Ini yang Bikin Call Center Payah di Mata Pelanggan, Jangan Lakukan!

1
ini yang membuat call center payah
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

ini yang membuat call center payahDalam artikel ini Anda akan menemukan 4 hal yang bikin call center payah di mata pelanggan. 

Marketing.co.id – Berita UMKM | Seiring bertumbuhnya bisnis, call center menjadi bagian penting dalam strategi layanan pelanggan sebuah perusahaan. Banyaknya telepon yang masuk membuat perusahaan bekerja keras untuk bisa menyediakan layana pelanggan yang unggul.

Baca Juga: Langkah-Langkah Membangun Call Center

Namun, perusahaan kerap tak menyadari layanan call center-nya bukannya membantu malah membuat kesal pelanggan. Berikut empat hal yang kerap buat pelanggan malas berurusan dengan layanan call center.

4 Hal yang Bikin Call Center Payah di Mata Pelanggan

1. Transfer tak efektif

Pelanggan memahami bahwa untuk memecahkan masalah tertentu perwakilan call center perlu mentransfer panggilan ke departemen lain. Nah, dalam proses ini tak jarang pelanggan harus menunggu untuk ditelpon kembali. Hal itu tak masalah asalkan dilakukan secara efektif.

Baca Juga: 7 Pedoman Dasar Layanan Pelanggan di Media Sosial

Artinya, pelanggan tak perlu lagi menjelaskan dari awal duduk masalahnya kepada departemen tersebut. Syukur-syukur, pelanggan bisa langsung mendapatkan solusi. Yang kerap terjadi malah sebaliknya, pelanggan jadi merasa harus berputar-putar dan menjelaskan berulang kali permasalahannya.

2. Mengulang informasi yang sama

Call center sebaiknya memastikan bahwa sistemnya memungkinkan perwakilan memiliki informasi pemanggil begitu ia mengangkat telepon. Jangan sampai pelanggan harus berulang kali menyebutkan informasi data diri.

3. Terlalu banyak menu

Usahakan call center jangan membuat pelanggan bingung dengan banyaknya opsi menu yang panjang. Tinjau kembali layout menu secara keseluruhan dan pertimbangkan cara-cara baru untuk mengelompokkan layanan.

Baca Juga: 5 Kesalahan Layanan Pelanggan yang Harus Anda Hindari

Cobalah menelpon call center Anda sendiri untuk merasakan secara langsung pengalaman para pelanggan menggunakan layanan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memperbaiki kekurangan layanan call center perusahaan.

4. Tak memberikan penghargaan

Pastikan perwakilan call center mendapatkan penghargaan yang layak atas jerih payahnya melayani pelanggan. Perusahaan bisa meminta feedback dari pelanggan. Dengan begitu perusahaan bisa tahu mana perwakilan yang layak mendapatkan penghargaan dan mana yang kinerjanya harus ditingkatkan.

Ingat, tidak memberikan penghargaan yang layak bisa menjadi pemicu turunnya kualitas layanan karena perwakilan merasa tak dihargai perusahaan.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Keterampilan Layanan Pelanggan

Call center merupakan bagian penting komunikasi antara pelanggan dan perusahaan atau brand. Menyediakan layanan pelanggan yang optimal bisa membangun loyalitas dan meningkatkan reputasi brand. (Inc)

1 COMMENT

  1. Prosedut perlu disederhanakan, supaya pertanyaan customer langsung dijawab tepat sasaran. Tidak berputar-putar baca manual book.

    Product knowledge juga sering tidak dikuasai dengan baik.

    Kadang yang reject komputer. Sekali reject, komputer akan terus reject sampai 24 jam berikutnya.