Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Kotak “Ajaib” Berteknologi UV-C Hadir Membantu Desinfeksi Benda

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | Masih berlangsungnya pandemi Covid-19 makin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kebersihan serta memberikan perlindungan lebih terhadap diri sendiri dan orang-orang tersayang. Berbagai macam pilihan peralatan elektronik untuk menunjang kebersihan peralatan yang kita gunakan seperti kunci, ponsel, mainan dan barang-barang rumah tangga juga semakin banyak. Produk seperti Philips UV-C disinfection desk lamp dan Philips UV-C disinfection box, telah menjadi pilihan para konsumen karena dianggap efektif untuk mendisinfektan peralatan yang sering kita gunakan.

Philips UV-C disinfection box mudah diletakkan dimana saja untuk mendeskinfeksi benda-benda yang erat dalam kehidupan kita sehari-hari. Foto: Ist.

Philips UV-C disinfection box yang berbentuk kotak dengan sudut-sudut yang cantik, membantu konsumen untuk mendesinfeksi benda-benda kecil seperti kunci, ponsel, mainan dan barang-barang rumah tangga lain dalam hitungan menit, tergantung dari pemakaiannya. Adapun beberapa benda kecil yang harus selalu didesinfeksi, guna mengurangi risiko tertular atau menyebarkan virus dan bakteri di rumah yaitu:

  • Ponsel. Barang ini kini menjadi tak terpisahkan dalam keseharian kita, hingga ada istilah lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan ponsel. Ponsel paling tidak harus didesinfeksi sehari atau setiap kali tiba di rumah setelah beraktifitas seharian. Bisa dicoba dengan meletakkan ponsel di dalam kotak UV-C dan desinfeksi selama kurang lebih 3 menit.
  • Kunci, dompet dan kartu. Ketiga barang ini selalu dibawa setiap keluar rumah dan dan selalu disentuh misalnya untuk mengambil uang tunai maupun melakukan pembayaran menggunakan kartu debit. Untuk ketiga barang ini lakukan disinfeksi selama 2-3 menit agar benar-benar terdesinfeksi.
  • Remote kontrol (TV, AC, video game, dll). Mungkin tidak pernah disadari seberapa sering kita menyentuh remote kontrol untuk mengganti saluran TV atau menyesuaikan suhu ruangan atau bermain game dengan asyik hingga beberapa jam. Namun sebelum menyentuh remote kontrol, ada kalanya kita mengambil makanan atau camilan atau ponsel yang belum didesinfeksi. Desinfeksi remote control merupakan salah satu barang yang harus sering dilakukan setidaknya selama 3 menit.
  • Perlengkapan dan mainan bayi atau anak. Untuk peralatan makan bagi anak-anak sebaiknya dilakukan desinfeksi sebelum digunakan. Untuk mainan, berlakukan hal yang sama seperti pada remote kontrol, yaitu lebih sering dibersihkan dan didesinfeksi.

Sedangkan barang-barang yang sering disentuh, masing-masing mempunyai kapasitas berbeda untuk melakukan desinfeksi dan juga jangka waktunya seperti:

  • Tas tangan dan pouch. Berbagai benda kecil seperti dompet, ponsel atau kunci rumah pasti dimasukkan ke tas tangan jika ingin bepergian walau hanya sebentar. Namun demikian, penting rasanya jika tiba di rumah, langsung melakukan desinfeksi barang-barang yang ada di dalam tas tangan dengan cara mengeluarkan semua benda-benda tersebut berbarengan dengan tas itu sendiri. Mengapa demikian? karena barang yang tertinggal di dalam tas tidak akan terdesinfeksi.
  • Laptop. Sangat penting membersihkan permukaan laptop dan keyboard kita secara teratur dan mendesinfeksinya setiap beberapa hari sekali atau setelah menggunakan laptop di luar rumah. Karena ukuran laptop yang agak besar, dapat menggunakan kotak UV-C dengan kapasitas 30L atau 48L untuk desinfeksi dalam keadaan laptop mati dan desinfeksi sekitar 8 menit.
  • Paket belanja online. Paket belanja online yang kita dapat biasanya melalui beberapa titik kontak dari penjual sampai kepada pembeli. Akan lebih baik jika setiap paket yang datang langsung dilakukan desinfeksi serta mencuci tangan setelah menerima paket.
  • Barang belanjaan. Di toko atau pusat perbelanjaan, kita tidak pernah tahu siapa yang saja yang sudah menyentuh produk yang dipajang di toko. Saat tiba di rumah, buang kantong plastik dan kertas. Kemudian letakkan belanjaan di dalam kontak desinfeksi UV-C sebelum disimpan atau digunakan.
  • Buah dan sayur. Saat tiba di rumah dari pasar tradisional alangkah lebih baik jika buah dan sayur yang telah dibeli dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum memasukkan ke dalam kotak desinfeksi.

Signify sebagai pemimpin dunia di bidang pencahayaan tidak henti memberikan edukasi terutama saat pandemi Covid-19 yang belum tahu akan berakhir sampai kapan. Terdepan dalam teknologi UV serta inovasi pencahayaan UV-C, penggunaan sinar UV-C untuk desinfeksi terbukti saat ini telah banyak digunakan terutama untuk mendesinfektan area ruang keluarga. Terus tetapkan protokol kesehatan dengan ketat, jangan lengah dan semoga pandemi cepat berakhir.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top