Bank Muamalat Indonesia Tawarkan Pendaftaran Haji bagi Diaspora Indonesia di Malaysia

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | PT Bank Muamalat Indonesia Tbk telah meluncurkan layanan inovatif yang memungkinkan diaspora Indonesia di Malaysia untuk mendaftarkan diri sebagai calon jemaah haji secara online. Dalam upaya untuk memudahkan proses pendaftaran haji dan pembayaran setoran awal porsi haji regular, nasabah diaspora kini dapat membuka Rekening Tabungan Jemaah Haji (RTJH) melalui aplikasi Muamalat DIN.

bank muamalat indonesia
Illustrasi umat muslim berhaji. Insert: Direktur Utama PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Indra Falatehan.

Peluncuran layanan ini menjadi hasil dari kerjasama yang erat antara Bank Muamalat, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), dan perwakilan diaspora Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam kegiatan silaturahmi yang berlangsung belum lama ini, perwakilan dari ketiga belah pihak menyambut baik inisiatif ini yang diharapkan dapat mengoptimalkan potensi calon jemaah haji Indonesia yang berada di Malaysia.

Direktur Utama Bank Muamalat, Indra Falatehan, menekankan bahwa potensi besar dari calon jemaah haji Indonesia yang berada di Malaysia akan dimanfaatkan sepenuhnya oleh Bank Muamalat. Dengan memberikan layanan pendaftaran haji melalui smartphone, bank ini berupaya menjadikan proses pendaftaran semakin efisien dan mudah diakses.

“Kami telah sepenuhnya siap dalam mengakomodir kebutuhan pendaftaran haji bagi saudara-saudara kita yang berada di Malaysia. Dukungan yang kami terima dari pihak seperti Kementerian Agama (Kemenag), BPKH, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia sangatlah berarti bagi terwujudnya layanan ini,” ungkap Indra.

Indra juga menjelaskan bahwa Kemenag telah memberikan izin bagi Bank Muamalat untuk mengakses sistem pendaftaran haji (Siskohat dan Haji Pintar) di luar negeri. Ini menjadi bukti konkret dari sinergi antara sektor perbankan dan pemerintah dalam mendukung kemudahan akses pendaftaran haji bagi diaspora Indonesia.

Selain layanan pendaftaran haji, Bank Muamalat juga mengintegrasikan sistem transparansi informasi dengan BPKH. Melalui aplikasi BPKH Virtual Account (BPKH VA), nasabah Bank Muamalat dan non-nasabah dapat memantau nilai manfaat dana haji yang telah disetor. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan pemahaman masyarakat terkait pengelolaan dana haji.

Tidak hanya fokus pada layanan pendaftaran, Bank Muamalat juga memperkenalkan produk perbankan bernama Tabungan iB Hijrah Haji. Produk ini dirancang untuk membantu masyarakat merencanakan ibadah haji dengan lebih baik. Selain itu, tabungan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai langkah persiapan “Haji Anak Hebat,” memungkinkan generasi muda untuk menabung secara lebih terencana sejak dini.

Bank Muamalat telah menorehkan sejarah sebagai bank syariah pertama yang memiliki kantor cabang penuh di Kuala Lumpur, Malaysia. Sejak operasionalnya pada Maret 2009, kantor cabang ini telah memberikan layanan perbankan kepada diaspora Indonesia yang tinggal dan bekerja di Malaysia, menjembatani kebutuhan finansial dan perencanaan mereka.

Melalui inisiatif layanan pendaftaran haji online dan berbagai solusi perbankan yang terintegrasi, Bank Muamalat terus berkomitmen untuk memberikan nilai tambah bagi nasabah dan masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang merindukan pelaksanaan ibadah haji dengan lancar dan teratur.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here