acuan serta inflasi yang terus dikelola agar terjaga stabil diharapkan mendorong stimulus pertumbuhan hingga akhir tahun. Dengan berbagai langkah strategis dan kelolaan manajemen risiko yang apik, kami tetap dapat menyalurkan pembiayaan sembari menjaga kualitas kredit di tengah persaingan pasar dan dinamika perekonomian saat ini,” ujar Sudjono.
Dari sisi perluasan layanan, tahun 2024 juga menjadi tahun istimewa di mana BFI Finance memberikan lebih banyak ragam pembiayaan untuk masyarakat. Salah satunya adalah saat ini tersedia kredit pembelian rumah seken di Jabodetabek, lewat kerja samanya dengan salah satu situs penjualan rumah terkemuka.
Menutup kuartal tiga, Perusahaan telah menerbitkan Obligasi Berkelanjutan VI Tahap I Tahun 2024 dengan nilai sebesar Rp600 miliar dengan rating ‘AA-(idn)’. Penerbitan ini merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan Obligasi Berkelanjutan VI dengan target dana mencapai Rp6 triliun. Dana hasil penerbitan obligasi, setelah dikurangi biaya emisi, akan digunakan sepenuhnya untuk modal kerja dalam pembiayaan investasi, modal kerja, dan multiguna, kecuali untuk pembiayaan berbasis syariah. Dengan catatan kinerja apik dan persiapan yang matang di kuartal tiga kemarin, Perusahaan optimis bahwa #SelaluAdaJalan untuk dapat membukukan pertumbuhan yang lebih baik lagi.
AI dan Kolaborasi, Kunci Memperkuat Keamanan Siber Melawan Ancaman yang Semakin Canggih
Marketing.co.id – Berita Digital | Seiring pesatnya perkembangan teknologi dan transformasi digital di Indonesia, meningkatnya insiden siber, khususnya serangan ransomware, telah menjadi perhatian serius.
Serangan ini tidak hanya menyebabkan kerugian finansial yang besar namun juga merusak kepercayaan publik terhadap perlindungan data dan keamanan digital. Banyak organisasi, terutama di sektor publik, masih belum siap menghadapi ancaman tersebut,
mengakibatkan dampak yang lebih parah dan proses pemulihan yang lebih lambat.
Country Director Fortinet Indonesia Edwin Lim dalam acara Fortinet Cybersecurity Roadshow mengatakan bahwa keamanan siber merupakan suatu keharusan bagi organisasi mana pun, terutama di sektor publik, karena mereka menangani lebih banyak data pribadi warga negara.
“Di Fortinet, kami berkomitmen membangun kemitraan dan mendorong kolaborasi dengan pemerintah dan sektor swasta. Melalui inisiatif strategis dan program pendidikan, kami berharap dapat memberikan support meminimalisasi kesenjangan keterampilan keamanan siber di Indonesia dan memperkuat pertahanan negara terhadap ancaman siber yang meningkat,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Divisi Kriptografi, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi Bali I Putu Sundika dalam acara yang sama mengatakan, “Di Bali, kami berkomitmen untuk memperkuat posisi keamanan siber kami melalui kebijakan dan praktik strategis yang melindungi sektor publik dan asset digital kami.”
Fortinet Cybersecurity Roadshow menampilkan diskusi mendalam di antara para pemimpin industri, yang menekankan pentingnya memperkuat langkah-langkah keamanan siber dalam menghadapi ancaman yang terus berkembang. Direktur Operasional & TI, PT. Bank Pembangunan Daerah Bali Ida Bagus Gede Setia Yasa menyoroti meningkatnya frekuensi serangan terhadap lembaga keuangan dan menekankan perlunya kolaborasi yang lebih besar antara bank dan regulator untuk meningkatkan kesadaran publik tentang keamanan siber.
I Putu Sundika berbagi prakarsa utama dalam mendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan strategi keamanan siber yang kuat sambil menggarisbawahi pentingnya pelatihan karyawan untuk melindungi diri dari phishing dan serangan rekayasa sosial.
Topik utama lainnya adalah peran teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang terus berkembang dalam keamanan siber, yang dipimpin oleh Filippo Cassini, Global Technical Officer dan Senior Vice President of Consulting Engineering, Fortinet, yang menjelaskan bagaimana AI dapat memprediksi dan memitigasi ancaman siber secara pre-emptif, sehingga mengubah strategi keamanan masa depan.
Diskusi panel juga membahas AI sebagai inovasi penting dan menekankan pentingnya pendidikan berkelanjutan untuk memastikan kemampuan beradaptasi dalam penggunaan alat keamanan berbasis AI. I Putu Sundika pun mendesak para profesional keamanan siber untuk bersikap proaktif dalam mengadopsi AI dalam kerangka kerja mereka, dan semua panelis menegaskan kembali pentingnya praktik terbaik yang berpusat pada manusia, proses, dan teknologi untuk melindungi diri dari ancaman siber yang semakin canggih.
Sepanjang acara, para peserta membahas tentang semakin pentingnya keamanan siber di era digital dan kebutuhan mendesak bagi organisasi publik dan swasta untuk meningkatkan strategi pertahanan mereka. Sesi-sesi tersebut menyoroti tren ancaman siber global dan Indonesia terkini, yang memberikan pemahaman lebih mendalam kepada para peserta tentang lanskap keamanan terkini.
Peserta juga memperoleh wawasan berharga tentang praktik terbaik keamanan siber, yang dipandu oleh solusi komprehensif Fortinet. Sesi interaktif tersebut mendorong peserta terlibat dalam diskusi terkait analisis pelanggaran keamanan di dunia nyata dan berkolaborasi dalam membangun strategi keamanan siber yang efektif. Sesi ini juga menekankan pentingnya mengembangkan kebijakan keamanan yang disesuaikan dengan lembaga pemerintah dan administrasi lokal, sehingga memungkinkan mereka untuk melindungi aset digital mereka dengan lebih baik.
Fortinet Cybersecurity Roadshow Bali 2024 berhasil meningkatkan kesadaran tentang kebutuhan mendesak untuk mengatasi tantangan keamanan siber di sektor publik. Seiring berkembangnya dan meningkatnya ancaman siber, upaya kolaboratif antara pemerintah, sektor swasta, dan pakar keamanan siber seperti Fortinet sangat penting untuk menjaga masa depan digital Indonesia.
Marketing.co.id – Berita UMKM | Banyak brand yang menggunakan skema reward atau hadiah untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Namun, bagaimana mereka memanfaatkan cara ini untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan mereka?
Berikut adalah 7 cara membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan:
Konsisten berkomunikasi dengan pelanggan
Jika pelanggan berhak menjadi bagian dari program reward Anda, maka ingatkan mereka bahwa mereka memiliki keuntungan dan mengaitkan program reward tersebut dengan kebutuhan mereka saat ini. Bekerjalah dengan keras untuk meraih pemahaman dari pelanggan sehingga mereka lebih jelas dan mengerti bahwa mereka sedang diberikan hadiah.
Salah satu waktu yang tepat untuk memulai skema ini adalah pada saat pelanggan melakukan pembelian, karena akan menjadi faktor pendorong dalam proses pengambilan keputusan pembelian mereka.
Relevan
Pastikan reward yang ditawarkan relevan dengan kebutuhan pelanggan. Dalam suasana sekarang, dimana konsumen terus memperketat ikat pinggang (berhemat), brand yang yang sukses dalam melahirkan loyalitas menawarkan diskon yang relevan dalam bentuk produk, potongan harga dan waktu.
Keep in simple
Jangan memperumit program reward karena mengandung resiko. Pelanggan akan enggan untuk terlibat jika prosesnya rumit. Tetaplah konsisten dalam menyajikan penawaran yang memberikan tingkat fleksibilitas besar yang tidak hanya terbatas pada angka dan periode. Ini akan membantu melibatkan pelanggan dengan brand serta membangun hubungan jangka panjang.
Tetap segar
Jaga program reward terus berkembang dan menarik untuk memastikan pelanggan tidak menjadi bosan dengan hal lama yang sama. Isi skema tersebut dengan imbalan atau kesempatan baru bagi pelanggan sehingga Anda dianggap memiliki minat yang sama dengan mereka. Tentunya ini akan meningkatkan pembelian berulang dan membangun loyalitas.
Hal ini juga memberikan kesempatan lebih banyak kepada Anda untuk berkomunikasi dengan mereka sekaligus mempermudah Anda mengumpulkan data yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan komunikasi lebih lanjut ke depan dan akhirnya dapat membantu memperbaiki kinerja bisnis.
Tampil beda
Berikan pelanggan reward dengan sesuatu yang berbeda dari yang lain. Hal ini dimaksudkan agar Anda terlihat lebih menonjol. Memberikan nilai tambah lebih baik dibandingkan dengan memberikan harga murah atau diskon yang tersedia secara bebas di Koran dan situs publik lainnya.
Dengarkan pelanggan
Pelanggan akan merasa lebih terlibat dengan brand jika merasa pendapatnya didengarkan dan ditindaklanjuti. Anda mungkin berpikir bahwa Anda mengetahui apa yang diinginkan dan dikehendaki pelanggan dari sebuah program reward. Namun, sebaiknya Anda tetap melakukan kemunikasi dua arah dengan pelanggan.
Pastikan program menarik dan pertahankan
Hadiah dan bonus merupakan cara yang tepat untuk mendorong pelanggan untuk berbisnis dengan Anda dan terbukti menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Namun, setelah hadiah awal selesai ditawarkan, elemen sekunder akan dibutuhkan untuk menambah elemen retensi atau hubungan.
Sebuah program yang dapat melakukan dua pekerjaan sekaligus dalam satu waktu dapat menghemat banyak waktu dan uang, dan memberikan hasil yang fantastis. Pelanggan akan terlibat dengan penuh loyalitas dalam skema reward ini jika disajikan dengan cara yang relevan dan menawarkan nilai nyata bagi mereka, dan skema yang tepat dapat menjadi instrumen dalam mengubah pembelian pertama pelanggan menjadi hubungan jangka panjang.
Marketing.co.id – Berita UMKM | Saat ini pasar semakin kompetitif, entah bisnis Anda berbasis online maupun offline. Namun, jika ingin sukses dan meraih pangsa pasar, Anda harus membuat produk yang unik dan khas.
Robert Herbold dalam bukunya “Seduced by Success: How the Best Companies Survive the 9 Traps of Winning,” mengatakan, mungkin tidak ada yang lebih penting dalam dunia bisnis daripada menciptakan sebuah produk-produk yang unik dan khas, menarik perhatian, dan up-to-date terhadap pelanggan (mengikuti tren pasar saat ini).
Nah, bila Anda merupakan pelopor atau orang pertama yang masuk dalam kategori bisnis tertentu, sediakan sesuatu yang baru yang dapat membangkitkan gairah dan menarik perhatian pelanggan. Sebab, Anda akan menjadi pemimpin yang dapat menentukan bagi keseluruhan kategori.
Tips Membuat Produk Yang Unik dan Khas:
Riset pasar
Riset pasar merupakan penelitian yang dilakukan untuk membantu tim marketing mengukur potensi pasar, menganalisa luas pasar, menyelidiki karakteristik pasar, menganalisa penjualan, menaksir permintaan produk, menetapkan area penjualan, dan meneliti saluran distribusi.
Riset konsumen
Riset konsumen merupakan studi yang dilakukan perusahaan kepada pelanggan atau calon pelanggan dengan cara mengumpulkan, mencatat dan menganalisa secara sistematis tentang konsumen yang dapat disajikan sebagai masukan yang esensial yang dapat membantu perusahaan membangun strategi marketing untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Strategi marketing
Segmentasi, targeting, dan positioning merupakan elemen penting dalam strategi marketing. Segmentasi adalah kemampuan memilah, mengelompokkan, serta mendiagnosa sistem yang ada sehingga lahir suatu kesepakatan untuk melangkah pada tujuan dari pemasaran. Jenisnya berdasarkan geografis, psikografi, dan tingkah laku.
Sementara itu, targeting adalah proses menyeleksi target market yang tepat untuk memproduksi pelayanan dari perusahaan. Kriterianya adalah ukuran pasar, pertumbuhan, keunggulan komnpetisi, dan situasi pasar. Sedangkan positioning merupakan strategi menguak, mempelajari, memahami dan kondisi emosional konsumen dengan apa yang ditawarkan perusahaan.
Strategi harga
Ingat! pelanggan tidak hanya mencari produk murah, tetapi mereka membeli produk berdasarkan nilai dari produk itu sendiri. Strategi penentuan harga menurut Kotler dan Amstrong (2001) sebagai berikut:
Strategi penetapan harga produk baru, yakni menentukan harga untuk meraup pasar dan penetapan harga untuk penetrasi pasar.
Strategi penetapan harga bauran produk, yakni penetapan harga lini produk. Penetapan harga produk pilihan, penetapan harga produk terkait, penetapan harga produk sampingan, dan penetapan harga paket produk.
Strategi penyesuaian harga, yang terdiri dari penetapan harga diskon dan pengurangan harga, penetapan harga tersegmentasi, penetapan harga psikologis, penetapan harga untuk promosi, penetapan harga murah dan penetapan harga berdasarkan geografik.
Strategi menghadapi perubahan harga, yaitu memelopori perubahan harga, bagaimana bereaksi terhadap perubaha harga.
Buat brand yang simpel dan menarik
Brand yang simpel dan menarik akan mudah diingat dan dikenali pelanggan, sehingga dapat menjadi suatu referensi bagi pelanggan.
Perlihatkan diferensiasi (keunikan) produk
Diferensiasi merupakan inti dari taktik perusahaan untuk mendukung positioning-nya. Ketika positioning tidak didukung diferensiasi, perusahaan akan menjanjikan hal yang berlebihan dan tidak mampu melakukannya. Tentunya, ini akan menghancurkan reputasi brand.
Strategi diferensiasi merupakan upaya perusahaan untuk menyediakan produk dan jasa yang unik dan bermutu tinggi, sehingga dapat mempromosikan reputasi terbaik dan identitas brand yang kuat, biasanya diikuti dengan harga yang premium.
Promosikan
Promosi merupakan upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk dan jasa dengan tujuan menarik calon pelanggan untuk membeli atau mengonsumsinya. Dengan adanya promosi, tentunya produsen atau distributor mengharapkan angka penjualannya akan melonjak.