Baidu, Raksasa Browser Tiongkok Bidik Pasar Indonesia

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

baiduSetelah menguasai pasar Tiongkok, Baidu melakukan ekspansi ke luar Tiongkok dengan membawa produk-produk PC dan Mobile. Baidu telah melakukan ekspansi ke beberapa negara seperti Indonesia, Thailand, Brazil, Mesir dan Jepang.

Baidu merupakan perusahaan Internet yang bergerak di bidang search engine, pengembang aplikasi PC dan Mobile. Di Tiongkok sendiri, Baidu menguasai lebih dari 80% market share untuk mesin pencari. Baidu juga memiliki jaringan distribusi untuk aplikasi mobile  dengan jumlah distribusi aplikasi lebih dari 300 juta per harinya.

“Kami memiliki toko aplikasi dengan 300 juta distribusi aplikasi per hari saat ini. Di Indonesia sendiri pengguna kami memiliki 4.5 juta untuk pengguna Baidu Browser, 14 juta pengguna DU Battery Saver dan 5 juta pengguna DU Speed Booster,” ungkap Iwan Setiawan, Marketing Manager Baidu Indonesia.

Sebagaimana diungkap dalam rilis,saat ini untuk pasar Indonesia, Baidu memiliki dua kategori produk yaitu produk PC dan Mobile. Untuk produk PC, pertama: Baidu Antivirus. Produk Antivirus unggulan dari Baidu ini mengombinasikan tiga engine antivirus, menawarkan kinerja ringan dan kemampuan yang handal. Kedua: Baidu PC Faster: Produk utility untuk membantu pengguna PC/Laptop menjaga kinerja komputernya agar tetap cepat dan nyaman digunakan.

baidu browser

Ketiga: Hao123.com, merupakan web portal yang menyediakan beragam link, informasi dan konten lokal untuk pengguna internet. Sehingga pengguna internet dapat berselancar dengan aman dan nyaman.

Keempat : Baidu Spark Browser, merupakan browser (peramban) yang memiliki keunggulan dalam hal kecepatan, seamless dan fitur-fitur menarik seperti download manager, video downloader dan fitur unggulan lainnya.

Sedangkan di lini produk mobile (Android Only) mencakup MoboMarket: Toko Aplikasi untuk Android, yang memberikan keamanan, kecepatan, kenyamanan serta localize. Selain itu ada Baidu Browser, browser untuk perangkat Android, yang menawarkan kecepatan, kenyamanan, dan personalisasi.

Ketiga : DU Battery Saver: merupakan aplikasi untuk membantu pengguna Android untuk menghemat baterai secara otomatis.Keempat : DU Speed Booster : merupakan aplikasi untuk membantu pengguna Android untuk meningkatkan kinerja ponsel androidnya.

Dengan keunggulan yang dimiliki, Baidu melihat pasar Indonesia menjadi sangat penting. Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi yang sangat besar, di mana jumlah penduduknya lebih dari 250 juta jiwa dan merupakan negara terbesar ke-4 di dunia.

Baidu mulai fokus di pasar Indonesia semenjak Juli 2013. Baidu juga telah meluncurkan berbagai produk untuk pasar Indonesia, seperti Baidu Browser, DU Apps, Hao123, Baidu PC Faster, dan lainnya.

Sebagai pendatang baru di pasar Indonesia, Baidu mengambil hati pengguna di Indonesia dengan fokus pada fitur dan lokalisasi konten. “Kami percaya dengan lokalisasi konten, masyarakat Indonesia dapat dengan mudah menggunakan produk kami,” ujar Iwan.

Tony Burhanudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here