Portal Lengkap Dunia Marketing

CONSUMER GOODS

UN Women dan Sunlight Bekali Ribuan Perempuan dengan Keterampilan Wirausaha

Marketing.co.id  – Melalui Platform WeLearn yang merupakan inisiatif dari UN Women didukung oleh Sunlight, brand milik PT Unilever Indonesia Tbk. Lebih dari 5.000 perempuan dari seluruh Indonesia telah meningkatkan kemampuan wirausaha mereka lewat serangkaian pembelajaran secara digital.

Ilustrasi UMKM perempuan/imandiri.id

Inisiatif WeLearn membekali perempuan wirausaha dan calon wirausaha dengan kemampuan bisnis dan digital yang penting dikuasai untuk beradaptasi di tengah perubahan dunia kerja dan perkembangan pasar, terutama di tengah krisis Covid-19 kini.

Di Indonesia, banyak UMKM yang terdaftar dikelola oleh perempuan. Namun, dalam prakteknya, perempuan wirausaha sering mengalami hambatan dalam mengembangkan usaha mereka, termasuk beban pekerjaan rumah tangga dan perawatan yang tidak dibayar, serta terbatasnya kesempatan untuk bergabung di jaringan bisnis dan akses pengembangan keterampilan.

Menurut Jamshed Kazi, UN Women Indonesia Representative, berinvestasi pada pemberdayaan ekonomi perempuan dan pengembangan keterampilan adalah cara efektif untuk mendorong kesetaraan gender dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Investasi bijak dan jangka panjang seperti ini menciptakan perubahan signifikan, terutama dalam masa krisis, ketika kecermatan dan ketangguhan perempuan berhasil mengubah kesulitan menjadi kesempatan untuk pulih dan bangkit kembali.

“Melalui inisiatif WeLearn, terutama di masa pandemi, kami mampu memberdayakan lebih banyak perempuan serta membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi tantangan, sehingga mereka dapat mengubah kehidupannya, dalam keluarga, dan komunitas,” imbuhnya,

Veronica Utami, Direktur Home Care PT Unilever Indonesia Tbk menambahkan, Unilever Indonesia berkomitmen untuk  membawa manfaat bagi masyarakat dan membantu pemerintah untuk menggerakkan ekonomi melalui berbagai upaya, termasuk melalui pemberdayaan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian bangsa, utamanya para wirausaha UMKM perempuan.

Kolaborasi ini bertujuan menggali potensi diri perempuan yang selama ini masih terpendam. Paling lambat tahun 2022,  WeLearn dapat membantu 5 juta perempuan Indonesia menemukan potensi diri dan merealisasikan cita-citanya untuk berwirausaha.

“Kami percaya, meskipun situasi pandemik saat ini, kesempatan bagi perempuan untuk belajar tidak pernah tertutup,” ujar dia.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top