Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Menjawab kerinduan dan antusiasme para penggemar, McDonald’s Indonesia kembali membawa program “Taste of Japan” yang menyajikan beragam menu dengan paduan cita rasa Jepang yang autentik dan menggugah selera. McDonald’s Indonesia mengundang seluruh keluarga di Indonesia, khususnya pencinta budaya Jepang dan penggemar “Taste of Japan” sebelumnya, untuk merasakan kelezatan kuliner khas Negeri Sakura tanpa perlu bepergian jauh, cukup dengan mengunjungi restoran McDonald’s Indonesia terdekat. Setelah terakhir hadir pada tahun 2023, menu musiman ini memang telah lama menjadi favorit dan selalu dinantikan kehadirannya oleh banyak pelanggan.
Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia, menjelaskan, “Antusiasme dan respons positif masyarakat terhadap Yakiniku Burger, menu favorit yang hadir pertama kali di kampanye Taste of Japan pada tahun 2020, ditambah dengan tingginya permintaan dari pelanggan setia, menjadi alasan utama kami untuk kembali menghadirkan menu ikonik bercita rasa autentik ini di tahun 2025. Kami ingin masyarakat Indonesia, terutama para pelanggan setia dan penggemar kuliner Jepang, merasakan pengalaman kuliner unik yang kami tawarkan. Ini sejalan dengan komitmen McDonald’s Indonesia untuk menyajikan hidangan berkualitas yang menggugah selera, memastikan bahwa siapa pun bisa ‘ngerti enaknya’ sejak gigitan pertama.”
Tahun ini, “Taste of Japan” kembali dengan tiga varian Yakiniku Burger favorit. Pertama, Beef Yakiniku Tamago Burger yang memadukan daging sapi asli dengan telur yang nikmat. Kedua, Spicy Chicken Yakiniku Burger yang menyuguhkan sensasi pedas menggoda dari daging paha ayam renyah. Ketiga, Fish Fillet Yakiniku Burger yang menawarkan fillet ikan yang lembut. Ketiga burger ini disempurnakan dengan tambahan nori (rumput laut), irisan kol segar, dan saus yakiniku yang lezat, kemudian disajikan dalam tangkupan roti lembut.
Untuk melengkapi pengalaman bersantap, pelanggan juga dapat menikmati Red Skin Fries, kentang goreng renyah berbalut bumbu spesial gurih dengan warna kemerahan yang menggugah selera. Tidak ketinggalan, tersedia pula berbagai pilihan dessert dengan cita rasa teh hijau (matcha) khas Jepang yang unik, seperti Matcha Sakura Pink Waffle Cone, Matcha Top, dan minuman eksklusif dari McCafé, yaitu Iced Café Matcha Fusion.
Kolaborasi Visual Bergaya Anime Dukung Talenta Lokal
McDonald’s Indonesia senantiasa berkomitmen untuk mendukung talenta lokal melalui berbagai program kolaborasi kreatif. Pada kampanye “Taste of Japan” tahun 2023, McDonald’s Indonesia pertama kali berkolaborasi dengan penyanyi muda Ica Zahra, yang merilis lagu berbahasa Jepang tentang kelezatan Yakiniku Burger.
“Melanjutkan semangat kolaboratif yang dimulai sejak kampanye pertama ‘Taste of Japan’, tahun ini kami memperkaya pengalaman pelanggan dengan berinovasi di dunia visual bergaya anime yang digemari banyak orang. Lebih dari sekadar cerita dan karakter yang memukau, visual anime memiliki cara unik untuk membuat penampilan sebuah makanan di layar terlihat lezat dan membangkitkan keinginan untuk mencoba hidangan tersebut di dunia nyata,” jelas Caroline.
Untuk itu, McDonald’s Indonesia berkolaborasi dengan Martin Yap, animator berbakat Indonesia. Caroline menambahkan, “Kolaborasi ini menjadi bukti nyata komitmen McDonald’s Indonesia dalam mendukung kreativitas anak bangsa, sekaligus memperkuat atmosfer budaya Jepang yang ditawarkan dalam kampanye ‘Taste of Japan’.”
McDonald’s Indonesia menggandeng Martin Yap untuk merancang dan memproduksi video animasi singkat bergaya anime yang memperkenalkan tiga karakter utama sebagai ikon “Taste of Japan” tahun ini, yaitu Tamaki (Sang Ninja), Noriko (Sang Mage – penyihir), dan Doragon (Si Naga). Kolaborasi ini tidak hanya memperkuat pengalaman bernuansa Jepang bagi pelanggan saat menyantap menu “Taste of Japan”, tetapi juga menjadi bentuk nyata dukungan McDonald’s Indonesia terhadap talenta lokal.
Martin Yap mengungkapkan, kegembiraannya, “Saya sangat senang dan bangga bisa diberi kesempatan untuk berkolaborasi dengan McDonald’s Indonesia dalam menciptakan animasi bergaya anime untuk memperkuat daya tarik kampanye ‘Taste of Japan’ tahun ini. Sebagai animator lokal yang juga menyukai budaya pop Jepang, terlebih karakter anime, saya sangat antusias dan bersemangat untuk menunjukkan kreasi, ide, dan kemampuan saya dalam menciptakan gaya karakter dan cerita animasi yang akan disaksikan oleh jutaan masyarakat Indonesia ini.”
Martin berharap, elemen visual yang dihadirkan dapat semakin melengkapi pengalaman bersantap di McD, khususnya bagi para pencinta menu “Taste of Japan”. Kolaborasi “Taste of Japan” kali ini menjadi jembatan antara dunia kuliner dan seni visual, memadukan cita rasa khas Jepang dengan elemen budaya popnya yang begitu digemari di Indonesia.
Caroline menutup, “Dengan menghadirkan kembali menu yang telah dinantikan serta berkolaborasi dengan animator lokal berbakat, McDonald’s Indonesia tidak hanya menyajikan hidangan yang menggoda selera, tetapi juga menawarkan pengalaman budaya yang lebih menyeluruh dan bermakna bagi para penggemar ‘Taste of Japan’.”
Hadir dengan variasi menu lengkap, mulai dari burger, kentang goreng, hingga dessert, dan dibanderol dengan harga mulai dari Rp30.000-an untuk burger serta mulai dari Rp10.000-an untuk dessert, “Taste of Japan” tahun ini menawarkan pengalaman kuliner khas Jepang yang dapat dinikmati oleh semua kalangan.
Pelanggan dapat menikmati seluruh menu “Taste of Japan” di restoran McDonald’s Indonesia, baik untuk dine-in, takeaway, layanan pesan antar McDelivery (kecuali untuk Matcha Sakura Pink Waffle Cone dan Matcha Top) via hotline 14045, aplikasi McDonald’s, atau situs mcdelivery.co.id, serta platform GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood.
Tak hanya sebatas rasa, pengalaman “Taste of Japan” juga hadir dalam berbagai aktivitas spesial yang seru. Pelanggan berkesempatan bertemu dengan karakter cosplay dari “Taste of Japan” setiap akhir pekan mulai dari 21 Juni hingga 6 Juli 2025 di beberapa restoran McDonald’s Indonesia, seperti McD Artha Gading, McD Kemang, McD Puri Indah, dan masih banyak lagi. Hanya dengan membeli menu “Taste of Japan” apa pun, pelanggan dapat berfoto bersama cosplayer tersebut. Sementara bagi pelanggan yang membeli Paket Hemat “Taste of Japan” ukuran large, akan dibuatkan ilustrasi anime dari wajah pelanggan itu sendiri.
Selain keseruan di restoran, pelanggan juga diajak merasakan pengalaman digital yang tak kalah menarik melalui aktivitas di media sosial. Selama periode kampanye, pelanggan diberikan template animasi pada fitur “Add Yours” di Instagram dan diminta untuk melengkapi dialog komik sekreatif mungkin. Sebanyak 10 pemenang terpilih akan mendapatkan hadiah dengan total 1 juta rupiah.