Energi Surya Melimpah di Indonesia, Trina Solar Optimis Gaet Pasar

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Property & RetailĀ | Indonesia memiliki potensi energi matahari yang sangat besar sehingga bisa menjadi sumber energi terbarukan terbaik untuk memenuhi target nasional.

Pemerintah sendiri telah menetapkan target energi terbarukan sebesar 23% dari bauran energi pada tahun 2025 dan 31% pada tahun 2050. Saat ini energi terbarukan menyumbang 11-14% dari bauran energi Indonesia.

Elva Wang, Solar Head of Southeast Asia (kedua dari kiri). Foto: marketing.co.id/lialily.

Trina Solar, sebagai penyedia solusi energi pintar dan PV terkemuka di dunia, mencoba peruntungannya di pasar Indonesia. “Tenaga surya adalah pilihan yang tepat karena sudah tersedia dan dapat digunakan dengan cepat. Indonesia merupakan pasar besar yang belum dimanfaatkan secara maksimal untuk energi surya.” pukas Elva Wang, Trina Solar Head of Southeast Asia pada (01/03).

Memanfaatkan energi surya, Trina Solar melayani semua segmen pasar mulai dari residensial, komersial dan industrial (C&I) serta skala utilitas. Modul surya yang dipasarkan oleh Trina, dapat dipasang dengan cepat di atap rumah dan lahan kosong serta solusi energi paling hemat biaya.

Pada tahun 2009, modul baru surya memiliki rata-rata pemakaian hingga 290W, namun saat ini modul surya memiliki daya tertinggi yaitu 500W+.

“Ada kebutuhan pasar yang besar yang dapat kami penuhi dengan modul surya, pelacak dan solusi terintegrasi kami yang sudah terbukti di pasar global. Saat ini di Indonesia, produk kami telah digunakan di Likupang Solar Farm, Sulawesi Utara dan di Lombok.” tambah Elva.

Pada sektor K&I, Trina solar meluncurkan Vertex DE19R yang menggunakan sel sepanjang 210mm, memiliki output daya maksimum hingga 580W dan efisiensi maksimum 21,5%.

Modul tracker yang digunakan memberikan peningkataan lebih lanjut dalam pembangkit listrik untuk digunakan di ruang atap yang tidak terpakai.

Trina Solar berencana meluncurkan tipe lain yaitu Vertex N NEG19RC.20 baru ke Indonesia untuk proyek skala utilitas. Vertex N NEG19RC.20 memiliki desain tegangan rendah, memberikan efisiensi yang lebih tinggi dan biaya keseimbangan sistem (BOS) yang lebih rendah. Tetapi modul baru ini memiliki daya tinggi karena Teknologi 210.

Trina Solar unik sebagai satu-satunya produsen modul yang juga membuat tracker. Trina Solar membuat ‘pelacak pintar’: Vanguard 1P dan Vanguard 2P. Direkayasa untuk kemampuan beradaptasi, pelacak cerdas ini dapat digunakan di berbagai medan sambil menawarkan stabilitas tinggi dan memastikan hasil energi yang tinggi.

“Indonesia menempati urutan ketujuh di Asia Tenggara untuk kapasitas energi surya terpasang. Rangkaian modul Trina Solar berdaya tinggi disertai teknologi tracker yang canggih sehingga bisa menjadi salah satu pilihan dalam melakukan penghematan energi di rumah.” tutup Elva.

Marketing.co.id: portal berita marketing dan bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here