Gandeng Indomaret, RPX Ingin Kuasai Paket Pengiriman

0
1868
Oky Kurniawan, Senior Manager Technology Development RPX Group
RPX Mobile Apps
Oky Kurniawan, Senior Manager Technology Development RPX Group

Booming e-commerce benar-benar mendatangkan berkah tersendiri bagi pelaku bisnis pengiriman dan logistik. Hampir semua pelaku usaha pengiriman dan logistik memperkuat diri dengan aplikasi mobile. Tujuannya agar dapat memberikan layanan yang cepat, efisien, real time, dan bersifat on demand.

Begitu pun yang dilakukan RPX melalui aplikasi ‘Indomaret Drop/I-Drop” dan “RPX Mobile Apps”. Layanan tersebut sebagai solusi mudah dalam mengirim paket-paket, terutama untuk perdagangan elektronik (Electronic Commerce/E-Commerce).

Muhammad Kadrial, Vice President Services RPX Group menegaskan, kemitraan dengan Indomaret dimulai 2014 melalui layanan “I-Paket”. I-Paket adalah inovasi jasa pengiriman paket, khususnya untuk segmen ritel atau individual. Kini, layanan ini semakin diperkuat dengan hadirnya “I-Drop”.

Melalui “I-Drop”, pelanggan e-commerce dapat mengirimkan paket dengan berat maksimal 5 kg. “I-Drop” menjadi solusi pengiriman paket B2B2C, yaitu e-commerce besar (marketplace korporasi) dan B2C2C pada segmen penjual individu yang memanfaatkan media sosial sebagai toko (social media shop).

Oky Kurniawan, Senior Manager Technology Development RPX Group menjelaskan, RPX Mobile Apps yang merupakan pengembangan dari aplikasi sebelumnya memiliki 6 fitur yang mencakup “Service, RPX Nearby, Ship Now, My Shipment, My Cash, dan RPX Update.

“Melalui fitur My Shipment, pelanggan bisa melacak status pengiriman dan notifikasi keberadaan paket pada saat yang sama, realtime,” jelas Oky.

Kadrial menjelaskan, dalam melihat keunggulan layanan pengiriman dan logistik bisa dilihat dari dua faktor. Kedua faktor tersebut mencakup jaringan dan teknologi informasi. RPX kata dia punya keunggulan pada kedua hal ini.

Dari segi jaringan, RPX sudah menjalin kerjasama dengan Indomaret sejak tahun 2014. Melalui “I-Paket” layanan RPX menjangkau kawasan Jawa dan Bali. RPX setidaknya berhak menggunakan 10.650 gerai Indomaret di Jawa dan Bali sebagai lokasi keberangkatan paket (origin shipment) ke tujuan seluruh Indonesia.

Dari sisi teknologi, RPX jelas Kadrial menghadirkan teknologi yang “user friendly”. RPX Mobile Apps bisa diunduh melalui ponsel berbasis Android. Untuk kemudahan transaksi pembayaran aplikasi ini diperkuat dengan fitur My Cash. Dengan fitur ini pelanggan bisa melakukan pengisian (top up) saldo yang nantinya dapat digunakan bertransaksi di RPX Mobile Apps, seperti membayar biaya transportasi/pengiriman (transportation fee payment): layanan pengambilan paket (pick up) atau mengantarkan paket ke lokasi pengiriman (drop off), pembayaran tunai atas nilai paket yang diterima (cash on delivery payment), membayar tagihan pengiriman paket, dan pembayaran pajak bea masuk (duty tax). Layanan ini mendapat dukungan dari BNI. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here