Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia UKM

Audiensi Dengan Wapres, Shopee Pertegas Komitmen Majukan UMKM

Marketing – Sejatinya, perusahaan e-commerce tak hanya mumpuni menghadirkan sederet inovasi untuk para pembeli. Lebih dari itu, tapi juga bisa sebagai salah satu bentuk pemanfaatan internet dari sisi ekonomi – salah satunya dapat memberikan peluang dan kemudahan bagi para pelaku UMKM.

Terkait itu, Shopee mempertegas komitmen untuk memajukan UMKM Indonesia, salah satunya dengan terus berevolusi sekaligus membantu menjawab tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM di era perdagangan terbuka dan berbasis daring saat ini.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, sesuai dengan arahan Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin, Shopee diharapkan dapat terus membantu UMKM lebih cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan masuk ke ranah online.

Sebelumnya, Shopee telah menjabarkan beberapa inovasi yang akan menjadi fokus pengembangan tahun 2020 dalam pertemuan langsung dengan Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin.  Salah satu hal yang dilakukan adalah keikutsertaan Shopee dalam meningkatkan literasi digital di bidang pemasaran dan pengembangan produk bagi santri dan masyarakat pondok pesantren.

“Mengambil bagian dalam implementasi Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), Shopee bekerja sama dengan kementerian dan lembaga pemerintah terkait untuk menjalankan program Santripreneur yang sebelumnya telah berhasil dijalankan di beberapa pesantren di seluruh Indonesia. Untuk dapat membantu para pelaku usaha kecil di tengah tantangan ini salah satunya dengan mengambil inisiatif untuk berkolaborasi meningkatkan ekspor Indonesia melalui pemanfaatan e-commerce,” papar dia.

Selain itu, Shopee juga turut melaporkan progres program ekspor Kreasi Nusantara “Dari Lokal untuk Global” ke Malaysia dan Singapura yang telah diluncurkan pada awal tahun ini. Sebagai bentuk riil upaya pemanfaatan perkembangan e-commerce untuk meningkatkan ekspor Indonesia, beberapa pelaku UMKM terpilih telah menjalankan program edukasi guna mengasah kualitas dan daya saing mereka sebelum menghadapi pasar global.

Para pelaku UMKM terpilih berhasil mencatatkan progres yang sangat baik dalam program ekspor pertamanya. Setelah terlibat dalam kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang serentak diselenggarakan di semua negara tempat Shopee beroperasi, para pelaku UMKM terpilih dalam program ekspor Kreasi Nusantara “Dari Lokal Untuk Global” berhasil mencatatkan peningkatan transaksi 3 kali lipat jika dibandingkan dengan hari biasa.

“Di tahun keempat Shopee beroperasi, kami ingin semakin memperkuat komitmen untuk dapat membantu para pelaku usaha kecil di tengah tantangan pasar global berbasis daring seperti sekarang. Kami percaya keikutsertaan Shopee dalam pengembangan daya saing para pelaku UMKM akan memberikan manfaat dan pengalaman yang besar terutama untuk meningkatkan keahlian bisnis mereka,” imbuh dia.

Selain berpartisipasi dalam program pemerintah, dia melanjutkan, Shopee juga menyiapkan momentum internal yang turut mempromosikan bisnis mereka agar lebih luas lagi. Salah satunya adalah menyiapkan festival belanja yang lebih spesial lagi dimana bertepatan dengan ulang tahun Shopee, yakni 12.12 Birthday Sale sebagai ajang terbesar dan terbaik penutup akhir tahun.

Menanggapi sederet inovasi yang berfokus untuk pengembangan UMKM ini, Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin mengatakan, “Kami menyambut baik upaya pelaku e-commerce seperti Shopee yang turut mendukung percepatan perkembangan ekonomi umat dan keuangan syariah di Indonesia. Kami berharap ke depannya upaya ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan. Melalui pertemuan ini, pemerintah akan selalu mendukung para pihak yang mengedepankan kemajuan pelaku UMKM di dalam negeri, terutama untuk mendorong kegiatan ekonomi dan pembangunan.”

Potensi Pasar Syariah
Sebagai negara muslim terbesar di dunia dengan lebih dari 200 juta penduduk muslim, potensi perkembangan pasar syariah ini juga dilihat dari keberhasilan Indonesia menduduki peringkat kelima tahun ini dalam Indikator Ekonomi Islam Global (GIEI) oleh DinarStandard.

Indonesia sendiri berhasil naik 5 peringkat dibandingkan tahun lalu karena adanya inisiatif kuat dari pemerintah untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi syariah. Laporan ini juga menunjukkan adanya ruang bagi industri halal dari berbagai sektor untuk bertumbuh dengan pesat.

Shopee juga menyadari potensi pasar syariah yang terus bertumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Dalam pertemuan tersebut, Shopee turut memperkenalkan Shopee Barokah sebagai one-stop muslim lifestyle destination yang telah mengkurasi produk dan layanan syariah dan bermitra dengan berbagai brand dan lembaga kemanusiaan ternama seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, ACT, dan Rumah Zakat untuk memudahkan para pengguna Shopee dalam berdonasi dan menunaikan zakat.

“Tren ini juga sejalan dengan data internal Shopee, di mana kategori fashion muslim selalu menjadi kategori favorit secara berturut-turut di kampanye besar sepanjang tahun, seperti Big Ramadhan Sale, 9.9 Super Shopping Day, hingga 11.11 Big Sale. Mendatang, Shopee Barokah juga akan melengkapi kanalnya dengan pengingat waktu salat dan Alquran,” ungkap dia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top