Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

Yakinkan Pasar dengan Warna yang Kuat

yakinkan pasar dengan warnaWarna dinilai memberi arti tersendiri bagi setiap merek. Seperti biru yang menunjukkan loyalitas, merah yang penuh dengan energi dan kekuatan, serta kuning yang melambangkan kebahagiaan.

University of Valencia dan University of Oxford juga sempat melakukan penelitian mengenai hubungan warna dengan rasa yang disajikan. Mereka menyebutkan, bahwa cokelat panas lebih enak disajikan dengan cangkir berwarna krem atau oranye, ketimbang warna putih maupun merah. Mengejutkan bukan? Padahal tidak ada penambahan atau pengurangan rasa dari cokelat panas yang disajikan.

Begitu juga dengan desain produk, kemasan, atau web pada merek Anda.

1.       Brand

Menurut University of Loyola di Maryland, warna dapat meningkatkan pengenalan merek. Warna yang tepat untuk bisnis dapat memaksimalkan potensi penghasilan merek Anda.

–          Biru: kekuatan, kepercayaan, dan loyalitas. (IBM, American Express, serta BCA)

–          Oranye: kebahagiaan, action, kehangatan, dan gairah. (Nickelodeon, Fanta Soda, Firefox, serta Pos Indonesia)

–          Merah: Penuh energi dan kekuatan. (Coca-Cola, Netflix, JKT48, serta PMI)

–          Hijau: kekayaan, biasanya digunakan oleh perusahaan yang menawarkan jasa keuangan (pegadaian). Tapi bisa juga berarti alam (Animal Planet).

–          Kuning: kebahagiaan, optimis, ramah, dan perhatian. (McDonald serta Nikon)

–          Pink: romantis dan feminin. (Victoria Secret serta Baskin Robbins)

Kombinasikan identitas merek dengan warna yang merepresentasikan merek Anda.

2.       Website

Website merupakan toko Anda di dunia online, untuk itu, penting membuat pengunjung terkesima dengan toko serta dagangan yang Anda tampilkan.

Menurut CCICOLOR, seseorang melakukan penilaian alam bawah sadar tentang orang lain, lingkungan, atau produk dalam kurun waktu 90 detik, dan 90% nya dipengaruhi oleh warna. Tidak hanya itu, Color Marketing Group juga menambahkan, 85% pembeli mengutip warna sebagai alasan utama dibalik keputusan mereka membeli sebuah produk.

Lebih baik Anda melakukan pengujian warna pada halaman web berkali – kali sebelum melakukan launching.

3.       Iklan

Warna juga memainkan peran penting dalam iklan yang akan Anda buat. Misal, bila Anda ingin melakukan kampanye sosial, gunakan warna yang menyimbolkan penyakit atau penyebabnya (pink untuk amal kanker payudara, hitam untuk Halloween, dsb)

Warna yang tepat akan membuat posisi merek Anda semakin kuat di pasaran.

 

Sumber: Ragan | Editor: Wachid Fz | Foto: FFFFound

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top