Marketing.co.id – Bagaimana cara untuk menjadi sebuah bisnis sosial? Setidaknya ada enam tahapan untuk mengubah bisnis Anda menjadi bisnis sosial.
Salah satu dari enam tahapan tersebut adalah engagement (keterlibatan). Keterlibatan dirasa sangat penting untuk membuat hubungan lebih mendalam dengan konsumen.
Brian Solis dalam bukunya “Engage” mengatakan, “Keterlibatan terbentuk oleh penafsiran niatnya. Agar media sosial saling menguntungkan, baik bagi Anda maupun pelanggan, Anda harus melibatkan mereka dalam percakapan. Anda juga perlu memberdayakan mereka dalam upaya pemasaran dan layanan.”
Jangan mengabaikan mereka hanya karena Anda merasa memiliki banyak pengikut dan koneksi. Hal tersebut merupakan alasan yang tidak dapat diterima. Kita tahu banyak orang di luar sana yang memiliki pengikut banyak namun tetap berinteraksi dengan pengikut mereka.
Berikut empat R (Respect, Respond, Relate, Recognize) sederhana untuk meningkatkan keterlibatan:
Respect
Ada banyak cara menunjukkan rasa hormat kita, terutama secara online. Ikuti tata cara dan aturan keterlibatan dari setiap permintaan situs atau platform. Kemudian tunjukkan, raih, akui dan dukung, dan Anda pun akan menerimanya kembali. Berhenti mengikuti siapa pun yang tidak cocok dengan kriteria tersebut.
Responsive
Cepat tanggaplah terhadap orang-orang yang memberikan komentar. Kemudian ucapkan terima kasih kepada mereka yang menemukan dan menyempatkan diri untuk berhubungan dengan Anda melalui website maupun media sosial.
Jika Anda menggunakan blog secara teratur dan mendapatkan sebuah komentar, tanggapi mereka secepat mungkin atau mempekerjakan seseorang untuk membantu menanggapi komentar-komentar yang masuk.
Relatability
Temukan alasan serta cara untuk berhubungan dan menemukan kesamaan nilai – pengalaman hidup dan ide-ide – dengan mereka. Relatability dapat ditemukan dengan beberapa cara sederhana: keluarga, hobi, musik, buku, pembelajaran, dan sebagainya.
Recognizing
Jika kita memperhatikan dan menjaga orang-orang yang aktif dalam komunitas dan melakukan hal yang baik bagi mereka yang membutuhkan dukungan, kita akan mengenali dan mendukung mereka. Menghormati orang yang Anda kagumi dengan mengenali mereka akan menimbulkan sesuatu yang saling menguntungkan.
Menurut infographic dari NetBase dan JD Power and Associates, ada kabar baik dan kabar tidak begitu baik buat Anda.
Kabar baiknya adalah:
58% dari responden ingin Anda terlibat pada saat dibutuhkan.
42% dari responden ingin mendengar dari Anda pada saat yang baik.
Kabar tidak begitu baik adalah:
64% dari responden hanya ingin Anda mendengarkan jika mereka berbicara secara langsung kepada Anda.
50% dari responden tidak ingin Anda mendengarkan sama sekali dan mereka ingin berbicara secara rahasia – tentang Anda.
Apa tips yang Anda miliki untuk meningkatkan keterlibatan?