Portal Lengkap Dunia Marketing

CONSUMER GOODS

Ubah Strategi dari Offline ke Online, Kosmetik Asal Sidoarjo ini Raih Sukses

Marketing.co.id – Berita Marketing | Masa pandemi Covid-19 berdampak pada semua lini industri di Indonesia, termasuk kosmetik. Namun, di tengah kondisi sulit masih ada perusahaan kosmetik yang bertahan, atau bahkan berhasil meningkatkan penjualannya. Salah satunya merek Azarine Cosmetic, asal Sidoarjo, Jawa Timur.

Brian Tjahyanto, CEO Azarine

Brian Tjahyanto, CEO Azarine

Di bawah kepemimpinan Brian Tjahyanto sebagai CEO, Azarine mengklaim berhasil meningkatkan penjualannya hingga seratus kali lipat dibanding sebelumnya. Hal ini dicapai setelah mengubah fokus penjualan dari offline ke online.

“Saat awal pandemi, perusahaan kami cepat mengambil keputusan dan beradaptasi karena menyadari bahwa pasar offline akan menurun, kegiatan offline yang biasa kita lakukan juga ditiadakan, sehingga kita mengubah haluan dan meningkatkan kualitas penjualan secara online,” ungkap CEO yang usianya baru menginjak 29 tahun ini

Baca juga: Hotman Paris Endorse Skincare Lokal

Dampak dari perubahan fokus tersebut, tim digital marketing pun menjadi ujung tombak penjualan online Azarine. Jumlah karyawan di tim digital marketing juga  mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat dibanding sebelum pandemi.

Baca juga: Pandemi, Perusahaan Andalkan Strategi Digital Marketing

“Kami menyadari bahwa tumpuan penjualan online ialah kemudahan customer untuk melihat produk serta kecepatan customer service dalam menjawab pertanyaan calon customer, ketika kedua hal tersebut dipenuhi, hasilnya mengalami peningkatan yang luar biasa. Tidak hanya dalam segi omzet, penyerapan tenaga kerja juga mengalami peningkatan,” papar Bachelor of Chemical Engineering (honours) dari RMIT University, Melbourne Australia.

Diawali dengan kemampuannya dalam memformulasikan produk kosmetik, CEO muda ini juga banyak belajar bidang marketing dan manajemen perusahaan. Dengan menguasai dua bidang ini, Brian mengaku menjadi lebih mudah mengembangkan merek Azarine secara maksimal. Azarine awalnya adalah merek untuk spa dan salon. Seiring berjalannnya waktu, oleh Brian merek ini digunakan untuk produk skincare.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top