Portal Lengkap Dunia Marketing

Marketing

Layanan Prioritas bagi Nasabah Premium

BNI Emerald hadir sebagai layanan perbankan serta investasi eksklusif yang dirancang  khusus sesuai kebutuhan dan keinginan nasabah dalam mendukung masa depan finansial yang lebih kuat dan menguntungkan. 

Bni Emerald

ALwas Kurniadi, Vice President DIvisi Wealt Management PT Bank Niaga Indonesia (Persero) Tbk

Pasar nasabah premium atau nasabah yang memiliki simpanan besar di Indonesia terus bertumbuh. Berdasarkan rilis  World Wealth Report  terkait  High Net Worth Individual (HNWI) di Indonesia, terlihat tren peningkatan jumlah HNWI atau jumlah pemilik kekayaan US$1 juta di Indonesia sebanyak 13,7% di tahun 2016 dengan peningkatan nilai kekayaan sebesar 14,3%.

Besarnya potensi bisnis ini menjadi daya tarik bagi perbankan untuk menggarapnya, termasuk BNI. Pasalnya, peluang untuk mendapatkan fee based income dari bisnis ini cukup besar. Apalagi dana yang dikelola cenderung lebih banyak ke jangka panjang, sehingga memberikan jaminan pertumbuhan bisnis berkesinambungan bagi bank.

Alwas Kurniadi, Vice President Divisi Wealth Management PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, menyebutkan BNI memberikan layanan khusus bagi nasabah premium yang memiliki dana kelolaan (asset under management—AUM) minimal Rp500 juta melalui layanan BNI Emerald.

BNI Emerald menyediakan layanan perbankan, pengelolaan kekayaan dan perencanaan keuangan kepada nasabah individu maupun keluarga, melalui sistem yang menyeluruh dan terpadu yang ditujukan untuk melindungi dan memelihara kekayaan, mengakumulasikan dan mengembangkan kekayaan, serta mentransfer kekayaan kepada generasi selanjutnya.

Alwas mengatakan nasabah BNI Emerald terdiri dari tiga segmen, yaitu BNI Emerald Personal Banking dengan AUM Rp500 juta–Rp5 miliar, BNI Emerald Priority Banking dengan AUM Rp5 miliar–Rp15 miliar, dan BNI Emerald Private Banking dengan AUM di atas Rp15 miliar. “Sampai dengan Juli 2018, BNI Emerald memiliki 71.000 nasabah dengan dana kelolaan mencapai Rp117 triliun,” sebut Alwas.

Dengan menjadi anggota BNI Emerald, maka nasabah akan mendapatkan beragam layanan, seperti Cross Border Service, Diaspora Banking Service, Professional Advisory Service, Individual Client Service, Financial Planning Service, Comprehensive Investment Service, Customised Custody Service, dan Emerald Global Concierge Service.

Dari sisi produk, nasabah akan diberikan akses ke berbagai produk dan jasa standar perbankan, bancassurance, investasi obligasi dan referral transaksi saham, hingga produk derivatif treasury, seperti Depo Swap dan Market Link Deposit bagi nasabah yang memiliki kebutuhan produk yang lebih kompleks.

Sementara dari sisi privilege, selain mendapatkan privilege yang lazimnya diberikan oleh layanan prioritas bank lain, nasabah BNI Emerald dapat menikmati layanan Heli Service dengan diskon hingga 50% dan layanan Hospital Guarantee di luar negeri. Bahkan khusus nasabah Emerald Private Banking akan mendapatkan layanan Airport Limo di bandara di seluruh dunia.

“Berbeda dengan layanan prioritas di bank lain, BNI Emerald merupakan satu-satunya layanan perbankan Indonesia yang memberikan layanan ‘Global Wealth Management’ bagi nasabah melalui Kantor Cabang BNI di London, New York, Singapura, Hong Kong, Tokyo, Osaka, Seoul, dan Myanmar,” sebut Alwas.

Ciptakan Customer Experience

Kendati cukup menjanjikan, menggarap bisnis wealth management punya tantangan yang cukup tinggi lantaran karakter dari para individu nasabahnya. Mereka cenderung untuk tidak memilih hanya satu bank dalam memenuhi kebutuhan pengelolaan kekayaannya.

Menurut Alwas, BNI berkomitmen untuk senantiasa memberikan pengalaman terbaik dan istimewa kepada para nasabah prioritas dalam setiap transaksi yang dilakukan. “Kami percaya dengan mengelola customer experience secara baik akan memperbaiki dan meningkatkan customer engagement dan customer loyalty,” jelasnya.

Selain loyalitas nasabah, tantangan dan kendala lain yang dihadapi dari bisnis wealth management adalah kondisi ekonomi yang fluktuatif dan persaingan bisnis perbankan yang semakin ketat, sehingga agak sulit bagi satu bank untuk mempertahankan pertumbuhan bisnisnya ke depan. Mengingat sumber pendapatan bank berasal dari revenue yang dihimpun dari fee based income dan nett interest income.

Menyikapi kondisi tersebut, BNI telah menyiapkan beberapa strategi di bidang wealth management. Strategi pertama yaitu meluncurkan variasi produk investasi dan melakukan penerapan digitalisasi untuk akses ke produk-produk wealth management untuk mempermudah dan memberikan kenyamanan bagi nasabah BNI Emerald dalam melakukan transaksi dan monitoring portofolio investasinya.

“Kami akan lebih banyak menawarkan produk alternatif kepada nasabah melalui produk-produk yang dihasilkan oleh BNI Group atau sinergi BNI dan anak perusahaan. Pengembangan produk dan layanan serta program retensi yang dilakukan di BNI Emerald selalu dalam kerangka memberikan customer experience yang terbaik bagi nasabah,” ucap Alwas.

Salah satu inovasi teknologi dari BNI Emerald yang sudah ada saat ini antara lain fitur pembelian Reksa Dana secara online dan sudah dua kali initial public offering (IPO) obligasi pemerintah RI, yaitu Saving Bond Ritel seri SBR003 dan SBR004 yang dapat dipesan via internet banking dan mobile banking.

Strategi kedua yakni mengandalkan value preposition BNI sebagai satu-satunya bank nasional yang memberikan layanan global wealth management, dengan mengoptimalkan jaringan kantor cabang luar negeri di tujuh negara. Targetnya dapat menghimpun harta kekayaan segmen nasabah kaya Indonesia untuk dikelola oleh BNI, sehingga diharapkan akan memacu penghimpunan DPK BNI.

Strategi ketiga, meningkatkan terus kapabilitas tenaga relationship manager dan investment specialist terkait layanan global wealth management. Strategi lainnya yaitu mencoba membidik second generation: anak maupun cucu dari para nasabah eksisting. Salah satu langkah yang dilakukan adalah memberikan layanan Overseas Education Assistance untuk membantu para second generation yang akan belajar maupun berkuliah di mancanegara.

 

Moh. Agus Mahribi

 

MM.11.2018/W

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top