8 Langkah Mudah untuk Menguasai Manajemen Waktu

Marketing.co.id – “If you don’t have time to do it right, when will you have time to do it over?” Itu adalah kutipan dari pelatih basket legendaris, John Wooden.

Tanyakan kepada pemilik bisnis saat ini kenapa mereka tidak menggunakan media sosial sebagai alat untuk menumbuhkan perusahaan mereka, dan mayoritas dari mereka akan menjawab, “Saya tidak punya waktu.”

Mereka itu akan memberikan respon sama ketika ditanya tentang berbagai topik. Apakah mereka benar-benar tidak punya waktu, atau itu sebuah kekeliruan?

Jika Anda yakin bahwa waktu merupakan satu-satunya mata uang yang penting, bagaimana mungkin untuk ‘menemukan’ lebih banyak waktu dalam sehari untuk mencapai tujuan dan mengembangkan bisnis Anda?

Berikut adalah delapan langkah yang dapat Anda ambil hari ini yang akan membuka lebih banyak waktu besok harinya untuk mencapai tujuan Anda seperti dikutip openforum.com.

  1. Memiliki rencana

Sun Tzu mengatakan, “Setiap pertempuran dimenangkan sebelum berjuang”. Dia sangat yakin, memiliki rencana bersama dengan pilihan sangatlah penting bagi keberhasilan. Apa tujuan utama Anda / tujuan yang ingin dicapai? Kuncinya adalah dengan bersikap proaktif bukan reaktif.

  1. Tangkas Bergerak Keluar.

Sebelum Anda sukses, banyak waktu yang dimiliki untuk mencapai semua tujuan. Ketika Anda mulai bekerja, mulailah terlebih dahulu dengan tujuan terbesar atau tugas terberat, karena itu membutuhkan upaya lebih. Jika perlu pecah proyek menjadi lebih kecil. Biarkan semuanya berjalan lebih mudah sampai akhir hari.

  1. Rencana tak terduga

Dalam sehari, Anda akan mendapat panggilan telepon dari vendor, pelanggan yang puas, atau salah satu karyawan Anda. Penggilan tersebut akan menggagalkan hari Anda. Tanpa adanya rencana, ini dapat dengan mudah terjadi. Nilailah situasi Anda dan prioritaskan.

Dapatkah Anda mendelegasikan sebagian pekerjaan Anda? Dapatkah Anda memindahkan sesuatu ke hari berikutnya? Latih percakapan ini sehingga ketika ini terjadi, Anda sudah siap melalui pilihan dan tahu apa yang harus dilakukan. Ketika tidak berjalan sesuai dengan rencana, siapkan “rencana B” untuk dapat membatasi downtime bisnis Anda.

  1. Perhatikan perampok waktu

Entah itu panggilan telepon 45 menit dengan seorang teman lama di tengah hari atau bermain game online untuk menghindari pekerjaan di meja Anda, penting untuk mengatasi perampok waktu dalam hari Anda. Jika waktu adalah uang, jam yang terbuang percuma adalah biaya yang besar bagi bisnis Anda. Rajin-rajinlah menyingkirkan mereka!

  1. Istirahat

Setiap 45 menit sampai 60 menit, hentikan apa yang sedang Anda lakukan untuk mengisi ulang baterai dan membersihkan pikiran Anda. Berjalan-jalan, meregangkan tubuh, atau melakukan sesuatu yang membuat Anda jauh dari pekerjaan. Juga, meninggalkan ponsel Anda, tidak ada medali untuk bekerja 12 jam tanpa istirahat. Pastikan Anda minum dan makan tapi jangan berlebihan. Tips ini dibuat untuk membantu tubuh dan pikiran beroperasi pada tingkat optimal.

  1. Tahu kapan harus akhiri hari Anda

Sufficient for the day is the evil thereof,” adalah kutipan bagi sebagian pemilik bisnis.  Akan selalu ada panggilan telepon untuk membuat satu email untuk mengirim dan satu proposal lagi untuk menulis.

Untuk itu, aturlah waktu untuk mengakhiri hari kerja Anda. Luangkan 30 menit untuk membersihkan meja Anda dan membuat daftar untuk besok. Semakin baik rencana Anda, semakin baik kesempatan Anda untuk sukses.

  1. Bekerja tim.

Rencanakan pertemuan yang dijadwalkan secara rutin – setidaknya sebulan sekali – dengan orang-orang kunci dalam bisnis Anda – misalnya, karyawan, penasihat, vendor, dan mitra. Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi potensi masalah berulang, peluang, tren, dan hal lain yang tidak dapat dilihat.

Biarkan semua orang tahu agenda di awal sehingga mereka dapat membawa informasi yang diperlukan dalam pertemuan. Pertemuan-pertemuan ini sangat penting karena mereka dapat mengatasi masalah yang terus-menerus menguras waktu berharga dari perusahaan Anda.

  1. Menilai sistem Anda

Periksa setiap hari/minggu sistem Anda. Bagaimana Anda menilai manajemen waktu Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here