Zilingo Siap Bersaing di Pasar eCommerce Fashion dan Lifestyle Indonesia

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Industri e-commerce lifestyle dan fashion di Indonesia semakin meriah dengan kehadiran Zilingo. Zilingo memosisikan diri sebagai e-commerce fashion dan lifestyle yang #AlwaysTrending, memberikan konsumen pilihan tren terbaru dan akses kepada lebih dari 2 juta gaya untuk kesempatan, beragam merek, dan pilihan harga yang sangat bervariasi.

Masuk pasar Indonesia melalui kampanye #SIAPASIHLO, Zilingo ingin menunjukkan bahwa tiap individu memiliki keunikan gaya dan membawa tren sendiri. Zilingo percaya bahwa setiap orang harus mempunyai kebebasan untuk mengekspresikan diri mereka melalui fashion.

#SIAPASIHLO akan digaungkan lebih spesifik kepada pasar milenial berusia 16- 35 tahun yang mudah bosan dengan tren fashion dan mempunyai identitas tersendiri. Gambaran target pasar ini juga yang membuat Zilingo menggaet Pevita Pearce sebagai brand ambassador karena memiliki percaya diri tinggi dan berani memberikan statement lewat gaya-gayanya.

 “Saat bepergian melintasi Thailand, Indonesia, dan Filipina, saya melihat ada banyak sekali pasar di wilayah-wilayah ini yang menjual semua jenis pakaian secara offline – mulai dari t-shirt bersablon slogan hingga gaun maxi, dari pakaian formal hingga sepatu kulit. Keadaan itu membuat saya berpikir mengapa pedagang-pedagang ini  tidak berjualan secara online, dari sanalah ide Zilingo tercetus,” jelas Bose, Co-Founder & CEO Zilingo.

Zilingo didirikan Ankiti Bose dan Dhruv Kapoor pada Oktober 2015, untuk menghubungkan pecinta mode di seluruh Asia dengan pilihan fashion  yang sangat beragam.

Kata ‘Zilingo’ adalah sebuah adaptasi dari kata ‘Zillion’ atau yang artinya miliaran yang ingin menggambarkan jumlah besar pedagang (zillion merchants), produk (zillion products), dan gaya terkini (zillion trending styles) yang disediakan di marketplace ini, termasuk sebagai gambaran pelanggan (zillion of customers) yang merasa puas.

Saat ini, Zilingo membuka pasar di Indonesia, Thailand, Singapura, dan melakukan pengiriman internasional ke empat negara lainnya, serta memiliki basis pasokan di negara utama, yaitu Singapura, Thailand, Indonesia, dan juga China, Bangladesh, Vietnam, serta Kamboja. Dengan lebih dari 10.000 pedagang independen pengguna platform yang menjajakan produknya kepada lebih dari lima juta pelanggan di seluruh Asia dan dunia, Zilingo bercita-cita untuk membawa gaya fashion Asia ke dunia.

Perkembangan Zilingo

Tahun ini adalah tahun yang menggembirakan dalam bisnis Zilingo, karena dapat membuktikan diri sebagai salah satu pemain dengan pertumbuhan paling cepat di kawasan Asia.

Pendapatan Zilingo telah bertumbuh 10 kali lipat, meluncurkan kampanye TV di Indonesia, dan melengkapi ekosistem pedagang dengan pelayanan prima. Zilingo juga telah berhasil mendapatkan pendanaan Seri C sebesar USD 54 Juta untuk mengembangkan dan memperluas pasar di ranah internasional. Dengan ini, total pendanaan yang didapatkan Zilingo mencapai USD 82 Juta.

Investasi terbesar dikucurkan Sofina, Burda Principal Investments, dan Sequoia Capital India, selanjutnya Amadeus Capital juga ikut bergabung sebagai investor baru. Investor lainnya yang berpartisipasi dalam putaran ini adalah miliarder Amerika Tim Draper, SIG, Venturra, Beenext, Manik Arora, Wavemaker, dan beberapa nama lainnya. Putaran ini melampaui pencapaian investasi Seri B Zilingo yang didapatkan lima bulan lalu, yaitu sebesar USD 17 Juta.

Menurut Bose, tidak ada di dunia ini perusahaan e-commerce yang bergerak secara horizontal yang juga memahami soal fashion. Hal ini unik karena selain keuntungannya tinggi, juga sangat bergantung pada siklus yang bergerak cepat dan memiliki nuansa tersendiri. Tidak seperti membeli deterjen atau elektronik, fashion lebih mengenai selera, individualitas dan tren. Ini membutuhkan pendekatan yang berbeda dari e-commerce pada umumnya.

Putaran pendanaan Seri B memang baru berlangsung empat sampai lima bulan lalu, dan saat ini Zilingo sudah memulai putaran yang baru. “Kami pikir pasar sedang menunjukkan tanda-tanda yang tepat, jadi ada baiknya untuk menggandakan diri. Kami berterima kasih kepada semua investor karena terus menunjukkan kepercayaan yang besar terhadap tim kami dan visi kami untuk perdagangan fashion di wilayah ini,” papar Bose. Modal segar ini akan digunakan untuk meningkatkan bisnis Zilingo di Indonesia, pasar ASEAN lainnya, serta mengembangkan bisnis lintas batas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here