Catat Pertumbuhan Positif, DANA Masih Jadi Pilihan Pembayaran Digital

Marketing.co.id — Berita Digital | Aplikasi dompet digital DANA ternyata masih menjadi pilihan masyarakat untuk menunjang gaya hidup selama bulan Ramadan 2023 saat ini. Lekatnya penggunaan dompet digital DANA untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna selama bulan Ramadan, ditandai dengan melesatnya pertumbuhan beberapa fitur dan layanan di 12 hari pertama bulan Ramadan tahun 2023.

Lim Wimawan Kusuma, Head of Marketing DANA Indonesia menjelaskan, tiap tahunnya, DANA mencatat kenaikan transaksi yang cukup signifikan pada awal Ramadan. Hal ini dipengaruhi oleh aktivitas berbelanja yang meningkat khususnya pada sektor bahan pokok, makanan, serta fashion.

“Ramadan tahun ini, kami melihat terjadinya peningkatan transaksi hingga mencapai 122 persen jika dibandingkan dengan 12 hari pertama di bulan Ramadan tahun lalu. Sementara itu, kenaikan juga terjadi pada jumlah pengguna transaksi harian dengan kenaikan mencapai 103 persen,papar Lim.

DANA juga menangkap tren menarik di mana lima fitur dalam aplikasi DANA makin diminati selama Ramadan ini, diantaranya adalah fitur Kirim Uang, Pembayaran dengan QR, Belanja di E-Commerce, Pulsa dan Data, hingga Layanan Keuangan.

Untuk itu, dia melanjutkan, sebagai bentuk apresiasi DANA kepada pengguna, DANA juga sempat menghadirkan DANA Parsel (Pesta THR Spesial) yang digelar pada dua minggu pertama bulan Ramadan 2023 lalu. Pada program Ramadan tersebut, DANA mengajak pengguna untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyak untuk berkesempatan memenangkan hadiah menarik.

Tak hanya itu, pertumbuhan positif selama bulan Ramadan juga dirasakan pada pertumbuhan beberapa mitra DANA. Fenomena ini dinilai selaras dengan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia paska-pandemi yang mulai menunjukkan geliat berbelanja.

Luqman Ibnu Purnomo, VP of Business Operation DANA Indonesia mengatakan, “Kami melihat pertumbuhan yang signifikan dari jumlah merchants di Ramadan tahun 2023 dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu. Kenaikan jumlah merchants ini bahkan mencapai 45 persen, di mana tahun ini kami berhasil menjalin kemitraan baru dengan beberapa mitra besar, seperti Alfamart dan MAP Group.”

Imbasnya, pertumbuhan serupa juga dirasakan dari transaksi merchants, yang mengalami kenaikan hingga lebih dari 60 persen dibandingkan Ramadan 2022. Pertumbuhan positif ini banyak dipengaruhi oleh pembelanjaan kebutuhan harian, hingga pembelian produk finansial dan investasi. Tak kalah menarik, preferensi masyarakat untuk melakukan donasi dan sedekah daring juga makin bertambah pesat.

Beragamnya fitur yang mengalami pertumbuhan di bulan Ramadan, menjadi bukti konsistensi DANA dalam menyediakan layanan pembayaran dan keuangan yang aman, cepat dan mudah untuk berbagai situasi dan kondisi. Sebelum menutup bulan Ramadan tahun ini, DANA akan terus mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan beragam fitur lainnya untuk mengoptimalkan ibadah pengguna di bulan suci ini.

Adapun beberapa edukasi tersebut mencakup pemanfaatan fitur DANA Donasi untuk bersedekah, mini program Dompet Dhuafa untuk membayar Zakat, hingga fitur Kirim Uang atau bahkan DANA Kaget untuk mengirimkan THR kepada sanak saudara.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here