Makin Mengglobal, QRIS DANA Bisa Digunakan di Jepang

0
DANA
Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia sampaikan langkah penting Indonesia dalam sejarah sistem pembayaran nasional Indonesia, melalui perluasan inovasi yang memudahkan masyarakat bertransaksi lintas negara.
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Kehadiran QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) telah menjadi terobosan yang inovatif dalam sistem pembayaran Indonesia. Standardisasi QR Code ini tidak hanya mendorong transformasi pembayaran digital di dalam negeri, tetapi juga memperkuat konektivitas lintas negara. Implementasi QRIS Antarnegara telah memperluas jaringannya ke negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura, bahkan kini merambah ke luar ASEAN, yaitu Jepang.

Diluncurkan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI, DANA kembali berpartisipasi aktif sebagai Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) nonbank pertama yang menghadirkan layanan pembayaran lintas negara di Jepang. Langkah ini mencerminkan komitmen DANA untuk menciptakan sistem pembayaran yang terhubung dan interoperabel di kawasan ASEAN, sekaligus mendukung Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2030.

DANA
Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia sampaikan langkah penting Indonesia dalam sejarah sistem pembayaran nasional Indonesia, melalui perluasan inovasi yang memudahkan masyarakat bertransaksi lintas negara.

Dalam siaran persnya, Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia menyampaikan inovasi fitur QRIS secara berkelanjutan terus dilakukan untuk memperluas akseptasi dan mendukung inklusi ekonomi dan keuangan digital. Hal ini turut dibuktikan dengan kesuksesan volume transaksi QRIS Antarnegara yang mencapai lebih dari 5 juta di tiga negara (Malaysia, Thailand, dan Singapura).

Penerimaan yang positif pada QRIS Antarnegara juga dirasakan oleh DANA. Nilai transaksi QRIS Antarnegara melalui aplikasi DANA menunjukkan pertumbuhan tiga kali lipat YoY untuk 12 bulan berakhir Juli 2025.

“Kami akan terus mendukung implementasi QRIS Antarnegara dengan memberikan pengalaman bertransaksi yang optimal. Tiga upaya kami yaitu dengan memberikan teknologi yang aman, menghadirkan tampilan yang ramah pengguna, hingga memastikan pelayanan pengguna yang terbaik,” ujar Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia.

“Kami akan memastikan pengguna bisa bertransaksi QRIS dengan lancar di negara-negara tujuan dan memaksimalkan kesempatan ini untuk mempercepat inklusi keuangan maupun mendorong pertumbuhan ekonomi digital,” imbuh dia.

Dengan ekspansi ke Jepang, DANA berharap dapat memperkuat posisi Indonesia dalam ekosistem pembayaran digital global, sekaligus membuka jalan bagi kerja sama lintas negara yang semakin erat di masa depan.