Raih SQ Award 2025, Yamaha Semakin di Depan!

0
yamaha raih service quality award
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

yamaha raih service quality award

Yamaha Raih Service Quality Award 2025: Wujud Konsistensi dalam Inovasi dan Layanan

Marketing.co.id – Award Achievers | Tahun ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (Yamaha) kembali mengukir prestasi dengan meraih Service Quality Award 2025, kategori 2W Dealer Service. Hebatnya, Yamaha menempati posisi pertama (Diamond) Service Quality Index 2025 dengan skor 4,5682.

Service Quality Award (SQ Award) adalah penghargaan yang diberikan kepada perusahan di Indonesia yang terbukti mampu memberikan kualitas pelayanan terbaik di industrinya masing-masing. Penghargaan ini dinilai berdasarkan riset nasional Service Quality Index (SQI) yang diselenggarakan di empat kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Medan dengan lebih dari 3.500 responden dalam kurun waktu Januari hingga Maret 2025.

Responden dalam riset ini merupakan pengguna layanan dari suatu produk perusahaan dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Indikator utama dalam penilaian tersebut meliputi Perceived Service Value (PSV) serta Perceived Service Quality (PSQ) yang meliputi service accessibility, service process, people (kualitas sumber daya manusia), dan service solution.

Penghargaan bergengsi di dunia layanan ini menjadi bukti nyata bahwa strategi pelayanan Yamaha yang berfokus pada pelanggan berhasil dijalankan dengan baik. “Kami merasa senang dan bangga atas pencapaian ini. Semua tim layanan telah bekerja maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan,” ungkap Marketing Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Sutarya Surodimeja kepada Marketingcoid.

Pelanggan sebagai Inti Strategi Yamaha

Sutarya menjelaskan bahwa selama lebih dari 51 tahun hadir di Indonesia, Yamaha selalu menempatkan pelanggan sebagai pusat dari setiap langkah bisnisnya. Prinsip tersebut sejalan dengan identitas perusahaan sebagai Kando Creating Company, yang bertujuan menciptakan excitement dan pengalaman bermakna bagi setiap konsumen.

Dengan semangat “Semakin Di Depan”, Yamaha terus berkomitmen menghadirkan inovasi yang bukan hanya meningkatkan kepuasan, tetapi juga membangun hubungan emosional yang kuat dengan pelanggan. “Hari ini harus lebih unggul dari hari sebelumnya, dan esok harus melampaui hari ini,” jelas Sutarya.

Inovasi Digital

Yamaha meluncurkan berbagai layanan berbasis teknologi untuk memperkuat ikatan dengan pelanggan di era digital ini. Dua di antaranya yang menjadi sorotan adalah My Yamaha Motor Members dan Y-Connect. My Yamaha Motor Members merupakan aplikasi eksklusif untuk pelanggan yang memudahkan akses layanan purna jual, informasi produk, hingga program loyalitas.

Sedangkan Y-Connect adalah aplikasi cerdas yang menghubungkan motor dengan smartphone, memberikan informasi real-time tentang kondisi kendaraan, serta pengalaman berkendara yang lebih personal. Kedua platform ini dirancang untuk menghadirkan layanan yang praktis, personal, dan relevan, sekaligus memperkuat engagement Yamaha dengan komunitas pelanggannya.

Ke depan, Yamaha Indonesia berkomitmen mempertahankan standar layanan tinggi dengan terus mendengarkan suara pelanggan. Setiap keluhan dan masukan akan dijadikan pelajaran berharga untuk pengembangan layanan yang lebih baik.

“Melalui inovasi berkelanjutan, layanan digital, dan semangat untuk selalu memberi yang terbaik, Yamaha terus berupaya menciptakan pengalaman yang tidak hanya memuaskan, tetapi juga menyentuh hati pelanggan,” tegas Sutarya.

Dengan penghargaan Service Quality Award 2025, Yamaha sekali lagi membuktikan diri sebagai brand yang bukan hanya menghadirkan produk berkualitas, tetapi juga pengalaman layanan yang konsisten, inovatif, dan berorientasi pada kepuasan pelanggan.