Warner Music Indonesia Membangun Bisnis Musik Digital di Era Modern

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Warner Music Indonesia telah menjalani serangkaian langkah strategis untuk memperkuat kehadirannya di ranah digital dalam industri musik Indonesia. Untuk itu, tak heran jika Warner Music kerap mengatur strategi dan inovasi yang digunakan untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam bisnis musik yang terus berubah.

Andri Parulian Sinaga, International Marketing Director Warner Music Indonesia mengatakan, langkah menuju bisnis digital tidak terlepas dari perubahan konsumsi musik di Indonesia. Penggunaan aplikasi streaming dan music discovery yang semakin marak telah mendukung konsumsi musik digital.

“Warner Music Indonesia melihat peluang di tengah isu pembajakan dengan memberikan akses yang lebih mudah melalui paket “freemium” dari Digital Streaming Platform (DSP), yang juga membantu meningkatkan monetisasi bagi artis dan label,” papar dia.

Andri pun menambahkan, Warner Music Indonesia telah merasakan manfaat dari platform digital dalam memperluas jangkauan audiens secara cepat dan efisien. Selain itu, platform digital juga menawarkan efisiensi biaya dalam produksi dan distribusi musik, memungkinkan lebih banyak talenta lokal muncul. Dengan adanya data analitik yang rinci, label dapat memahami tren pasar lokal dengan lebih baik dan menargetkan kampanye pemasaran yang lebih efektif.

“Salah satu keunikan Warner Music Indonesia adalah keragaman dalam genre musik dan artisnya. Dari genre mainstream hingga niche, kami memberikan perhatian pada berbagai bentuk inovasi musik. Artis-artis terkenal seperti Avenged Sevenfold, Red Hot Chilli Peppers, dan My Chemical Romance menjadi bagian dari katalog Warner Music Indonesia, menciptakan pasar yang luas bagi pendengar di Indonesia,” imbuh Andri.

Selain itu  Warner Music Indonesia pun memiliki strategi yang berfokus pada penemuan dan pengembangan artis lokal. Dengan meningkatnya adopsi layanan streaming musik di Indonesia, perusahaan secara strategis memposisikan diri untuk beradaptasi dengan dinamika pasar musik yang terus berubah.

Untuk itu, dia menegaskan, pentingnya edukasi dan kultur digital bagi para pemusik. Melalui pelatihan dan workshop, Warner Music Indonesia membantu pemusik memahami hak cipta dan cara memonetisasi musik mereka secara sah dalam format digital. Perusahaan pun  tidak hanya fokus pada distribusi musik digital, tetapi juga menciptakan pengalaman baru bagi penggemar dan artis, misal melalui konser livesteaming, platform interaktif, web series, dan NFTs menjadi bagian dari inovasi digital yang dilakukan oleh Warner Music Indonesia.

“Dalam menjaga keamanan dan melindungi hak cipta bagi pemusik di ranah digital, Warner Music Indonesia menggunakan pendekatan multi-faceted. Melalui kerjasama dengan DSP dan penerapan teknologi watermarking dan DRM, dimana perusahaan berusaha untuk menciptakan ekosistem musik yang aman dan adil bagi semua pihak,” ujar dia.

Dengan menyusun kontrak yang jelas dan transparan serta mengadakan pertemuan rutin dengan artis, Warner Music Indonesia juga berupaya membangun rasa keamanan dan kepercayaan dari para pemusik lokal. Komunikasi yang terbuka dan dukungan profesional menjadi kunci dalam menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan.

Dengan adopsi yang luas dan faktor pendorong seperti pengalaman personal dan partisipatif, Andri pun meyakini bahwa Warner Music Indonesia dengan format digital akan terus diminati oleh penikmat musik. Melalui strategi pemasaran yang terarah dan inovasi konten, perusahaan siap menghadapi tren masa depan dalam industri musik.

“Tentunya, kami telah mengambil langkah-langkah strategis untuk memposisikan diri sebagai pemimpin dalam bisnis musik digital di Indonesia. Dengan fokus pada artis lokal, inovasi digital, dan perlindungan hak cipta, kami siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam industri musik yang terus berkembang,” ujar dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here