Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

Bagamana Memenangkan Kompetisi Merek di Dunia Maya?

kompetisi merekKetika berbicara mengenai memasarkan produk di dunia maya, beberapa merek menganggap bahwa itu hanya iseng atau sebagai pelengkap saja. Tapi jika berpikir 5 sampai 10 tahun ke depan, internet diduga menjadi sebuah keharusan. Alasannya adalah, hingga kini perkembangan internet tak sedikitpun menunjukkan tanda – tanda kematian, justru sebaliknya, mereka terus berkembang dengan sangat drastis.

Menghadapi hal tersebut, merek diwajibkan menjuarai persaingan di dunia yang berbasis teknologi ini. Pertanyaannya, bagaimana caranya?

Coba Anda ukur basis pengguna terbesar di dunia maya, apa sekiranya yang sudah pasti dimiliki oleh setiap orang di dunia maya. Jawabannya tentu media sosial. Untuk itu, merek harus memfokuskan diri pada bagaimana mereka berbagi informasi, bagaimana membuat pelanggan terlibat, dan bagaimana cara pelanggan menemukan merek Anda.

Jadi, apa kira – kira yang perlu dilakukan untuk memenangkan kompetisi merek di dunia maya?

1. Jangan langsung sprint pada lomba marathon

Dunia maya adalah proyek jangka panjang. Sama halnya lomba lari marathon, Anda jangan langsung sprint di awal pertandingan, tapi tidak juga berlari di paling belakang. Menjaga keseimbangan dengan melihat peluang adalah cara yang disarankan.

Jadi gini, anggaplah finish-nya adalah event mendatang dalam kurun waktu dua hingga enam bulan ke depan. Sekarang, Anda hanya perlu memfokuskan postingan pada informasi dan interaksi media dengan khalayak, tapi jangan terlalu sering posting (sprint), kecuali jika memang ada kejadian yang happening (ini langkah mengambil sela). Menjelang sebulan, Anda perlu menginfokan event namun tetap dalam tahap wajar. Nah, pas seminggu sebelum acara, barulah Anda jor – joran. Live tweet saat event juga perlu dilakukan dengan menggunakan hashtag tertentu.

2. Langkah lain yang perlu diambil

Ada beberapa langkah lain yang perlu Anda lakukan,

  • Komentar. Banyak pemilik bisnis ataupun praktisi PR yang tidak punya banyak waktu. Meski begitu, sudah menjadi keharusan untuk mengomentari situs perusahaan. Ini sangat berguna untuk memancing komentar khalayak dan membangun hubungan yang baik.
  • Jejaring sosial. Ngobrol dengan calon konsumen potensial di media sosial akan membuat hubungan semakin dekat. Dengan begitu, Anda jadi bisa mememahami berbagai hal, seperti, apa keinginan konsumen Anda?
  • Follow, like, circle. Setiap orang ingin akun Twitter-nya di follow back, masuk dalam circle di Google+ orang lain, atau di-like tautannya. Maka Anda perlu melakukan hal tersebut ke mereka. Anda juga bisa mencari deskripsi profilnya untuk mencari tahu kebutuhan mereka dan memulai obrolan yang tepat.

Agar bisa menjuarai kompetisi merek di dunia maya, Anda bisa mengkombinasikan seluruh cara di atas, atau mencobanya satu – persatu untuk melihat cara mana yang lebih efektif bagi produk Anda.

 

Sumber: PR Daily | Editor: Wachid Fz | Foto:….

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top