Layanan Data Telkomsel Melonjak 300%

Marketing.co.id – Gaya hidup masyarakat sudah semakin digitalize dan mobile, ini terlihat dari peningkatan trafik layanan data yang digunakan. Telkomsel mencatat konsumsi layanan data pelanggan pada saat Tahun Baru 2012 meningkat  hampir 300%, dibandingkan dengan Tahun Baru 2011. Minat masyarakat terhadap Layanan Data ini menjadi arah dan fondasi transformasi industri telekomunikasi seluler di tahun-tahun mendatang.

Trafik layanan komunikasi Telkomsel saat akhir tahun 2011 dan Tahun Baru 2012 mengalami lonjakan yang signifikan. Layanan data mengalami peningkatan tertinggi dibandingkan dengan Tahun Baru 2011, yaitu 280.4% (213 terra bytes). Layanan ini meningkat hampir 100% dibandingkan dengan pemakaian di hari normal 2011.

Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno mengungkapkan peningkatan konsumsi layanan data menunjukkan bahwa arah perkembangan gaya hidup masyarakat akan lebih banyak menggunakan layanan yang berbasis data.

Telkomsel sendiri telah mempersiapkan diri dengan sangat baik dalam proses transformasi bisnis telekomunikasi seluler di Indonesia. “Kami menyiapkan infrastruktur dari sisi jaringan dan inovasi produk-layanan, dengan 44 ribu BTS dan lebih dari 9000 node (BTS 3G). Telkomsel fokus pada pengembangan jaringan 3G/HSDPA/HSPA+. Saat ini kami memiliki 45 broadband city, dan di tahun 2012 kami menargetkan akan memiliki 100 broadband cities.” Tuturnya.

Trafik layanan data tertinggi terjadi di wilayah Jabodetabek (60.6 terra bytes). Sejalan dengan tingginya pemakaian layanan data, layanan MMS Telkomsel juga mengalami peningkatan trafik 2.58 juta MMS atau naik sebesar 1,5 kali lipat dibandingkan dengan hari normal.

Layanan dasar komunikasi (voice dan SMS) turut mengalami lonjakan, di mana trafik voice meningkat hingga1,99 milyar menit (naik 112.6% dibanding trafik di hari normal). Trafik SMS meningkat hingga 1,82 milyar SMS (naik 136%). Trafik layanan SMS tertinggi terjadi di wilayah Jabodetabek (693 juta SMS). Wilayah Indonesia Timur (Sulawesi, Maluku dan Irian Jaya) menggunakan layanan voice tertinggi yaitu sebesar 342 juta menit.

Telkomsel mencatat tingkat rata-rata kesuksesan layanan mencapai lebih dari 97%. Kesuksesan ini dikarenakan menjelang perayaan Natal 2011 dan Tahun Baru 2012, Telkomsel telah meningkatkan berbagai sisi elemen jaringannya secara signifikan, baik dari sisi coverage, kapasitas SGSN (Serving GPRS Support Node), SMSC (Short Message Service Center), kapasitas Layanan Blackberry dan jaringan 3G/HSDPA/HSPA+, MSC (Mobile Switching Center) dan recharge MKios.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here