
Pahami pentingnya marketing dan branding berikut ini agar usaha atau bisnis yang sedang Anda bangun terus berkembang.
Marketing.co.id – Berita UMKM | Tidak semua ingin punya bisnis. Namun, yang pasti semua orang suka uang, kan? Tentunya, memiliki sebuah usaha yang ramai, financial freedom dan passive income merupakan keinginan semua orang. Pertanyaannya, harus mulai dari mana untuk mewujudkan itu semua?
Bagi Anda yang sedang memulai sebuah bisnis atau mengembangkan bisnis sangat disarankan untuk belajar marketing dan branding. Tanpa kedua hal tersebut, usaha Anda berisiko sepi tau bahkan bangkrut. Untuk meminimalisir risiko tersebut dan membuat usaha menjadi ramai dan sukses, Anda wajib memahami pangsa pasar dan bagaimana cara meraihnya.
Baca Juga: Strategi Marketing Gratis Yang Wajib Anda Coba
Penting untuk dicatat, kesalahan paling umum yang banyak dilakukan pemula adalah menilai bagus atau tidaknya produk atau jasa yang ditawarkan berdasarkan pendapatnya sendiri. Padahal, lidah kita dengan pelanggan itu berbeda. So, agar supaya usaha kita relevan dengan calon pelanggan sudut pandang pembuatan usaha harus dimulai dari calon pelanggan, entah itu teman, tetangga, atau sanak saudara.
Itulah mengapa Anda wajib mempelajari marketing dan branding agar bisa memasarkan apapun produk atau jasa yang akan Anda jual.
Apa itu marketing?
Marketing adalah suatu proses yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan segala kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan, menjual dan mendistribusikan produk kepada pelanggan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan dan citra merek.
Singkatnya, marketing adalah proses untuk membuat masyarakat tertarik pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Untuk melakukan ini perlu dilakukan riset pasar, analisis dan pencarian pelanggan yang ideal. Marketing bahkan dimulai dari proses pengembangan produk, metode distribusi yang akan dilakukan, penjualan produk atau jasa dan periklanan. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi seperti sekarang ini, definisi marketing pun kian meluas. Anda dapat mempelajari segala hal tentang marketing di Portal Lengkap Dunia Marketing.
Baca Juga: [Influencer Marketing] 10 Strategi Marketing Paling Efektif Menggunakan Influencer
Dalam bisnis, marketing memiliki banyak fungsi. Tidak hanya mampu membuat orang awam memahami produk atu jasa yang Anda tawarkan, namun marketing juga dapat meningkatkan penjualan hingga membuat bisnis terus tumbuh. Ada banyak sekali alasan mengapa marketing itu sangat penting, di antaranya meningkatkan brand awareness, membangun hubungan dengan pelanggan, menjaga hubungan dengan pelanggan, membantu mengetahui tren yang sedang berlangsung dan yang paling penting meningkatkan penjualan. Dengan strategi marketing yang tepat, bisnis Anda akan dapat berkompetisi di pasar dengan baik sambil meningkatkan return on investment.
So, marketing adalah salah satu cara agar produk yang Anda tawarkan sampai ke tangan konsumen. Marketing adalah tentang bagaimana cara membuat orang butuh produk yang kita tawarkan. Pelajari semua hal tentang marketing di sini
Apa itu branding?
Branding adalah sebuah upaya untuk menciptakan image yang baik dari sebuah brand, Perusahaan atau bisnis. Branding mengacu pada proses menciptakan identitas yang khas dan mudah diingat untuk sebuah brand, perusahaan, produk, atau layanan di benak pelanggan.
Tujuan branding adalah membangun hubungan antara brand dan target pelanggan dengan mengembangkan persepsi dan asosiasi brand yang positif. Branding yang efektif dapat membedakan bisnis dari pesaing dan menjalin ikatan emosional yang kuat dengan pelanggan. Selain itu, branding juga dapat membangun visibilitas sehingga meningkatkan kemungkinan pembelian berulang.
Baca Juga: [Strategi Branding] Lengkap! Langkah-Langkah Membangun Brand Yang Kuat
Branding melibatkan pendefinisian kepribadian, janji, cerita, identitas visual, dan elemen-elemen lainnya yang mengekspresikan nilai-nilai dan tujuan perusahaan. Hal ini memerlukan konsistensi di seluruh saluran pemasaran dan touchpoints untuk membentuk customer experience. Branding juga memainkan peranan yang sangat penting dalam menarik talenta, mitra, dan investor. Temukan semua hal tentang branding di sini
Singkatnya, branding adalah cara membuat persepsi positif tentang produk, perusahaan maupun layanan yang diberikan. Atau, bagaimana konsumen membedakan bisnis Anda dengan pesaing. Membuat branding bisnis bukan sekadar perkara logo dan label saja. Inti dari branding adalah identitas atau wajah yang ingin ditunjukkan brand atau bisnis Anda kepada masyarakat luas.
Baca Juga: Contoh Branding dari Brand-Brand Paling Terkenal di Dunia
Jika dilakukan dengan efektif dan tepat, branding dapat memengaruhi pengembangan bisnis, menaikkan nilai jual produk, serta mampu menarik perhatian calon konsumen. Branding yang kuat dapat membangun kesan positif pada konsumen dan membuat bisnis menjadi top of mind, atau pertama kali terlintas dalam pikiran konsumen ketika mereka membutuhkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, branding sangatlah penting.
Pada dasarnya, branding berfungsi untuk membangun citra baik di mata pelanggan. Sedangkan marketing lebih mengarah pada membangun hubungan antara bisnis dengan pelanggan melalui strategi-strategi yang dilakukan.