21 Tahun Telkomsel: Capai 153 Juta Pelanggan dan Makin Fokus ke Dico

[Reading Time Estimation: 2 minutes]
Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, saat jumpa pers HUT 21 Telkomsel
Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, saat jumpa pers HUT 21 Telkomsel

Beberapa waktu lalu Telkomsel merayakan hari jadinya yang ke-21 tahun. Di usia yang 21 tahun banyak prestasi yang sudah ditorehkan Telkomsel, antara lain mencapai 153 juta pelanggan dimana 5 juta diantaranya pelanggan 5 4G.

Telkomsel juga diperkuat dengan 116 ribu BTS. “Tahun ini kami menambah 13 ribu BTS,” jelas Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, dalam jumpa pers perayaan 21 Tahun Telkomsel, di Pacific Place, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ruriek menambahkan, untuk BTS 4G Telkomsel memiliki 4500 BTS. Layanan 4G Telkomsel sudah bisa dinikmati di 100 kota Kabupaten di Indonesia.

Di tengah tren layanan 4G, Telkomsel masih menyisahkan pelanggan 2G. Saat ini dari total 153 juta pelanggan Telkomsel, sekitar 45 persen merupakan pelanggan 2G atau mencapai 60 juta. Telkomsel menargetkan 8 – 11 juta pelanggan 4G datang dari pelanggan yang bermigrasi dari layanan 2 G dan 3G.

Dalam kesempatan tersebut, Ruriek menyinggung tekad Telkomsel untuk bertransformasi dari perusahaan telco menjadi Dico (Digital Company). Di sisi aplikasi Telkomsel terus mengembangkan berbagai layanan digital, diantaranya di segmen Digital Lifestyle, Digital Advertising, Digital Payment dan M2M Business.

Telkomsel juga terus mendorong semangat penggunaan teknologi Internet yang positif di tengah-tengah masyarakat, khususnya generasi muda. Salah satunya melalui The NextDev, kompetisi yang menjaring developer lokal dari berbagai daerah untuk mengembangkan aplikasi “Smart City” yang dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan perkotaan.

Salah satu tantangan yang dihadapi Telkomsel untuk menyongsong Dico mempersiapkan Human Capital (Sumber Daya Manusia). Menurut Direktur Human Capital Management Telkomsel, Priyantono Rudito, ada tiga hal yang dilakukan terkait transformasi Dico. Ketiganya mencakup digital readiness, antara lain membangun mindset dan culture. Melakukan pelatihan-pelatihan untuk akselerasi transformasi. Dan melakukan program-program yang berkelanjutan.

Dalam kesempatan perayaan ulang tahun ke 21 ini, untuk pertama kalinya Telkomsel memberikan apresiasi penghargaan ‘Anugerah Telkomsel’ kepada 21 sosok yang ‘Bikin Keren Indonesia’ dan inspiratif. Mereka adalah sosok-sosok yang ingin membangun dan membuat perubahan di Indonesia melalui hasil karya dan kreasinya di berbagai bidang, melalui pemanfaatan teknologi.
“Melalui cerita dari para sosok yang memiliki semangat perubahan ini, kami ingin lebih banyak lagi masyarakat khususnya generasi muda yang terinspirasi, dan bersama-sama dengan Telkomsel membangun Indonesia”, tutup Ririek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here