Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Positioning Merek – Brand Positioning

Seperti yang sudah sering dibahas, yang menentukan positioning suatu brand adalah added value dan image apa yang bisa diberikan kepada konsumen. Positioning bisa didefinisikan sebagai bagaimana suatu produk bisa menonjol bila dibandingkan dengan produk lainnya di pasar.

Brand bisa diposisikan dengan dibandingkan dengan brand kompetitor lain pada perceptual map. Sebuah perceptual map menjelaskan pasar berdasarkan bagaimana cara pandang pembeli terhadap produk-produk kompetitor.

Perceptual Map yang basic dimana pembeli melihat produk berdasarkan harga dan kualitasnya bisa dilihat contohnya di bawah ini:

Bagaimana Posisi Anda di Benak Konsumen

Ilmu marketing, copywriting dan desain adalah suatu segitiga yang saling terhubung. Mereka saling mempengaruhi satu sama lain. Marketing adalah elemen utama dan proses copywriting serta desain Anda haruslah sesuai berdasarkan riset pemasaran Anda.

Bahkan jika Anda tidak bergelut dalam marketing dan hanya bergelut di desain visual dan komunikasi, Anda harus paham dasar-dasar marketing karena desain Anda akan dipengaruhi oleh pesan dan image dari perusahaan Anda atau klien yang sedang berinteraksi dengan Anda.

Orang-orang dihujani oleh iklan-iklan dan pesan-pesan yang semakin hari jumlahnya semakin banyak. Tetapi seberapa banyak dari pesan dan iklan ini yang mampu bertahan dalam benak konsumen? Tentu tidak banyak. Semua informasi yang berebut masuk ke benak konsumen tentunya banyak disaring.

Orang-orang yang surfing di Internet hanya akan mencari situs-situs yang menarik menurut mereka. Bila nonton TV, mereka akan melewatkan semua channel yang menurut mereka tidak menarik. Dari seluruh billboard yang mereka lewati sewaktu perjalanan ke kantor, mungkin hanya satu yang diingat oleh mereka.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top