Dukungan Lazada untuk UMKM Maksimalkan Ekonomi Digital Indonesia

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Pesatnya perkembangan ekonomi digital Indonesia yang didorong oleh kehadiran platform eCommerce telah membuka peluang bagi jenama lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperluas jangkauan pasar mereka ke ranah online.

Head of Seller Development and Sales Operations Lazada Indonesia Stefan Winata mengatakan, Lazada berusaha memberikan sumber daya terbaik yang diperlukan bagi UMKM di Indonesia.

“Dalam semangat #AdadiLazada, kami terus menyediakan beragam solusi dan layanan yang holistik untuk membantu penjual lokal tumbuh dan berkembang dalam ekosistem ekonomi digital serta merancang berbagai program unggulan untuk memastikan mereka dapat menggapai sukses di platform Lazada,” kata Stefan.

Meskipun masa depan industri eCommerce Indonesia diprediksi akan terus berkembang, Lazada melihat ada berbagai tantangan yang dihadapi saat ini. Salah satunya adalah kesiapan tenaga kerja dalam sektor ekonomi digital. Selain itu, literasi digital dan pemahaman tentang eCommerce masyarakat Indonesia yang belum merata menjadi hambatan penting dalam memanfaatkan potensi penuh ekonomi digital. Adanya perubahan perilaku pembeli yang begitu cepat juga menjadi tantangan tersendiri bagi jenama lokal dan UMKM.

“Oleh karena itu, agar dapat bersaing di pasar terbuka, penjual harus memiliki strategi yang sejalan dengan perubahan perilaku pembeliMereka sudah mulai terbiasa berbelanja online, dan pengguna usia muda terus bertumbuh berbelanja online. Jadi, pastikan untuk pikat mereka dengan produk trendi, produk kebutuhan harian, dan promosi yang ‘pasti’,” jelas Stefan.

“Di Lazada sendiri, gratis ongkos kirim (ongkir) masih menjadi bentuk promosi yang paling diminati. Bahkan data tahun 2023, memperlihatkan bagaimana penjualan dari penjual yang menggunakan fitur gratis ongkir meningkat 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, menunjukkan bagaimana penggunaan fitur gratis ongkir bagi penjual bisa menarik penjualan,” tambah Stefan.

Lazada memiliki beragam inovasi berbasis teknologi mulai dari kanal livestreaming LazLive, berbagai bentuk permainan game menarik, fitur Augmented Reality (AR) Beauty, hingga fitur chatbot eCommerce berbasis kecerdasan buatan (artificialintelligence – AI) LazzieChat dan asisten virtual LISA.

“Agar penjual lokal bisa segera memanfaatkan seluruh inovasi berbasis teknologi tersebut, Lazada juga memberikan berbagai insentif tambahan untuk penjual yang baru bergabung seperti bebas biaya komisi, termasuk komisi penjualan livestreaming, untuk tiga bulan pertama, dan gratis biaya promosi ongkir untuk dua bulan pertama dengan tujuan memberikan penjual kemudahan dan kesempatan untuk berkembang di platform Lazada,” ujar Stefan.

Lazada Indonesia juga telah menjadi mitra resmi belanja online dalam Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2023, untuk mendukung penjualan produk-produk lokal Indonesia dalam perayaan belanja online terbesar akhir tahun ini.

“Kami sudah siapkan berbagai promosi dan dukungan khusus kepada jenama dan penjual UMKM yang berpartisipasi dalam festival belanja online akhir tahun 11.11 dan 12.12 (Harbolnas), agar jenama dan penjual lokal UMKM dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar serta meningkatkan penjualan mereka. Jadi, kami mengundang seluruh penjual di Lazada untuk memanfaatkan berbagai fitur yang telah kami sediakan agar bisa sukses dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi digital Indonesia,” pungkas Stefan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here