Danone Indonesia dan KAGAMA Kolaborasi untuk Lingkungan Berkelanjutan dan Kesehatan Masyarakat

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Danone Indonesia dan Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA) telah menandatangani nota kesepahaman untuk memperkuat kolaborasi dalam mendorong pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dan peningkatan kesehatan masyarakat. Langkah ini merupakan bagian dari inisiatif keberlanjutan Danone, yakni Danone Impact Journey, yang bertujuan memberikan kontribusi positif untuk masyarakat yang lebih sehat dan lingkungan yang lestari.

Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia, menyampaikan, “Isu pengelolaan lingkungan berkelanjutan dan peningkatan kesehatan masyarakat adalah prioritas yang harus terus didorong bersama. Sebagai perusahaan yang telah beroperasi selama beberapa dekade di Indonesia, Danone memiliki tanggung jawab untuk mendukung program-program pemerintah dalam mengelola lingkungan dan pencegahan stunting. Kolaborasi ini dengan KAGAMA diharapkan dapat memperluas edukasi dan menjadi akselerator dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.”

AAGN Ari Dwipayana, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat KAGAMA, menyatakan kegembiraannya atas kolaborasi ini. “KAGAMA sangat senang berkolaborasi dengan Danone Indonesia. Permasalahan lingkungan dan kesehatan masyarakat adalah hal serius dan saling terkait. Melalui sinergi ini, kami berharap dapat memperluas edukasi pencegahan stunting, mendorong akses air bersih, dan mendukung penerapan ekonomi sirkular di masyarakat.”

Masih menjadi sorotan serius di Indonesia, pengelolaan sampah secara berkelanjutan menjadi fokus perhatian. Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2022 mencatat bahwa sampah di Indonesia mencapai 70 juta ton, dengan sampah plastik sebagai kontributor terbesar. Danone Indonesia melalui inisiatif #BijakBerplastik dan AQUA telah berhasil mengurangi jumlah sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) hingga 14% dan meningkatkan tingkat daur ulang sampah plastik hingga 17%.

Terkait kualitas air, Indeks Kualitas Air Indonesia menunjukkan angka yang mengkhawatirkan. Danone Indonesia berkomitmen dalam pelestarian sumber daya air melalui kebijakan Danone Water Policy. Program Water, Sanitation, and Hygiene (WASH) telah menyediakan akses air bersih dan sanitasi bagi lebih dari 500 ribu orang di lebih dari 44 kota/kabupaten selama 2021-2022.

Dalam upaya pencegahan stunting, Danone Indonesia melalui kampanye Bersama Cegah Stunting telah menjangkau lebih dari 4,5 juta masyarakat Indonesia dengan program Aksi Cegah Stunting, Sehat Bersama Isi Piringku, dan Generasi Sehat Indonesia (GESID). Vera menambahkan, “Kami bangga dapat memperluas kerja sama kami dengan KAGAMA kali ini. Bersama, kami berkomitmen untuk berkontribusi positif dalam peningkatan derajat kesehatan dan kelestarian lingkungan di Indonesia.”