Meningkatkan Interaksi di Twitter Anda

Marketing.co.id – Apakah Anda berharap mendapatkan interaksi dan retweets di Twitter? Tahukah Anda bahwa pada dasarnya tingkat keterlibatan Anda bisa meningkat dua kali lipat hanya dengan menyertakan sebuah gambar dalam tweets? Atau malah menggunakan lebih dari dua hashtags atau tweeting terlalu banyak secara signifikan akan mengurangi tingkat interaksi Anda?

Twitter merupakan jejaring sosial yang tumbuh paling cepat di dunia. Penggunanya meningkat  40% selama paruh terakhir 2012. Inilah alasan penting bagi bisnis untuk menguasai seluk-beluk Twitter. Sebab, Twitter dapat membantu Anda lebih meningkatkan brand awareness dan menghasilkan tambahan arahan baru.

Inilah beberapa tips dan trik untuk membantu meningkatkan keterlibatan Anda di Twitter seperti retweets dari pengikut, click-through rates (CTR) dan balasan dikutip dari dashburst.com:

Retweets

Sebanyak 78% keterlibatan dengan merek adalah melalui retweets. Meskipun jumlah tweet (cuit) yang dikirimkan per hari terus meningkat, tingkat keterlibatan biasanya kurang. Selain dari retweets, sebanyak 22% lainnya berasal dari balasan (replies).

Interaksi

Sebanyak 92% interaksi dengan tweets merek dilakukan dengan mengklik tautan. Merek biasanya melihat tingkat interaksi (30%) tweeting lebih tinggi terjadi jam 08:00-19:00. Selain itu cuit yang berisi kurang dari 100 karakter juga menerima keterlibatan 17% lebih tinggi dibandingkan cuit panjang.

Sementara cuit yang berisi tautan tingkat interaksinya 86% lebih tinggi daripada yang tidak. Intinya adalah orang sedang menunggu Anda menyediakan mereka tautan untuk mencari informasi terkait.

Tagar

Cuit yang disertai tagar menerima dua kali keterlibatan lebih tinggi daripada yang tidak memilikinya. Cuit dengan satu atau dua tagar memiliki tingkat keterlibatan 21% lebih tinggi dibandingkan dengan tiga tagar atau lebih.

Cuit yang menggunakan lebih dari dua tagar tingkat keterlibatannya menunjukkan penurunan 17%. Jadi menggunakan tagar bisa efektif, hanya jangan berlebihan melakukannya. (Baca juga “ Jangan Sampai ‘Hashtag Makan Tuan’ “)

Cara meningkatkan keterlibatan

Cuit  dengan tautan gambar tingkat keterlibatannya dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang tanpa gambar. Cuit yang meminta pengikutnya untuk retweets menerima dua belas kali retweets lebih tinggi dibandingkan yang tidak memintanya.

Namun, kurang dari 1% dari merek yang menerapkan strategi tersebut. Bahkan, ketika pengikut secara tegas meminta retweets, tingkat retweet-nya rata-rata dua puluh tiga kali lebih tinggi. Bila menggunakan istilah “RT” sebagai gantinya, tingkat retweets hanya sepuluh kali lebih tinggi.

Setiap bisnis dan merek di Twitter memiliki khalayak dan strategi uniknya sendiri untuk berinteraksi. Tidak ada solusi utama untuk merek. Anda harus terus menguji dan menyempurnakan metode dan strategi untuk memilih apa yang terbaik.

Strategi apa yang Anda gunakan untuk meningkatkan interaksi Anda di Twitter?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here