DANA – BGR Logistics Hadirkan Miniservice Warung Pangan

Marketing.co.idBerita Digital & Techno | Dompet Digital Indonesia, DANA menghadirkan miniservice Warung Pangan dalam aplikasinya DANA. Aplikasi ini memungkinkan masyarakat memenuhi kebutuhan pangan tanpa harus melakukan mobilitas fisik dan harga yang terjangkau.

Kehadiran miniservice Warung Pangan merupakan langkah lanjut DANA dalam membantu UMKM. Sebelumnya, DANA telah menghadirkan fitur Pendataan Warung, sebagai bentuk dukungannya terhadap gerakan #BelanjadiWarungTetangga yang digagas Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM).

Vincent Iswara, CEO dan salah satu pendiri DANA menegaskan, DANA tidak sebatas perusahaan teknologi, tapi juga sahabat UMKM. DANA mengusung teknologi yang memungkinkan bersinergi dengan berbagai pihak untuk menghadirkan inisiatif maupun solusi yang inklusif dan adaptif sehingga warung dan UMKM dapat menghadapi beragam kondisi sekaligus meningkatkan kapasitas dan kompetensi mereka.

Baca juga: Percepatan Pemulihan Ekonomi dengan Digitalisasi Warung

“Hal ini juga menjadi komitmen DANA dalam mendukung target pemerintah agar dua juta UMKM terhubung dengan ekosistem digital hingga akhir tahun 2020,” ujar Vincent.

Sebelumnya, BGR Logistics juga telah meluncurkan dua aplikasi pangan “Mitra Warung Pangan” dan “Warung Pangan”, di mana DANA telah hadir sebagai metode pembayaran digital. Aplikasi Mitra Warung Pangan dikembangkan untuk mempermudah UMKM atau pemilik warung dalam mendapatkan stok bahan pangan dengan harga yang stabil.

Miniservice Warung Pangan
Miniservice Warung Pangan

Sementara aplikasi Warung Pangan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan yang mereka butuhkan dengan harga yang normal dan terjangkau. Untuk tahap awal, kedua aplikasi ini dan miniservice Warung Pangan di aplikasi DANA baru mencakup beberapa lokasi di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Untuk diketahui, Miniservice Warung Pangan juga menjadi wujud sinergi lebih lanjut antara DANA dengan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau  BGR Logistics.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tiga komoditi yang akan terus dibutuhkan oleh manusia adalah makanan, air dan energi, karena merupakan kebutuhan dasar manusia untuk dapat bertahan hidup. Data Biro Pusat Statistik (BPS) 2019 mencatat perkembangan harga bahan pangan dan makanan yang menunjukkan tren meningkat seiring tahun berjalan. Sementara rata-rata pengeluaran rumah tangga di DKI Jakarta untuk produk pangan dan makanan pada 2018 rata-rata Rp 487.000 per bulan.

Baca juga: 5 Tips Memperluas Bisnis Kelontong Online

Kajian studi yang dilakukan oleh Kantar Insight dan IRI Inc. di beberapa negara yang terkena dampak Covid-19 menunjukkan, bahwa produk pangan tetap dibutuhkan di saat krisis maupun tidak. Karena itu,  perlu ada jaminan terhadap ketersediaan dan kelancaran distribusi pangan serta kemudahan bagi masyarakat untuk menjangkaunya.

“Diharapkan dengan makin banyak warung yang bergabung dalam Mitra Warung Pangan dan makin banyak orang yang berbelanja melalui Warung Pangan, sektor UMKM termasuk warung tradisional bisa cepat pulih, sehingga perekonomian yang tumbuh negatif bisa kembali positif,” kata Vincent.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.