Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Aplikasi dan Keampuhan Positioning

Positioning Bisa Diaplikasikan Secara Luas

Konsep Positioning bisa diaplikasikan secara luas pada produk. Bidang jasa, pariwisata, kota/Negara dan bahkan karir seseorang pun bisa mendapatkan benefit dari suatu strategi positioning yang yang dikembangkan dan focus pada daerah niche yang belum ditempati dalam benak konsumen atau para pengambil keputusan.

Keampuhan dari Positioning Suatu Produk

Positioning produk berhubungan erat dengan fokus segmen pasar. Positioning produk memerlukan terciptanya persepsi konsumen yang unik, konsisten dan diakui akan suatu produk atau image perusahaan. Suatu produk atau jasa bisa diposisikan berdasarkan benefit, kegunaan, pengguna, kelas, harga, atau kualitasnya. Terciptanya positioning tergantung dari produk itu sendiri, segmen pasar yang spesifik dan kebutuhan akan produk tersebut pada harga tertentu. Produk yang sama bisa diposisikan dengan banyak cara yang berbeda. Gambar di bawah ini diambil dari salah satu buku Philip Kotler yang berjudul Marketing Management yang diterbitkan oleh Prentice Hall. Gambar mapping persepsi dua dimensi dibawah ini memperlihatkan bagaimana Kotler menganalisa positioning dari produk minuman instan terhadap variable harga dan kecepatan untuk mempersiapkan minuman tersebut hingga siap untuk dikonsumsi.

Cara kerja positioning produk umum lainnya bisa diciptakan dari menganalisa beberapa pertanyaan. Anda bisa memposisikan suatu produk dengan menggunakan pernyataan yang didapat dari hasil jawaban dari beberapa pertanyaan sebagai berikut:

  • Produk tersebut didesain untuk siapa?
  • Apa produknya?
  • Apa benefit utama dari produk Anda?
  • Siapa kompetitor utama produk Anda?
  • Apa perbedaan produk Anda dengan produk kompetitor?
  • Bagaimana perbedaan produk Anda dengan produk kompetitor bisa memberikan benefit bagi konsumen?

Sebagai contoh, bila Anda mempunyai bisnis software house, Anda bisa mempertimbangkan untuk memberikan pernyataan dalam “business plan” sebagai berikut:

“Bagi para pebisnis yang hendak mengelola perusahaan baru, meluncurkan produk baru, atau mencari dana dan mitra, Software (nama software Anda) adalah software yang mampu menciptakan business plan dengan cepat dan profesional. Tidak seperti software lainnya, (nama software Anda) adalah produk stand-alone yang lengkap sehingga tidak perlu membeli atau belajar software lain lagi.

Beberapa strategi positioning memberikan hasil yang lebih baik daripada yang lain. Positioning yang terbaik selalu menonjolkan keunggulan dan kelebihan perusahaan dan produk Anda – bukan kekurangan atau kelemahannya. Posisikan produk Anda supaya bisa menjangkau konsumen yang mempunyai profil kebutuhan paling dekat/cocok dengan produk Anda. Konsumen tersebut juga harus bisa dijangkau baik dalam hal jarak dan harga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top