Karyawan Senang Pelanggan Pun Happy!

Sumber Gambar: Freepik.com

Marketing.co.id – Berita UMKM | Ketika para pemimpin bisnis ditanya apa aset paling penting bagi bisnis mereka, kebanyakan dari mereka menjawab karyawan. Namun, memastikan kebahagian karyawan menjadi salah satu aspek paling menantang yang dihadapi banyak bisnis.

Pasalnya,  bisnis yang sukses adalah mereka yang benar-benar memfokuskan diri pada pelanggan, dan karyawan yang senang sering kali membuat pelanggan senang. Karyawan yang puas tentunya akan sangat berdampak pada bottom-line perusahaan. Beberapa cara ini secara positif akan memengaruhi moral karyawan Anda:

Bawa perangkat sendiri

Saat ini kita telah menjadi sebuah masyarakat yang digerakkan oleh teknologi, dan bisnis yang kuat juga digerakkan oleh teknologi. Salah satu cara untuk mendorong kepuasan karyawan adalah dengan menetapkan kebijakan membawa perangkat mereka sendiri di tempat kerja.

Sekarang ini, orang-orang rela mengeluarkan uang lebih untuk mencari perangkat mobile seperti smartphone, tablet, laptop untuk menunjang aktivitas mereka. Anda bisa memberikan karyawan Anda “ponsel bisnis” atau perangkat mobile lainnya. Atau, paling tidak mensubsidi biaya yang mereka keluarkan ketika menggunakan perangkat mereka sendiri?

Meningkatkan paket kompensasi

Salah satu cara mengambil hati karyawan adalah melalui dompet mereka. Mungkin ini tidak mudah, tetapi meningkatkan paket kompensasi adalah cara yang pasti untuk meningkatkan semangat karyawan. Paket kompensasi bisa seperti memberikan bonus, meningkatkan upah, penggantian transportasi, atau pilihan asuransi kesehatan yang lebih baik.

Tentu saja ada bentuk-bentuk lain selain tunjangan yang mungkin dapat mendorong kepuasan karyawan. Misalnya memberikan jadwal yang fleksibel , meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja karyawan terutama bagi mereka yang memiliki anak kecil juga dapat memberikan kepuasan karyawan.

Berinvestasi dalam budaya perusahaan

Sangat penting membuat lingkungan kerja di mana karyawan ingin berpartisipasi dan berkembang. Pemilik bisnis dapat mencapai hal ini dengan cara yang sederhana seperti mengetahui kapan karyawan ulang tahun dan merayakannya.

Apapun pilihannya, karyawan cenderung menghargai perhatian yang diberikan dan itu akan kepuasan mereka dalam bekerja. Hal tersebut pada gilirannya akan berdampak pada bagaimana karyawan memperlakukan pelanggan, lho.

Intinya, karyawan yang bahagia akan membuat mereka termotivasi dan membicarakan secara positif bagaimana perusahaan memperlakukan mereka yang pada akhirnya pelanggan akan melihat dan mendengar. Pelanggan pun akan senang dan puas bisa menjalin bisnis dengan Perusahaan Anda.

Hadiah dan insentif

Mungkin Anda bisa mempetimbangkan untuk mengakui kerja keras karyawan Anda dengan employee of-the-month. Menghargai karyawan atas komitmen mereka terhadap pekerjaannya kemungkinan akan membuat mereka merasa lebih baik dan merasa menjadi bagian dari tim.

Meningkatkan komunikasi

Terkadang karyawan hanya ingin didengar. Sehingga, pemilik bisnis dan manajemen bisa membuat karyawan senang hanya dengan mendengarkan. Salah satu caranya adalah meningkatkan komunikasi dengan mereka. Ini adalah win-win solution antara bisnis dan karyawan yang akan memperkuat kepercayaan karyawan terhadap perusahaan.

Berinvestasi dengan karyawan, khususnya yang berkaitan dengan kekhawatiran atas keamanan kerja dalam iklim bisnis saat ini yang dapat mengalihkan perhatian mereka akan membuat mereka merasa dihormati dan dihargai.

Ini hanya beberapa cara untuk meraih kepuasan karyawan. Keberhasilan bisnis tergantung pada keberhasilan karyawan. Dengan kata lain karyawan senang sama dengan pelanggan senang. Apakah Anda memiliki cara lain untuk membuat karyawan bahagia? Beritahu kami dalam kolom komentar! (Winthecustomercom)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here