Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Pandemi, Perusahaan Andalkan Strategi Digital Marketing

Marketing.co.idBerita Teknologi | Strategi digital marketing menjadi andalan banyak perusahaan selama pandemi berlangsung. Pasalnya, strategi ini dinilai efektif dalam membangun merek dan mendongkrak penjualan di tengah lumpuhnya aktivitas fisik.

Berdasarkan laporan yang disusun Badan Pusat Statistik (BPS) bertajuk” Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020”. Penjualan online selama pandemi melonjak tajam dibandingkan dengan penjualan Januari 2020, bahkan pertumbuhannya mencapai 480%  pada April lalu.

Campina misalnya, merek es krim ini mampu melesatkan penjualan online-nya hingga 500% melalui Campina Delivery. Layanan gratis antar bagi masyarakat yang sedang work from home, atau stay at home, namun ingin merasakan kelezatan es krim Campina tanpa harus repot keluar rumah.

Layanan yang telah dikembangkan sejak 2006. Di masa pandemi, diperluas dengan memanfaatkan armada dan kantor cabang sebagai delivery point. “Ditambah dengan dukungan media sosial, e-commerce dan layanan pesanan makanan online,” kata Herwindra Yoga, Brand Manager PT Campina Indonesia.

Pertumbuhan penjualan secara online juga dirasakan BTN yang menjadikan digital marketing sebagai solusi bagi konsumen yang ingin membeli rumah tanpa harus datang langsung ke lokasi proyek.

Melalui KPR From Home, calon pembeli atau konsumen dapat memilih hunian, pembayaran booking fee, sekaligus mengajukan berkas aplikasinya secara online melalui Portal BTN Properti.

“Dengan terobosan digitalisasi ini, konsumen tidak perlu datang ke kantor cabang BTN ataupun developer,” jelas Suryati Agustinar, Executive Vice President Bank BTN.

Di tengah penurunan revenue produk kosmetik, Seperti dibeberkan Tri Tunggal Haryanti, Manager Digital PT Kimia Farma Tbk. Lonjakan transaksi online juga dialami perusahaannya selama pandemi.

“Sejak 2 tahun kami telah melakukan transformasi digital, dan dioptimalkan saat ini dengan mengkolaborasikan gerai Kimia Farma dengan official store di market place, termasuk official store sendiri yang bakal dirilis pada Agustus mendatang,” tutur Haryanti.

Menurut CEO Tras N Co Indonesia, Tri Raharjo, dalam beberapa bulan terakhir ramai-ramai perusahaan menyelami strategi digital marketing dan semakin fokus memaintain ataupun menjaring konsumen secara online mengikuti perubahan perilaku mereka.

“Bahkan beberapa merek diantaranya mendadak melakukan promosi dan penjualan secara online. Selama pandemi, lebih dari 87%  konsumen telah berbelanja online di banyak industri. Alhasil, digital marketing terutama omni channel wajib dilakukan oleh pelaku merek di Indonesia,” ungkapnya.

Sebagai upaya mengakomodir transformasi digital tersebut, Infobrand.id bekerjasama dengan Tras N Co Indonesia meggelar penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020.

“Apresiasi ini diberikan kepada merek-merek yang sukses membangun top of digital awereness, top of digital search, dan top of digital traffic serta meningkatkan engagement melalui media digital,” terang Tri.

Adapun merek-merek yang berhasil meraih penghargaan ini, meliputi Campina (kategori Es Krim), Prudential (kategori Perusahaan Asuransi, Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan), Sanken (kategori Mesin Cuci dan Kompor Gas),

Bank BNI (kategori Produk Tabungan, Mobile Banking dan Call Center Bank), Caladine (kategori Bedak Kesehatan), Sariayu (kategori Pelembab Wajah, Masker Wajah, Krim Pemutih dan Bedak Muka Padat), FiberStar (kategori Infrastruktur Service Provider).

Selanjutnya adalah Aice (kategori Es Krim), Bank BTN (kategori KPR), Polytron (kategori TV LED dan Home Theater), Marcks (kategori Bedak Muka Tabur), Richeese Nabati (kategori Wafer), Manulife (kategori Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan),

Citicon (kategori Bata/Beton Ringan), Nusaboard (kategori Calcium Silicate Board dan Atap Fiber Cement), Bussan Auto Finance (kategori Leasing Mobil) dan Sharp (kategori Lemari Es, TV LED, AC, Mesin Cuci dan Vacuum Cleaner).

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top