Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Percepatan Pemulihan Ekonomi dengan Digitalisasi Warung

Marketing.co.id – Pandemi Covid-19 telah berdampak pada melambatnya perekonomian, tidak terkecuali sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang menjadi pilar perekonomian Nasional.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), pandemi telah menimbulkan dampak terhadap 16.313 UMKM, termasuk di dalamnya adalah warung-warung tradisional. UMKM mengalami penurunan jumlah permintaan, pasarnya mengecil, sehingga usaha sulit untuk dijalankan.

Untuk mengatasi hal ini, pemanfaatan teknologi digital bisa menjadi solusi bagi keberlangsungan UMKM. Dengan memanfaatkan platform digital yang terus berkembang, pelaku UMKM termasuk warung tradisional tetap bisa menjalankan usahanya dan melayani pelanggan tanpa harus melakukan kontak fisik. Lebih dari itu, dengan masuk ke dalam ekosistem digital, UMKM juga punya peluang membesarkan pasarnya. Karena itu, penting bagi UMKM untuk go digital agar mampu beradaptasi menghadapi perubahan dan terus berkembang.

M Kuncoro Wibowo, Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, BUMN yang bergerak di bidang logistik di Indonesia, mengatakan bahwa situasi pandemi telah mengajarkan kepada masyarakat luas tentang efektivitas pemanfaatan teknologi digital dalam mendukung aktivitas primer secara efisien.

“Banyak pelaku usaha yang tetap mampu bertahan di tengah situasi sulit ini berkat dukungan teknologi. Inilah yang memacu kami untuk membangun sinergi ekosistem berbasis teknologi digital. Tujuannya adalah untuk membantu UMKM, sebagai sektor yang paling terdampak oleh pandemi, agar bisa go digital,” ujarnya.

Vincent Iswara, CEO dan Co-Founder DANA mengatakan, sinergi dengan BGR Logistics selaras dengan misi DANA untuk terus meningkatkan inklusivitas teknologi digital bagi semua kalangan, termasuk membantu para pemilik warung dan pelaku UMKM agar mampu bertahan menghadapi segala tantangan di masa sulit ini dan bisa pulih kembali berkat kemampuan berdaptasi dengan situasi dan kelaziman baru yang makin bertumpu pada adopsi teknologi digital.

“DANA adalah sahabat UMKM. Pemilik warung dan seluruh pelaku UMKM dapat dengan mudah memanfaatkan teknologi yang kami kembangkan untuk Go Digital,” ujar Vincent.

Sinergi dengan BGR Logistics adalah langkah lanjut dari upaya DANA dalam mendukung dan membantu UMKM untuk bisa bertahan menghadapi pandemi Covid-19 melalui gerakan #BelanjadiWarungTetangga yang digagas Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM).

Dalam aplikasi DANA, telah tersemat fitur Mendaftarkan UMKM, yang memungkinkan masyarakat untuk mendaftarkan warung-warung di sekitarnya yang mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19 sehingga masyarakat dapat belanja di warung tetangganya yang terdekat dan membantu warung tetangganya untuk tetap bertahan.

“Dengan jumlah pengguna DANA yang sudah mencapai 40 juta, kami berharap aplikasi pangan ini bisa menjangkau mayarakat lebih luas, di samping memudahkan pengguna aplikasi dalam melakukan pembayaran secara aman. Kerja sama juga diharapkan dapat membantu mitra UMKM yang tergabung dalam aplikasi tersebut untuk menjual produk pangannya ke masyarakat,” ujar Kuncoro.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top