Layanan Ringkas, Andal, dan Mengesankan pada Setiap Momen, Garda Oto Raih Service Quality Award 2025
Marketing.co.id – Award Achievers | Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman dan semakin beragamnya ekspektasi pelanggan, bagi industri asuransi yang berlandaskan pada kepercayaan, kehadiran layanan tatap muka atau secara langsung masih menjadi menjadi elemen penting dalam memperkuat hubungan, kepercayaan, serta loyalitas para pelanggan.
Menyadari hal tersebut, Asuransi Astra senantiasa memegang teguh komitmennya untuk memberikan layanan terbaik guna memberikan rasa aman dan nyaman melalui Garda Oto. Produk asuransi kendaraan bermotor dari Asuransi Astra ini berhasil meraih peringkat 1 kategori Best Car Insurance (offline purchase experience) dengan SQI Indeks 4,5739 pada Service Quality Index 2025.
Diadakan oleh Majalah Marketing dan Carre CCSL, Service Quality Award (SQ Award) adalah penghargaan yang diberikan kepada perusahan di Indonesia yang terbukti mampu memberikan kualitas pelayanan terbaik di industrinya masing-masing. Penghargaan ini dinilai berdasarkan riset nasional Service Quality Index (SQI) yang diselenggarakan di empat kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Medan dengan lebih dari 3.500 responden dalam kurun waktu Januari hingga Maret 2025.
Responden dalam riset ini merupakan pengguna layanan dari suatu produk perusahaan dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Indikator utama dalam penilaian tersebut meliputi Perceived Service Value (PSV) serta Perceived Service Quality (PSQ) yang meliputi service accessibility, service process, people (kualitas sumber daya manusia), dan service solution.
Dalam perjalanannya Garda Oto, asuransi mobil dari Asuransi Astra mengusung customer first sebagai komitmen dalam memberikan pengalaman terbaik pada setiap moment of truth pelanggan setia. Hal ini diwujudkan melalui adaptasi pada setiap perubahan dan memahami pelanggan guna mengembangkan layanan demi memenuhi segala kebutuhan pelanggan.
Melalui layanan tatap muka, Garda Oto menghadirkan Garda Center yang dirancang sebagai solusi untuk menjangkau pelanggan agar lebih dekat lagi di berbagai lokasi strategis di pusat-pusat perbelanjaan di Indonesia. Di sini, pelanggan dapat dengan mudah dan nyaman melakukan proses klaim, membeli polis asuransi, ataupun mencari produk dengan lebih mudah, dekat, serta fleksibel karena kehadiran Garda Center tetap melayani pelanggan di hari libur ataupun akhir pekan.
Di sisi digital, Garda Oto juga memiliki mobile apps myGarda yang memudahkan pelanggan melakukan proses pembelian polis, perpanjangan polis dan perluasan jaminan, lapor klaim, hingga akses layanan darurat 24 jam Garda Siaga dan beragam fitur lainnya dalam genggaman
Garda Oto juga menghadirkan Garda Akses di nomor 1500112 yang tersedia 24 jam dan Whatsapp Garda Akses 08950 1 500 112 yang memungkinkan pelanggan untuk dapat memperoleh informasi terkait produk hingga melakukan permintaan layanan darurat melalui chat. Selain kemudahan dalam klaim dan layanan lainya, Garda Oto pun didukung oleh kehadiran lebih dari 700 bengkel, kepastian penggunaan suku cadang asli dan garansi hasil perbaikan.
Operation Director Asuransi Astra Hendry Yoga mengatakan bahwa memberikan layanan yang ringkas, andal, dan mengesankan pada setiap titik moment of truth bersama pelanggan, adalah salah satu tujuan perusahaan dalam mengembangkan produk dan layanan. Maka dari itu, apresiasi yang diberikan melalui apresiasi pelanggan inilah yang menjadi bahan bakar semangat untuk terus menghadirkan yang terbaik.
“Ke depan, kami akan terus menyempurnakan strategi serta menghadirkan inovasi layanan yang relevan dan adaptif, selalu selaras dengan kebutuhan dan harapan pelanggan serta masyarakat luas guna memberikan peace of mind lebih baik lagi,” pungkas Hendry Yoga.