Portal Lengkap Dunia Marketing

XXX Ad Madness

Top 10 Digital Campaign 2013: Berpikir Seperti Jurnalis, Rahasia Sukses Kampanye Digital

dumb_ways_to_dieBest Marketing International – firma riset Eropa – secara berkala memonitor seluruh perhelatan penghargaan digital di seluruh dunia. Setidaknya ada lebih dari 100 penghargaan dan kompetisi yang tercatat oleh Best Marketing International. Setelah paruh pertama 2013 kita lalui, perusahaan ini mengeluarkan hasil pantauan mereka.

Apa kesamaan dari semua digital campaign tersebut? Ini dia kata Hando Sinisalu, CEO Best Marketing:

  • Kampanye sosial. Kampanye ini cenderung memperoleh nilai lebih tinggi. Mungkin karena sifat kampanye ini yang baik di mata audiens. Lima dari 10 kampanye yang meraih penghargaan terbanyak merupakan kampanye sosial/pro bono (Dumb Ways To Die, Clouds Over Cuba, Driving Dogs, Hashtag Killer, Coke Thailand).
  • Transparan dan jujur. Kedua hal ini sangat esensial di era media sosial. Merek tidak bisa menutupi apapun. Namun, transparansi dan kejujuran merek justru akan dapat menjawab tantangan sekaligus tuntutan untuk lebih terbuka kepada pelanggan. Salah satu contohnya digital campaign dari McDonald’s Kanada dan Bodyform.
  • User generated content. Konten jenis ini, baik berupa video amatir maupun komentar di website, dapat membantu memperluas jangkauan sebuah kampanye.
  • Media sosial sumber berharga dapatkan insight pelanggan. Beberapa kampanye benar-benar mencerminkan dan menampilkan konten yang umumnya di-posting orang-orang di media sosial. Contohnya kampanye dari Bodyform, Hashtag Killer, dan McDonald’s.
  • Berpikirlah seperti jurnalis. Hampir semua kampanye digital yang berhasil meraih penghargaan pada dasarnya adalah PR campaign. Hal ini menunjukkan bahwa merek harus mulai bekerja seperti organisasi media. Menciptakan konten serta memahami konten seperti apa yang menarik bagi audiens. Lihat saja kampanye Oreo, McDonald’s, Driving Dogs, dan Beauty Inside.

“Tidak ada bukti yang lebih baik yang membenarkan pernyataan “the content is king” daripada daftar 10 digital campaign peraih penghargaan terbanyak,” jelas Sinisalu. Hando Sinisalu sendiri adalah produser “The Best of Global Digital Marketing Show”, sebuah event yang menampilkan praktik digital marketing. Saat ini kegiatan tersebut diselenggarakan di 21 negara.

Berikut ini adalah 10 digital campaign yang berhasil meraih penghargaan terbanyak untuk kategori digital:

1. Dumb Ways To Die – 19 penghargaan (2 Asia-Pacific AdFest, 6 Cyber Cannes, 2 Clio Awards, 3 Webby Awards, 2 D&Ad, 3 AME Awards, 1 New York Festivals)

2. Cloud Over Cuba – 7 penghargaan (2 Webby, 3 Cannes, 1 Andy, 1 One Show Interactive)

 

3. Bodyform: The Truth – 6 penghargaan (1 Cyber Lions, 4 Revolution Awards, 1 The Digitals)

4. Hashtag Killer – 5 penghargaan (3 Webby, 1 Andy, 1 New York Festivals)

5. Beauty Inside – 5 penghargaan (3 Cannes, 1 Clio, 1 Webby)

6. Driving Dogs – 5 penghargaan (3 Axis Awards, 1 Clio, 1 New York Festivals)

7. Coca Cola: Million Reasons to Believe in Thailand – 5 penghargaan (3 Festival of Media Asia Awards, 1 Cannes, 1 Marketing Events Awards)

8. Oreo Daily Twist – 5 penghargaan (1 Clio, 1 Cannes, 1 Effie NA, 1 Andy, 1 Facebook Studio Award)

9. Our food. Your questions – 4 penghargaan (1 Cannes, 3 Webby)

10. You’re Not You When You’re Hungry, Snickers UK – 4 penghargaan (1 Golden Award of Montreux, 2 New York Festivals, 1 D&Ad)

(Hando Sinisalu/www.marketing.co.id)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top