6 Rahasia Jualan Laris Manis di eCommerce Saat Ramadan

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita UMKM | Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Menurut RISCC pada 2023, umat muslim Indonesia mencapai 86,7% dari seluruh populasi, atau setara dengan 240,62 juta jiwa.

Angka populasi umat muslim ini bukan hanya soal angka demografi, namun juga merupakan ceruk pasar yang menggiurkan bagi para penjual di eCommerce. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang melesat saat Ramadan, penjual dan brand lokal harus gesit dalam menyusun berbagai strategi marketing untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Tak hanya memerhatikan tren produk, brand dan penjual lokal dapat menawarkan layanan terbaik dengan mengenal dan memahami fitur dan layanan yang ditawarkan platform belanja online seperti Lazada. Demikian disampaikan Rika Yeo, LazStar Trainer dan City Leader Lazada Club dalam Lazada Ramadan Seller Festival 2024.

Rika yang juga merupakan Alumni Alibaba Netpreneur menjelaskan bahwa selalu terjadi peningkatan omset selama Ramadan, yang rata-rata mencapai puluhan persen. Tingkat konsumsi masyarakat saat Ramadan memang biasanya meningkat, termasuk dengan adanya tradisi berbagi yang kental di bulan suci ini.

Secara umum, brand lokal akan mendapat keuntungan berlipat dengan strategi yang secara tepat menargetkan pola pengeluaran masyarakat Indonesia. Secara khusus, beberapa kategori diperkirakan akan meningkat secara signifikan selama Ramadan yaitu kategori Food & Beverages (43%), Fashion & Accessories (27%), dan Beauty & Personal Care (20%).

“Sebagai seorang pemilik brand ataupun penjual di platform online, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari performa toko kamu dan menggunakan data penjualan yang bisa didapatkan secara real time untuk dijadikan referensi penyusunan strategi bisnismu. Khususnya di Ramadan ini, jadikanlah momentum ini kesempatan untuk boost trafik toko dan memicu perkembangan bisnis hingga setelah Lebaran nanti,” kata Rika.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan lebih banyak keberkahan di bulan Ramadan tahun ini, berikut rahasia jualan laris manis di eCommerce Lazada saat Ramadan:

  • Pelajari performa omset dan produk toko 

Gunakan dasbor Seller Center di platform Lazada untuk mengakses fitur Bisnis Analis dan menentukan target dengan tingkat omset saat ini. Selain itu, Anda juga bisa melihat rekomendasi produk yang cocok untuk dipromosikan di toko, yang dihasilkan dari prediksi analitis berbasis AI yang ada di fitur Bisnis Analis.  

  • Gunakan promo dan diskon khusus bulan Ramadan 

Fitur promo dan diskon menjadi daya tarik yang kuat untuk mendorong pembeli check out produk Anda, apalagi dengan penawaran promosi eksklusif selama bulan Ramadan, seperti hampers dan bundling produk. Jangan lupa gunakan promo gratis ongkir dan voucher toko yang tersedia.

  • Perhatikan kebutuhan pembeli dan tren produk di bulan Ramadan 

Bulan Ramadan cocok dijadikan momen berbagi dengan kerabat atau sahabat tercinta. Rika menemukan bahwa bulan Ramadan memicu masyarakat untuk mencari produk-produk yang lekat dengan kata ‘kebersamaan’ seperti takjil dan kurma, ‘berbagi’ seperti parsel, hampers Ramadan, dan sembako, dan ‘lebih baik’ yaitu kosmetik, pakaian Muslim, peralatan salat serta perlengkapan rumah tangga. 

  • Sesuaikan strategi penjualan dengan perilaku belanja konsumen 

Setelah Anda mengetahui produk apa saja yang sedang dibutuhkan konsumen, pastikan Anda sesuaikan strategi seiring dengan perubahan tanggal selama bulan Lebaran. Misalnya, di minggu pertama Anda fokus mempromosikan kategori fesyen seperti gamis atau baju koko, kemudian di minggu kedua Anda fokus mempromosikan kategori elektronik seperti ponsel hingga laptop. 

Targetkan promosi untuk produk terlaris Anda di minggu-minggu terakhir jelang Lebaran untuk performa penjualan yang lebih baik, mengingat  adanya pencairan Tunjangan Hari Raya (THR). 

  • Fokus pada penjualan produk populer di toko Anda dan produk yang tren di masa Ramadan  

Lebih baik fokus menerapkan strategi untuk produk yang populer demi memaksimalkan keuntungan. Untuk mempromosikan produk populer tersebut, Rika merekomendasi empat langkah yaitu: gunakan fitur promosi kampanye Lazada, memasang harga yang kompetitif, pastikan stok produk cukup untuk menjawab kebutuhan konsumen, dan tingkatkan minat konsumen dengan diskon dan fitur gratis ongkir. 

  • Terapkan layanan bintang lima bagi pembeli 

Selama bisa menjaga layanan toko yang konsisten dan memuaskan, Anda bisa mendapatkan loyalitas dari para pelanggan! Rika menerapkan 4 Langkah Service Bintang 5, yaitu memiliki customer service yang responsif, pastikan pengiriman dan penanganan pesanan yang cepat, ajak pembeli untuk aktif memberi saran untuk brand, dan terus menjaga interaksi dengan pembeli agar tidak gampang lupa dengan brand Anda. 

Itulah rahasia jualan laris manis di eCommerce dari Rika. Apakah Anda memiliki rahasia lainnya? Beritahu kami dalam kolom komentar ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here